• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Alasan Greek Yoghurt Menjadi Camilan Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Alasan Greek Yoghurt Menjadi Camilan Sehat

Inilah Alasan Greek Yoghurt Menjadi Camilan Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Ada banyak alasan mengapa greek yoghurt bisa dijadikan camilan sehat. Salah satunya karena yoghurt ini kaya akan nutrisi penting.”

Inilah Alasan Greek Yoghurt Menjadi Camilan SehatInilah Alasan Greek Yoghurt Menjadi Camilan Sehat

Halodoc, Jakarta – Greek yoghurt adalah produk susu kaya protein yang enak dan sering diolah menjadi berbagai makanan. Ini adalah sumber nutrisi yang padat dan menawarkan banyak manfaat kesehatan. 

Mulai dari menyehatkan pencernaan, memperkuat tulang, dan masih banyak lagi. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Segudang Manfaat Greek Yoghurt

Ada banyak jenis yoghurt yang tersedia, termasuk greek yoghurt, yang mengandung  protein lebih tinggi dibandingkan produk yoghurt lainnya. Yoghurt ini dibuat dengan memfermentasi susu dalam tangki dan kemudian menyaring whey dan cairan lainnya selama langkah pemrosesan akhir. 

Proses ini menghasilkan yoghurt yang lebih kental dengan kandungan protein yang lebih tinggi. Selain itu, beberapa produsen makanan memproduksinya dengan menambahkan protein susu  pada awal atau akhir pemrosesan.

Selain protein, yoghurt ini juga kaya akan vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Ini juga merupakan sumber kalsium, fosfor, seng, asam pantotenat, vitamin A, dan kalium yang baik. Selain itu, ia juga mengandung sejumlah kecil magnesium, kolin, dan tembaga.

Mengingat profil nutrisinya yang mengesankan, tak heran jika yoghurt ini bisa jadi pilihan camilan sehat terbaik. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Berbagai kandungan mineral yang ada membuatnya baik untuk kesehatan tulang. Karena yoghurt ini terbuat dari susu yang sangat terkonsentrasi, kamu sebenarnya mendapatkan lebih banyak kalsium per suap daripada jika minum segelas susu segar. 

Komposisi kalsium dalam yoghurt ini dapat memenuhi sekitar 20 persen dari kebutuhan harian. Ini juga menjadikannya pilihan ideal untuk mendapatkan kalsium ekstra yang diperlukan di kemudian hari.

  1. Mendukung Kesehatan Usus

Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mendukung sistem pencernaan yang sehat. Dengan kandungan probiotiknya, yoghurt ini dapat meningkatkan keragaman bakteri dalam usus.

  1. Mendukung Pemulihan Otot dan Komposisi Tubuh yang Sehat

Mengonsumsi protein yang cukup sangat penting untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan pemulihan otot. Greek yoghurt adalah pilihan camilan pasca-latihan yang bagus untuk para atlet. Kandungan proteinnya yang tinggi dapat meningkatkan sintesis dan pemulihan protein otot.

  1. Membantu Tetap Kenyang dan Mendukung Diet

Protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. Menambahkan sumber protein seperti susu ke dalam makanan dan camilan adalah cara cerdas untuk membantu kamu merasa kenyang di antara waktu makan.

Karena bernutrisi, memilih yoghurt daripada makanan kurang sehat dapat membantu mendukung berat badan yang sehat. Jadi, cocok untuk kamu yang sedang diet.

  1. Serbaguna dan Enak

Selain menyediakan sejumlah nutrisi dan dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan potensial, greek yoghurt adalah bahan serbaguna yang rasanya enak.

Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan greek yoghurt di menu makan dan camilan:

  • Sajikan dengan topping buah segar, kacang cincang, biji chia. Ini bisa jadi menu sarapan yang mengenyangkan.
  • Gunakan sebagai bahan dasar untuk saus manis dan gurih.
  • Tambahkan ke sup dan kari untuk tekstur yang lembut.
  • Gunakan untuk membuat saus salad buatan sendiri.
  • Campurkan ke dalam salad ayam, tuna, dan pasta.
  • Campurkan dalam aneka hidangan dessert.
  • Tambahkan ke smoothie untuk mendapatkan protein.

Itulah pembahasan mengenai alasan greek yoghurt bisa jadi camilan yang sehat. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi berbagai variasi makanan sehat lainnya. Jika mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Fantastic Health Benefits of Greek Yogurt.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Is Greek Yogurt Good For You?
Fitday. Diakses pada 2022. 5 Reasons why Greek Yogurt Is the Perfect Healthy Snack.