• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Camilan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Diet

Inilah Camilan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Diet

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya menurunkan berat badan, menjalani diet seimbang bagi kesehatan juga dapat membuat kamu merasakan beberapa manfaat lainnya, seperti meningkatnya kesehatan kulit, organ tubuh, hingga terhindar dari berbagai gangguan penyakit kronis. Namun, saat menjalani diet, kamu membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh agar tubuh tetap mendapatkan asupan yang seimbang.

Baca juga: Lagi Diet, Ini Camilan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Tanpa asupan nutrisi dan gizi yang baik kondisi ini akan menyebabkan kamu rentan mengalami infeksi atau bahkan gangguan kesehatan. Dalam diet, biasanya kamu juga harus menghindari berbagai makanan camilan karena dinilai dapat menyebabkan diet dijalani tidak berjalan dengan optimal. Namun jangan khawatir, sebaiknya cari tahu di sini beberapa camilan terbaik yang bisa kamu konsumsi saat menjalani diet.

1.Kacang-kacangan

Jangan ragu untuk mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan saat kamu menjalani diet. Kacang merupakan salah satu jenis camilan yang bernutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, mengonsumsi kacang dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan yang terkait dengan jantung. 

Tidak hanya itu, mengonsumsi kacang sebagai camilan justru dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan, loh. Hal ini karena kacang memiliki nutrisi yang seimbang, seperti kandungan lemak, protein, hingga serat. Dalam 1 ons kacang mengandung 180 kalori. Namun, hindari mengonsumsi kacang yang diproses dengan cara digoreng agar manfaatnya optimal.

2.Buah Anggur

Buah anggur bisa menjadi salah satu jenis buah menyehatkan yang dapat kamu jadikan camilan saat kamu sedang menjalankan program diet. 1 cup buah anggur memiliki kandungan 100 kalori. Kamu bisa menikmati dengan berbagai cara, salah satunya adalah memakan anggur dalam keadaan dingin untuk menambah kenikmatan.

Baca juga: Popcorn Tanpa Mentega untuk Camilan Sehat di Kantor

3.Cokelat

Siapa bilang saat diet kamu tidak boleh mengonsumsi cokelat? Makanan ini menjadi salah satu jenis makanan yang baik kamu jadikan camilan saat diet. Pilihlah dark chocolate untuk kamu jadikan camilan. 

Dark chocolate memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu kamu menurunkan risiko tekanan darah dan gangguan jantung. Kamu bisa mencampur dark chocolate dengan berbagai jenis kacang, khususnya kacang almond untuk menambah kenikmatan.

4.Buah Apel

Apel juga menjadi salah satu buah yang terbaik untuk kamu jadikan camilan saat diet. Hal ini disebabkan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada buah apel. Kamu bisa mengonsumsi apel dalam bentuk potongan buah atau dijadikan sebagai kue apel.

5.Yoghurt

Tentunya yoghurt menjadi camilan sehat yang dapat dinikmati oleh siapa saja, termasuk yang sedang menjalankan diet. Yoghurt memiliki kandungan kalsium, serat, dan protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Pilihlah plain yoghurt yang dapat kamu kombinasikan dengan berbagai jenis buah atau kacang-kacangan untuk dinikmati.

6.Oatmeal

Tidak ada salahnya untuk mencoba oatmeal sebagai camilan saat kamu sedang menjalani program diet. Oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang dapat membuat kamu merasakan kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, oatmeal juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Camilan Sehat untuk Lembur di Kantor

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan camilan sehat saat diet. Untuk mengetahui program diet yang seimbang dan sehat, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter agar diet yang kamu jalani dapat berjalan dengan baik. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Nourish by Web MD. Diakses pada 2020. 25 Super Snacks With 100 Calories or Less.
Eating Well. Diakses pada 2020. The 10 Best Snacks for Weight Loss.
Healthline. Diakses pada 2020. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight.