• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Ampuh untuk Mendisiplinkan Remaja

Inilah Cara Ampuh untuk Mendisiplinkan Remaja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Semakin bertambahnya usia anak, maka kemungkinan semakin sulit juga dirinya untuk diatur. Anak merasa sudah semakin besar, sehingga dapat mengatur dirinya sendiri. Maka dari itu, orangtua harus menerapkan aturan baru agar anak dapat tetap disiplin tanpa melewati aturan. Berikut pembahasan lebih lengkap terkait cara ampuh untuk mendisiplinkan remaja!


Cara Membuat Anak Menjadi Disiplin

Remaja adalah usia yang dapat membuat anak kerap berperilaku buruk, seperti merajuk, berdebat, berbohong, hingga memberontak. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri untuk para orangtua menghadapinya. Remaja berusaha untuk mandiri, tetapi mengalami masalah kematangan emosional yang dibutuhkan dalam membuat keputusan yang tepat dan bijaksana.

Baca juga: Mengajarkan Kedisiplinan pada Anak Usia 5-10 Tahun

Masalah emosional ini dapat disebabkan oleh bagian otak yang mengontrol pengambilan keputusan dan kontrol impuls belum berkembang sepenuhnya. Kombinasi antara otonomi dan ketidakdewasaan dapat menyebabkan perilaku remaja yang menimbulkan risiko buruk, seperti mengonsumsi alkohol, merokok, bahkan melakukan hubungan intim tanpa menggunakan alat pengaman.

Lalu, bagaimana cara agar anak tetap disiplin meskipun sudah memasuki masa remaja?

Salah satu tujuan dari mendisiplinkan anak adalah dengan mendapatkan lebih banyak kendali tanpa perlu mengontrolnya. Ibu harus menetapkan strategi yang lebih cerdas dan ampuh sehingga anak tidak dapat mengelak saat melanggarnya. Meski begitu, kebebasannya juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa cara untuk membuat anak menjadi disiplin:


1. Tetapkan Aturan yang Jelas

Para remaja kerap mendorong batasan untuk melihat tanggapan dari orangtuanya. Maka dari itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak disiplin adalah dengan menetapkan aturan yang jelas dan konsekuensi yang dapat timbul saat ia melanggar aturan. Contohnya, aturan jam malam yang dilanggar harus digantikan dengan berada di rumah saat akhir pekan. Meski begitu, pastikan untuk membuat aturan bersama dengan anak agar persetujuan dapat timbul dari kedua belah pihak.


2. Dimuat dalam Tulisan

Hal lainnya yang harus diperhatikan saat membuat aturan agar anak disiplin adalah menempatkannya ke dalam bukti tertulis. Dengan begitu, tidak ada kesalahpahaman di akhir saat anak melanggar aturan. Tempelkan bukti tertulis tersebut di tempat yang strategis sehingga anak selalu melihatnya setiap berjalan di sekitar rumah. Saat anak melanggar, langsung tunjukkan aturan yang disepakati bersama tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Menerapkan Kedisiplinan pada Anak


3. Tetap Tegas dan Konsisten

Remaja kerap menegosiasikan sesuatu dan kerap memanipulasi agar sesuai dengan yang diinginkannya. Anak sudah paham melihat tanda-tanda kelemahan dari orangtuanya. Saat orangtua menyerah dan menerima keringanan untuknya, maka anak akan melakukan hal yang sama setiap kali melanggar aturan. Agar konsisten, kedua orangtua benar-benar harus memiliki pemikiran yang sama. Ayah dan ibu dari anak tersebut harus mengatakan hal yang sama terkait hukuman.


4. Jadi Teladan yang Baik

Orangtua akan selalu menjadi contoh sikap anaknya karena selalu melihat kebiasaan yang dilakukan oleh ayah atau ibunya. Saat ibu membuat aturan, usahakan untuk tidak melanggarnya karena anak akan protes terkait hal tersebut. Cara terbaik untuk mendorong perilaku anak menjadi lebih disiplin adalah dengan menerapkan aturan juga untuk diri sendiri sehingga dapat menjadi contoh yang sangat baik bagi anak.

Itulah beberapa cara yang ampuh untuk membuat anak ibu yang sudah remaja menjadi disiplin. Pastikan agar hal tersebut benar-benar diterapkan sehingga anak benar-benar menjadi pribadi yang diinginkan oleh orangtuanya. Kuncinya adalah konsisten dan tegas dalam menaati aturan yang ada.

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Psikologi Pertumbuhan Balita

Selain itu, ibu juga dapat bertanya pada psikolog dari Halodoc terkait cara yang efektif untuk membuat anak menjadi pribadi yang disiplin. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, ibu dapat mendapatkan akses kesehatan yang tidak terbatas terkait kesehatan!


Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Curb Your Teen’s Bad Behavior with Discipline that Works.
Psychology Today. Diakses pada 2020. Ten Practices of Effective Discipline with Your Adolescent.