• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Memandikan Anjing yang Tepat dan Benar

Inilah Cara Memandikan Anjing yang Tepat dan Benar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Cara Memandikan Anjing yang Tepat dan Benar

“Memandikan anjing sendiri di rumah bisa jadi hal yang menantang bagi pemilik anjing. Terkadang hal tersebut  harus dilakukan demi menghemat biaya perawatan. Cara memandikan anjing diawali dengan persiapan tempat dan peralatan mandinya. Pastikan untuk membuat anjing nyaman dengan suhu air dan suhu udara saat pengeringan.”

Halodoc, Jakarta – Memandikan anjing peliharaan secara teratur adalah hal yang penting dari perawatan dan kebersihan yang baik. Mandi akan menghilangkan kotoran yang ada pada anjing. Maklum saja, anjing merupakan hewan yang aktif, tentu saja mereka kotor setelah berjalan-jalan, berkejar-kejaran, atau bermain. 

Selain menjaga anjing tetap bersih, mandi juga menjaga kesehatan hewan peliharaan agar bebas dari parasit. Itulah pentingnya bagi pemilik hewan untuk mengerti cara memandikan anjing. 

Sebab mungkin tidak setiap waktu kamu sempat membawa anjing ke salon hewan untuk melakukan perawatan. Pastikan kamu juga mengetahui cara memandikan anjing langsung dari ahlinya. 

Cara Memandikan Anjing yang Benar

Sebelum memandikan anjing, siapkan tempat dan peralatan mandi yang diperlukan. Tempat mandi yang nyaman akan menjadi pengalaman yang positif bagi anjing peliharaan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan handuk untuk anjing. Setelah segalanya sudah dipersiapkan, berikut cara memandikan anjing yang harus dilakukan:

  1. Sikat Anjing Sebelum Mandi

Rambut kusut akan menahan air dan meninggalkan iritasi di kulit. Jika kamu tidak bisa menyikat anjing, sebaiknya bawa anjing ke salon khusus hewan peliharaan.

  1. Gunakan Air Hangat

Kulit anjing berbeda dengan kulit manusia, dan air panas dapat membakar kulit anjing. Air mandi tidak boleh terlalu panas, cukup hangat dan nyaman di kulit. 

  1. Ajak Dirinya Berinteraksi

Saat memandikan anjing, cobalah untuk berinteraksi dengan dirinya. Misalnya, ajak ia berbicara dengan suara yang tenang dan menyenangkan. Berikan apresiasi pada dirinya melalui ucapan. Hal ini bisa membuat anjing untuk merasa tenang, dan tidak mengira bahwa kita sedang “menyiksa” dirinya.

  1. Gunakan Sampo Khusus Anjing

Hindari menggunakan sampo manusia, karena anjing hanya membutuhkan sampo khusus anjing yang sudah teruji manfaatnya. Gosokkan sampo hingga berbusa dan pijatkan ke seluruh tubuh anjing.

Kemudian bilas sampai bersih tanpa ada sabun yang tersisa. Sebab sabun yang tertinggal di bulu dapat mengiritasi kulit anjing setelah kering. Pastikan melakukan pembilasan berulang kali.

  1. Keringkan Rambutnya

Udara panas dari pengering rambut manusia bisa terlalu panas untuk kulit anjing. Sebaiknya keringkan dengan udara alami, kipas angin, atau gunakan pengering rambut yang dirancang khusus untuk bulu anjing. Suhu yang lebih rendah tidak akan menyebabkan gatal atau ketombe pada anjing. 

  1. Beri Reward Setelah Mandi

Berikan reward berupa pujian, mainan, atau camilan setelah kamu memandikan anjing peliharaan. Banyak anjing yang masih agak basah melampiaskan rasa frustasinya selama waktu mandi dengan menarik handuk atau melarikan diri setelah mandi. Sebaiknya ciptakan pengalaman setelah mandi yang menyenangkan bagi anjing peliharaan.

Kapan Sebaiknya Memandikan Anjing Ke Salon?

Jika kamu kesulitan untuk memandikan anjing di rumah, maka jalan keluarnya dengan membawa anjing ke salon khusus hewan atau memanggil jasanya ke rumah. 

Biasanya di salon anjing tidak hanya dimandikan, tapi juga akan digunting kukunya, dipangkas, hingga dikeringkan. Perawatan anjing pada jasa profesional adalah suatu keharusan untuk ras tertentu. Contohnya Poodle, Yorkie, Maltese, Springer, dan anjing lainnya dengan rambut panjang. 

Ingatlah, tidak semua pemilik anjing memiliki keterampilan untuk memandikan anjing. Di samping itu, tidak setiap anjing juga bisa ditenangkan saat kita memandikan dirinya. Akan tetapi, kamu sebaiknya tetap perlu berlatih dan terus mencobanya. 

Jika terjadi masalah selama proses memandikan anjing, segera tanyakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Daily Paws. Diakses pada 2021. A Pro Groomer’s Top Tips on How to Properly Bathe a Dog
Dog Time. Diakses pada 2021. Dogs 101: Everything You Should Know About Bathing Your Dog
Vet Street. Diakses pada 2021. Simple Tricks to Make Dog’s Bath Time Easier, Faster and Neater