• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Berbagai Tanda saat Anjing Percaya pada Pemiliknya

Inilah Berbagai Tanda saat Anjing Percaya pada Pemiliknya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Berbagai Tanda saat Anjing Percaya pada Pemiliknya

Kepercayaan adalah salah satu hal penting yang mendasari hubungan antara anjing peliharaan dengan pemiliknya. Untuk memperoleh kepercayaan dari hewan tersebut, diperlukan usaha yang besar dari pemilik untuk membangun hubungan yang dekat dengan anjing. Ada beberapa bahasa tubuh dan perilaku yang menjadi tanda anjing percaya pada pemiliknya.”

Halodoc, Jakarta – Seberapa dekatkah kamu dengan anjing peliharaan kamu? Selama ini, kamu mungkin sudah menghabiskan sebagian besar waktu luang untuk bermain dan berpelukan dengannya. Kamu mungkin juga berbicara dengan anjing peliharaan kamu sama seperti berbicara dengan sahabat kamu sendiri. Bahkan kamu menganggap hewan berbulu ini seperti anggota keluarga sendiri. Namun, apakah anjing kamu juga merasakan hal yang sama dengan kamu? 

Nyatanya, ikatan yang terjalin antara anjing dan pemiliknya didasarkan oleh rasa saling mencintai, penghargaan, dan yang terpenting adalah kepercayaan. Mendapatkan kepercayaan penuh dari anjing peliharaan tidak sesederhana hanya dengan memberinya makan saja atau menggaruk perutnya, melainkan perlu usaha yang cukup gigih. Kamu mungkin perlu membangun hubungan yang penuh cinta dan perhatian dengan anjing peliharaan kamu selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun sampai hewan baik hati tersebut mau percaya dengan kamu. Cari tahu tanda-tanda anjing peliharaan percaya pada pemiliknya di sini.

Berbagai Tanda Anjing Percaya pada Pemiliknya

Bila kamu penasaran apakah anjing peliharaan kamu sudah percaya pada kamu, coba perhatikan tanda-tanda berikut:

  • Dia Menatap Mata Kamu

Bila dalam bahasa tubuh manusia, kontak mata bisa memiliki banyak arti, mulai dari tanda kesungguhan atau keseriusan sampai bentuk kasih sayang. Namun, tidak begitu halnya dengan para anjing. Dalam bahasa tubuh anjing, kontak mata berarti bentuk ancaman atau dominasi. Untuk menjaga kedamaian, kebanyakan anjing menghindari tatapan mata dengan teman berbulu mereka.

Namun, kamu bukanlah teman berbulu mereka. Kamu adalah orang yang ia percayai lebih dari siapa pun di dunia ini. Entah bagaimana anjing tahu bahwa manusia menyukai kontak mata, sehingga mereka menatap mata seseorang untuk membangun hubungan yang bermakna. Jadi, bila kamu dan anjing peliharaan kamu sering saling menatap dengan penuh kasih, itu pertanda anjing kamu mempercayai dan memahami kamu.

  • Dia Menghampiri Kamu untuk Berpelukan

Anjing berada dalam keadaan paling rentan ketika mereka tidur. Itulah mengapa mereka lebih suka tidur bersama dengan anggota kawanan yang mereka percaya untuk melindungi diri dari pemangsa. 

Nah, bila anjing peliharaan menghampiri kamu dengan sendirinya dan meringkuk di dekat kamu, itu berarti ia menganggap kamu adalah tempat teraman baginya. Memeluk dan meringkuk secara sukarela adalah salah satu cara favorit anjing untuk menunjukkan cinta mereka kepada orang yang mereka sayangi.

  • Dia Percaya Diri dan Santai di Dekatmu

Kamu bisa tahu banyak mengenai perasaan anjing peliharaan kamu dengan memerhatikan bahasa tubuhnya. Bila ia mondar-mandir, meringkuk, menaruh ekor di antara kaki mereka, menguap ketika mereka tidak lelah, atau terengah-engah, itu tandanya anjing sedang ketakutan atau merasa cemas. Semua bahasa tubuh anjing tersebut menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mengganggu anjing kamu, karena mereka tidak sesantai seperti yang seharusnya.

Sebaliknya, menurut ahli perilaku hewan Victoria Stilwell, tanda anjing percaya pada pemiliknya adalah ketika mereka menunjukkan postur tubuh yang percaya diri dan santai. Mereka membiarkan mulut sedikit terbuka, mata mereka sering berkedip, telinga mereka berada di posisi depan, dan ekor mereka bergoyang-goyang. Bahasa tubuh ini menunjukkan bahwa anjing peliharaan percaya diri ketika berada di dekat kamu dan tidak khawatir atau terkejut.

  • Dia Menanggapi Pelatihan Kamu dengan Baik

Tahukah kamu bahwa ketika melatih anjing, ikatan antara si pelatih dengan anjing juga berpengaruh terhadap kesuksesan pelatihan. Bila anjing tidak mempercayai pawangnya, kemungkinan besar anjing tidak akan merespons pelatihan dengan baik. Beberapa pelatih mungkin berhasil melatih anjing dengan menggunakan hukuman dan metode pelatihan berbasis rasa takut. Namun, sebagian besar ahli perilaku setuju bahwa “kepatuhan” semacam ini tidak sama dengan ketika anjing menanggapi isyarat berdasarkan kepercayaan dan hormat. Jadi, bila anjing tampak bersemangat dan penuh perhatian selama pelatihan, itu tanda anjing percaya pada pemiliknya.

  • Dia Tenang saat Ditinggalkan

Rasa cemas saat ditinggalkan atau separation anxiety adalah masalah perilaku umum pada anjing. Ketika mengidap masalah perilaku ini, anjing seringkali panik bila orang-orang di rumah mereka pergi meninggalkan mereka sendirian. Bahkan beberapa anjing bisa menangis, merengek, dan mencakar pintu ketika majikan mereka pergi. Terkadang perilaku ini bisa menandakan bahwa anjing peliharaan ingin ikut bersenang-senang bersama pemiliknya, tetapi ini juga bisa berarti bahwa mereka tidak sepenuhnya yakin bahwa pemiliknya akan kembali.

Namun, ketika anjing mempercayai kamu 100 persen, ia yakin bahwa pada akhirnya kamu akan kembali untuk menggosok perutnya dan bermain dengannya. Hewan manja ini mungkin sedikit tidak senang ketika kamu bersiap-siap akan pergi, tetapi biasanya ia akan tetap tenang. Ia akan menunggu dengan sabar di rumah dan siap menyambut kamu ketika kamu pulang nanti.

Itulah beberapa tanda anjing percaya pada pemiliknya. Apakah anjing peliharaan kamu menunjukkan tanda-tanda tersebut terhadap kamu? Nah, bila hewan kesayangan sakit, tidak perlu panik. Kamu bisa cek kebutuhan obat untuk hewan peliharaan di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
I Heart Dogs. Diakses pada 2021. 6 Signs Your Dog Trusts You With His Life.