20 March 2019

Inilah Buah dan Sayuran untuk Mengatasi Perut Kembung

Inilah Buah dan Sayuran untuk Mengatasi Perut Kembung

Halodoc, Jakarta - Semua orang mungkin pernah merasakan perutnya kembung. Ternyata, beberapa makanan dapat atasi perut kembung yang terjadi. Kembung adalah penumpukan gas di perut yang disebabkan oleh pencernaan atau udara yang tertelan. Perut kembung juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan bakteri secara berlebihan di usus kecil. Bakteri tersebut memfermentasi makanan, sehingga menghasilkan gas yang kembung.

Selain itu, terdapat salah satu hal yang dapat menyebabkan perut mirip dengan kembung adalah retensi air. Hal ini umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tinggi garam. Kadar natrium yang tinggi dapat menyebabkan tubuh untuk menahan cairan ekstra.

Kembung dan retensi air yang terjadi bukan hanya menyebabkan pengidapnya tidak nyaman, tetapi juga dapat sangat menyakitkan. Terdapat beberapa makanan untuk atasi perut kembung, sehingga perut terbebas dari rasa tidak nyaman di perut. Berikut adalah makanan atasi perut kembung yang didapat dari buah dan sayuran:

1. Kacang-Kacangan

Salah satu makanan untuk atasi perut kembung yang dapat kamu konsumsi adalah kacang-kacangan. Makanan tersebut kaya akan protein, karbohidrat, dan serat. Selain itu, kandungan lainnya dari kacang-kacangan yang penting untuk tubuh adalah vitamin dan mineral. Maka dari itu, mengonsumsi kacang dapat memperlancar sistem pencernaan, sehingga gas di dalam perut akan keluar dengan mudah.

Baca Juga: Inilah Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Perut Kembung

2. Yoghurt

Yoghurt juga merupakan makanan untuk atasi perut kembung. Kandungan probiotik di dalam yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat melancarkan proses pencernaan dan meredakan peradangan. Probiotik sangat berdampak baik bagi kesehatan usus seseorang. Maka dari itu, apabila kamu mengalami perut kembung, cobalah untuk mengonsumsi yoghurt.

3. Jahe

Makanan untuk atasi perut kembung lainnya adalah jahe. Kandungan dari jahe sangat berkhasiat sebagai anti-inflamasi pada tubuh yang dapat mengatasi kembung dan gas pada perut. Jahe mengandung enzim pencernaan yang disebut zingibain, yang dapat membantu tubuh memecah protein. Jahe juga memberikan efek relaksasi pada usus, sehingga mengurangi peradangan di usus besar dan membantu makanan menjadi mudah melewati sistem pencernaan.

Baca Juga: Kenali Perut Kembung dan Solusi Mengatasinya

4. Pisang

Pisang juga dapat mengatasi perut kembung yang terjadi. Kandungan kalium pada pisang adalah kandungan utama yang dapat mengatasi kembung yang terjadi di perut. Kembung terjadi ketika tubuh menahan banyak air, karena terlalu banyak makan natrium dan dapat dinormalisasi dengan mengonsumsi pisang. Maka dari itu, apabila kamu merasakan kembung, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi pisang.

5. Lemon

Makanan yang dapat mengatasi perut kembung adalah lemon. Cairan yang dikandung dari lemon sangat mirip dengan keasaman dari cairan yang berada di pencernaan lambung. Maka dari itu, hal tersebut dapat membantu untuk meredakan kembung dan gejala dari gangguan pencernaan lainnya. Dengan mengonsumsi lemon secara reguler, kamu dapat meningkatkan hidrasi pada tubuh serta melancarkan pencernaan pada tubuh.

6. Melon

Melon juga salah satu makanan yang dapat berguna untuk mengatasi perut kembung. Buah satu ini terdiri dari 90 persen air yang dapat membantu melembapkan tubuh dan mengurangi kembung yang terjadi. Selain itu, kandungan dari buah tersebut juga dapat membantu tubuh membuang garam yang berlebih di dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Perut Kembung

Itulah beberapa buah dan sayuran yang baik untuk mengatasi perut kembung yang terjadi. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal perut kembung, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!