• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Alasan Pentingnya Me Time untuk Ibu Saat Pandemi

Inilah Alasan Pentingnya Me Time untuk Ibu Saat Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID 19 mengubah banyak aktivitas yang biasa dilakukan. Mulai dari kegiatan belajar mengajar di sekolah, hingga kegiatan perkantoran pun lebih banyak dilakukan dari rumah. Tidak hanya bagi para ayah, para ibu pun harus pintar membagi waktu dalam mengerjakan urusan pekerjaan, urusan anak, hingga urusan rumah tangga. Situasi seperti ini terkadang membuat ibu merasa kelelahan hingga alami stres.

Baca juga: Kasus Corona dan Berbagai Efek Paranoid yang Muncul

Tidak hanya kesehatan fisik, ibu pun harus menjaga kesehatan mental tetap optimal. Berbagai dampak dapat dirasakan ketika ibu mengalami kondisi stres, mulai dari gangguan penyakit, pola asuh anak, hingga kualitas hubungan keluarga yang menurun. Nah, para ibu, simak beberapa alasan mengapa melakukan “me time” sangat penting dan ketahui beberapa tips yang bisa ibu lakukan untuk menghindari kondisi stres selama pandemi. Berikut ulasannya.

Inilah Alasan Ibu Perlu Membahagiakan Diri Sendiri

Tidak hanya urusan perkantoran, saat masa pandemi berlangsung, tentunya ibu perlu mengurus urusan keluarga dan rumah tangga secara bersamaan. Tidak jarang, situasi ini membuat ibu merasa kelelahan, bosan, hingga stres. Inilah mengapa ibu perlu melakukan me time selama masa pandemi.

Melansir dari Mom, tidak ada salahnya bagi seorang ibu tetap menghargai dirinya selama masa pandemi dengan memenuhi kebutuhan diri sendiri. Kondisi stres atau bosan yang dialami ibu nyatanya dapat memengaruhi kondisi kesehatan ibu, pola asuh, serta kualitas hubungan keluarga.

Baca juga: Stres karena Corona Bisa Sebabkan Bunuh Diri?

Stres yang dirasakan berkepanjangan membuat kesehatan ibu terganggu karena melemahkan daya tahan tubuh. Kondisi stres yang tidak diatasi dengan baik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, masalah berat badan, sindrom metabolik, serta gangguan kesehatan mental lainnya.

Tidak hanya kesehatan ibu, kurangnya me time yang dilakukan ibu dapat juga dapat memengaruhi pola asuh, loh. Melansir Romper, kondisi stres yang dialami oleh seorang ibu dapat menyebabkan kurangnya perhatian pada anak-anak. Selain itu, ibu akan lebih mudah bereaksi dengan mengeluarkan emosi, seperti teriakan atau membentak anak-anak. Lebih parahnya, kondisi stres yang dialami ibu pun dapat menyebabkan anak mengalami kondisi yang serupa.

Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog mengenai beberapa gejala stres yang ibu alami. Dengan mengatasi stres yang ibu alami, tentunya ibu dapat menerapkan pola asuh yang lebih baik pada anak sehingga anak-anak memiliki kehidupan yang lebih berkualitas.

Lakukan Ini Sebagai Me Time di Rumah Bagi Para Ibu

Aktivitas luar ruangan yang masih terbatas sebaiknya jangan mengurangi ibu untuk melakukan me time dan membahagiakan diri sendiri. Memenuhi kebutuhan spiritual, fisik, psikologis, dan sosial dengan baik tentunya akan membuat ibu lebih bahagia sehingga dapat menjadi orangtua yang lebih baik.

Inilah beberapa cara me time di rumah yang bisa ibu lakukan, seperti:

1.Membaca Buku

Saat anak-anak sedang belajar dari rumah, tidak ada salahnya ibu melakukan me time sejenak dengan membaca buku. Dengan membaca buku, dapat membuat pikiran ibu menjadi lebih tenang. Pilihlah buku yang menyenangkan dan menjadi kesukaan ibu agar dapat mengatasi rasa bosan atau stres selama berada di rumah selama pandemi.

2.Mendengarkan Musik

Melansir Very Well Family, mendengarkan musik menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menekan stres saat ibu melakukan me time di rumah. Tidak perlu waktu khusus untuk mendengarkan lagu, ibu dapat memutar lagu kesayangan saat bermain dengan anak atau membersihkan rumah. Cara sederhana ini dapat membantu ibu untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

3.Olahraga

Selain dapat menurunkan tingkat stres, rutin menyisihkan waktu untuk berolahraga membuat kesehatan ibu terjaga. Lakukan beberapa olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah, seperti lompat tali, push up, zumba, atau squats.

Baca juga: Memasak Bantu Meredakan Stres saat Karantina

Itulah beberapa cara me time yang bisa dilakukan ibu selama masa pandemi berlangsung untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga. Ibu juga bisa membuat suasana kamar tidur menjadi nyaman agar ibu mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Jangan lupa untuk terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi serta gizi tinggi dan penuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Hal ini dilakukan agar ibu dan keluarga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan selama masa pandemi.







Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. 15 Self Care Strategies for Parents.
Mom. Diakses pada 2020. Self Care During a Pandemic.
Romper. Diakses pada 2020. 9 Ways Stress Affects Your Parenting, According to Science.