• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Anjing Mengungkapkan Kesedihan

Inilah Cara Anjing Mengungkapkan Kesedihan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Bagi pecinta anjing, memiliki anjing yang aktif, periang, dan ceria menjadi kebahagiaan tersendiri. Hal tersebut bisa menandakan anjing dalam keadaan sehat, baik dari segi fisik maupun mental. Namun, bukan hanya manusia, nyatanya anjing pun dapat merasakan kesedihan.

Baca juga: 8 Tanda Anjing Kesayangan yang Sedang Bahagia

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan anjing merasa sedih. Mulai dari lingkungan yang baru, situasi yang tidak nyaman, adanya gangguan kesehatan, bahkan perubahan jadwal keseharian anjing pun mampu membuat anjing merasa sedih. Untuk itu, sebaiknya ketahui cara anjing mengungkapkan kesedihan agar kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan baik.

Ketahui Cara Anjing Mengungkapkan Kesedihan

Bukan hanya manusia, anjing pun menjadi salah satu hewan peliharaan yang dapat mengalami perasaan bahagia, sedih, hingga kecewa. Namun, menurut Linda Simon, seorang dokter hewan yang juga bekerja sebagai konsultan kedokteran hewan di The Pets, tangisan bukanlah cara anjing mengungkapkan kesedihan.

Lalu, bagaimana pemilik anjing mengetahui bahwa anjing dalam keadaan sedih? Berikut ini cara anjing mengungkapkan kesedihannya:

1.Anjing Terlihat Kelelahan

Kebanyakan anjing yang merasa sedih akan menghabiskan waktunya dengan lebih banyak berbaring dan menghindari interaksi dengan orang lain. Anjing akan terlihat tidak bersemangat atau menolak saat diajak bermain oleh pemiliknya. Jika anjing menunjukkan tanda-tanda ini, sebaiknya segera lakukan perawatan dengan mengajak anjing berjalan-jalan santai di luar rumah. Udara yang segar dinilai cukup efektif meningkatkan suasana hati anjing menjadi lebih baik.

2.Perubahan Nafsu Makan

Jika biasanya anjing terlihat semangat saat kamu akan memberikan makanan padanya, anjing yang sedang bersedih akan mengalami perubahan nafsu makan. Biasanya, kondisi ini akan membuat anjing menjadi lebih jarang menyentuh kotak makannya. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama hingga menyebabkan penurunan berat badan, segera tanyakan kondisi kesehatan anjing pada dokter hewan melalui Halodoc

Baca juga: 4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

3.Anjing Mengeluarkan Suara Rintihan

Saat anjing mengeluarkan suara rintihan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya berikan perhatian lebih pada anjing kesayanganmu. Mengeluarkan suara rintihan bisa menjadi salah satu cara anjing mengungkapkan kesedihannya. Saat anjing mengalami kondisi tersebut, tidak ada salahnya pemilik memberikan anjing lebih banyak pelukan atau sentuhan untuk membuat anjing menjadi lebih nyaman. 

4.Perubahan Perilaku pada Anjing

Hampir sama dengan anjing ketika mengalami stres atau depresi, anjing yang sedih juga dapat menunjukkan perubahan perilaku. Anjing bisa menjadi lebih agresif atau takut kepada pemiliknya. Bahkan, tidak jarang, anjing yang mengalami perasaan sedih mendalam akan mengalami gemetar pada tubuhnya. Untuk itu, perhatikan kondisi kesehatan mental anjing setiap harinya agar kesehatan anjing berjalan optimal.

Itulah beberapa tanda umum yang menandakan anjing sedang mengalami kesedihan mendalam. Tentunya kondisi ini bisa dihindari dengan mengatasi permasalahan yang membuat anjing merasa sedih.

Jangan khawatir, biasanya anjing dapat kembali ke perasaan bahagia atau normal setelah beberapa hari atau bulan. Hal yang paling penting untuk mengembalikan kondisi anjing dengan selalu menemani, memberikan perhatian, mengajaknya melakukan aktivitas bersama anjing.

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada rumah sakit hewan jika tanda sedih yang dialami anjing berlangsung lama. Tidak hanya itu, perasaan sedih yang tidak diatasi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada anjing.

Baca juga: Tips Memilih Mainan Terbaik untuk Anjing

Tidak perlu repot, sekarang di Halodoc sudah terdapat layanan tanya langsung dengan dokter hewan. Dengan begitu, kamu bisa bertanya cara yang tepat untuk mengatasi anjing yang sedang sedih. Yuk, tunggu apalagi? Download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2021. 6 Signs Your Dog Is Stressed or Sad and What To Do About It.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Dog and Depressions.
Purina. Diakses pada 2021. Dog Depressions - Symptoms and Treatments.
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Depressions in Dog.