• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Beberapa Makanan untuk Mengatasi Keputihan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Beberapa Makanan untuk Mengatasi Keputihan

Inilah Beberapa Makanan untuk Mengatasi Keputihan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2022

“Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu mengatasi keputihan. Salah satunya adalah sayuran hijau yang mampu menghilangkan jamur penyebab keputihan.”

Inilah Beberapa Makanan untuk Mengatasi Keputihan

Halodoc, Jakarta – Keputihan merupakan salah satu kondisi yang normal dialami oleh wanita. Bahkan setiap wanita selalu mengalami keputihan setiap kali menjelang menstruasi. Untungnya banyak cara untuk mengatasi keputihan.

Terkadang, kondisi keputihan pada organ reproduksi tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan akibat rasa gatal yang kadang ditimbulkan. Akibatnya, keputihan seringkali menghambat aktivitas sehari-hari. 

Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, selain rajin membersihkan daerah vagina dengan benar, keputihan juga dapat diatasi melalui konsumsi beberapa makanan. Penasaran apa saja makanan untuk mengatasi keputihan? Simak ulasannya di sini! 

Makanan untuk Mengatasi Keputihan

Makanan-makanan berikut dipercaya bermanfaat bagi wanita yang mengalami keputihan. Jika dikonsumsi secara teratur, maka keputihan akan enggan datang kembali. Berikut adalah beberapa makanan tersebut, antara lain:

1.  Pisang Ampuh Mengatasi Keputihan

Salah satu buah-buahan yang bermanfaat menghilangkan keputihan adalah pisang. Wanita yang mengalami keputihan dianjurkan untuk mengonsumsi dua buah pisang setiap harinya agar bebas dari keputihan. Selain itu, pisang juga dapat menjadi pengganti gula, karena wanita pengidap keputihan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gula berlebihan.

2.  Sayuran Hijau

Manfaat sayuran hijau seperti bayam untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Untuk wanita, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi untuk mencegah keputihan.

Selain mampu menghilangkan jamur penyebab keputihan, sayuran hijau juga bisa menangkal radikal bebas secara alami bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi jenis sayuran yang disukai, seperti kangkung, bayam, dan lain-lain.

3.  Susu juga Ampuh Mengatasi Keputihan

Susu berfungsi mengurangi produksi keputihan dan menjaganya untuk tetap normal. Minuman ini juga dapat memberimu banyak energi agar tidak lemas, terutama saat masa keputihan datang.

4.  Yoghurt

Yoghurt tidak hanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah, tapi juga dapat menghilangkan keputihan, lho. Kandungan alami yang terdapat pada yoghurt mampu menghilangkan jamur di dalam tubuh, termasuk di dalam vagina, sehingga menjadikan vagina bersih dan bebas dari keputihan.

5.  Daun Sirih Ampuh Mengatasi Keputihan

Daun sirih dikenal memiliki banyak khasiat untuk kewanitaan. Selain dapat mengurangi bau badan, daun sirih juga berkhasiat mengobati keputihan. Sebab, daun sirih diketahui memiliki senyawa anti jamur. 

Nah, kamu bisa merebus beberapa lembar daun sirih lalu meminumnya. Minum air rebusan daun sirih setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

6. Buah Pepaya 

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Perlu diketahui bahwa vitamin C bermanfaat dalam menghambat infeksi jamur dan bakteri pada vagina. Hal inilah yang menjadikan buah pepaya cocok dijadikan sebagai makanan untuk mengatasi keputihan.

Makanan Penyebab Keputihan

Selain makanan yang dapat mengatasi keputihan, ada juga makanan yang harus dihindari oleh wanita karena dapat memicu munculnya keputihan. Berikut adalah beberapa makanan tersebut, antara lain:

1.  Makanan Manis

Bagi kamu yang sering mengalami keputihan, kurangilah konsumsi makanan dan minuman manis. Sebab, asupan gula yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan bakteri di vagina berkembang dengan subur. Hal ini nantinya dapat menimbulkan gatal dan bau tidak sedap.

2.  Nanas

Selain dihindari oleh wanita hamil karena tingkat keasamannya yang tinggi, buah nanas juga sebaiknya dihindari oleh wanita pengidap keputihan. Pasalnya, buah nanas dapat meningkatkan produksi lendir dalam vagina, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan. 

3.  Gorengan

Lapisan tepung pada gorengan mengandung karbohidrat tinggi yang dapat meningkatkan gula dalam tubuh, sehingga dapat memicu keputihan. Selain gorengan, hindari juga makanan berminyak, fast food dan junk food.  

Itulah beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi keputihan. Pada dasarnya, menerapkan pola makan sehat dapat menghindarkan kamu dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk keputihan. 

Namun, jika keputihan tak kunjung membaik, segeralah periksakan kondisimu ke dokter. Sebab, bisa jadi keputihan yang kamu alami merupakan gejala dari infeksi jamur yang serius. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter pilihanmu. tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 5 Diet Tips to Fight Candida Yeast Infections.
Health Shots. Diakses pada 2022. Here are 5 superfoods that your vagina needs for better health. 
First Cry. Diakses pada 2021. Benefits and Side Effects of Betel Leaf (Paan).
Medical News Today. Diakses pada 2022. Can diet improve a person’s vaginal health?