• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Buah dengan Kandungan Air Tinggi

Inilah 6 Buah dengan Kandungan Air Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Agar terhindar dehidrasi, kamu tentu sudah sering dengar saran untuk minum minimal 8 gelas sehari. Hal ini karena sebagian besar tubuh terdiri atas air, sehingga agar fungsi setiap organ dan jaringan bisa optimal, kebutuhan cairan tubuh tidak boleh sampai kurang. 

Namun, kebutuhan cairan tubuh tidak hanya bisa dipenuhi dengan minum air putih saja, lho. Kamu juga bisa mendapatkannya dari makanan yang tinggi kadar air. Salah satu jenis makanan yang tinggi kadar air secara alami adalah buah-buahan.  

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

Buah Ini Punya Kandungan Air Tinggi

Buah-buahan memang kaya akan berbagai vitamin yang penting bagi tubuh. Namun, jika bicara soal buah yang punya kandungan air tinggi, tidak semua buah masuk dalam kategori. Berikut beberapa buah yang punya kandungan air tinggi:

1. Semangka

Di urutan pertama adalah buah semangka. Tak tanggung-tanggung, kandungan air dalam buah ini mencapai 92 persen, lho. Dalam 154 gram buah semangka, terkandung lebih dari dari setengah gelas atau 118 mililiter air. Buah semangka juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin C dan A, serta magnesium.

2. Blewah

Buah yang populer saat bulan puasa ini juga punya kandungan air yang tinggi, lho. Dalam setiap 177 gram, buah blewah terdiri dari 90 persen air, atau lebih dari 118 mililiter. Blewah juga mengandung vitamin A untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan serat yang membuat buah ini mengenyangkan.

3. Stroberi

Buah berwarna merah kecil ini mengandung kadar air hingga 91 persen. Selain itu, Stroberi juga mengandung serat, antioksidan, vitamin C, folat, dan mangan. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

4. Persik

Mungkin belum banyak yang tahu, tetapi buah persik juga masuk ke dalam daftar buah dengan kandungan air yang tinggi, yaitu sekitar 89 persen. Selain bisa menghidrasi tubuh karena kandungan airnya, buah persik juga padat nutrisi, seperti vitamin A, C, B, dan kalium. 

5. Jeruk

Buah yang identik dengan warna oranye ini juga punya kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 88 persen. Dalam satu buah jeruk, ada sekitar setengah cangkir atau 118 mililiter air. Jeruk juga kaya akan nutrisi lain seperti vitamin C dan potasium, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

Selain itu, jeruk juga kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid, yang bisa menangkal penyakit, dan mencegah kerusakan sel dengan cara mengurangi peradangan. Serat yang terkandung dalam buah jeruk juga dapat mengenyangkan, sehingga cocok untuk kudapan saat diet. 

Baca juga: 8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

6. Nanas

Buah berwarna kuning dengan cita rasa manis dan asam ini tak hanya menyegarkan, tetapi juga tinggi kadar air. Selain itu, buah nanas juga mengandung vitamin C, mangan, dan serat. Buah ini juga memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan sakit perut dalam porsi yang tepat. 

Itulah beberapa buah yang memiliki kandungan air tinggi. Namun, untuk memenuhi cairan tubuh, kamu tetap perlu minum air putih yang cukup. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola makan sehat dan bergizi seimbang setiap harinya, serta menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur, tidur yang cukup, dan hindari stres. 

Jika kamu punya masalah kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Sebagai langkah awal, download saja aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter. Biasanya, dokter akan memberi saran perawatan rumahan dan meresepkan obat bila perlu. 

Referensi:
Healthline. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated.
NDTV Food. Summer Special: 6 Seasonal Fruits With Highest Water Content.