• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Alasan Anjing Harus Dielus sebelum Ditinggal Pergi?

Inilah Alasan Anjing Harus Dielus sebelum Ditinggal Pergi?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Alasan Anjing Harus Dielus sebelum Ditinggal Pergi?

“Pernahkah kamu berpikir kenapa anjing harus dielus sebelum ditinggal pergi? Faktanya, kebiasaan ini membuat anjing menjadi lebih merasa nyaman dan aman saat ditinggal pergi oleh pemiliknya. Namun, sebaiknya jangan meninggalkan anjing tanpa pengawasan terlalu lama karena dapat membahayakan anjing.”

Halodoc, Jakarta – Selain memastikan anjing kesayangan mendapatkan lingkungan tinggal yang nyaman dan asupan nutrisi yang tepat, kamu juga perlu memberikan kasih sayang yang cukup. Anjing yang mendapatkan kasih sayang dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya stres.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencurahkan rasa sayang kamu pada anjing peliharaan. Mulai dari mengajaknya bermain hingga memberikan elusan secara rutin, apalagi jika kamu akan meninggalkan anjing pergi keluar rumah. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini mengenai alasan pentingnya mengelus anjing sebelum ditinggal pergi.

Alasan Perlu Mengelus Anjing Sebelum Pergi

Memberikan perhatian dan kasih sayang adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh semua pemilik hewan kesayangan, salah satunya anjing. Dengan memberikan kasih sayang yang cukup, tentunya anjing bisa merasa lebih nyaman, sehingga mencegah terjadinya kondisi stres atau depresi pada anjing.

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang dan perhatian pada anjing kesayangan, misalnya rutin mengelus anjing. Bukan hanya saat kamu berada di rumah, saat mau keluar rumah sebaiknya jangan lupa mengelus anjing kesayangan, ya.

Lalu, kenapa anjing harus dielus sebelum ditinggal pergi? Berikut alasannya:

  1. Menunjukkan Ikatan Emosional yang Kuat

Selain menunjukkan perhatian dan kasih sayang, mengelus anjing sebelum ditinggal pergi menjadi tanda ikatan emosional yang cukup kuat antara anjing dan pemiliknya. 

Mengelus anjing sebelum pergi membuat anjing merasa ikatan emosional pemilik dan anjing semakin lebih kuat. Hal ini membuat anjing merasa lebih nyaman saat ditinggal keluar rumah oleh pemiliknya.

  1. Membuat Anjing Merasa Lebih Aman

Hampir serupa dengan manusia, anjing dapat merasakan kondisi takut atau tidak aman jika ditinggal sendirian pada lingkungan tertentu. Mengelus anjing dengan lembut dan perhatian membuat anjing merasa lebih aman untuk ditinggal oleh pemiliknya. 

Meninggalkan anjing dalam waktu yang cukup lama tanpa rutin memberikannya sentuhan (elusan) dapat membuat anjing merasa tidak nyaman. Kondisi ini memicu anjing mengalami depresi hingga gangguan cemas.

Itulah alasan kenapa anjing harus dielus sebelum ditinggal pergi. Sebaiknya jangan terlalu lama meninggal anjing di rumah sendirian tanpa pengawasan. Hal ini dapat membahayakan kondisi anjing maupun lingkungan tempat tinggal.

Ketahui Bagian yang Tepat untuk Mengelus Anjing

Sebaiknya jangan asal mengelus anjing, tidak ada salahnya cari tahu beberapa bagian tubuh yang tepat untuk mengelus anjing. Dengan begitu anjing akan merasa nyaman dan senang.

Kamu bisa mengelus anjing pada bagian punggung belakang dekat ekor, bagian perut atau dada, bagian kepala hingga ke leher, hingga bagian dagu. Anjing akan lebih nyaman jika dielus oleh orang yang mereka percaya.

Sebaiknya hindari mengelus anjing yang bukan milik kamu secara tiba-tiba dan sembarangan. Tidak ada salahnya untuk mengenali karakter anjing terlebih dahulu. Jangan sentuh bagian wajah anjing karena hal ini dapat membuat anjing menjadi defensif. 

Selain memberikan rasa nyaman, dengan rutin mengelus anjing kamu juga bisa mengetahui kondisi kesehatan kulit anjing kesayanganmu. Jika saat mengelus anjing kamu mendapati kutu atau iritasi pada bagian kulit, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter hewan. 

Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai kondisi kesehatan anjing kesayanganmu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

My Pet Needs That. Diakses pada 2021. Why Do Dogs To Be Petted? Everything You Needs To Know.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. 6 Places Where Dogs Like to Be Pet.
Purina Canada. Diakses pada 2021. Why Do Dogs Like Being Petted?