• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Membuat Pernikahan Menjadi Lebih Bahagia

Inilah Cara Membuat Pernikahan Menjadi Lebih Bahagia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjalani pernikahan tentunya menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi pasangan. Namun, kebahagiaan ini tentunya harus dipupuk dan dijaga agar pernikahan dapat berjalan dengan harmonis. Seiring berjalannya waktu, berbagai masalah mungkin hadir di tengah pernikahan. Sebaiknya jangan jadikan kondisi ini sebagai halangan yang dapat menyebabkan pernikahan menjadi masalah.

Baca juga: 7 Tahun Pernikahan adalah Momen Terberat, Benarkah?

Lalu, mengapa rasa cinta saja tidak cukup dalam membangun pernikahan? Hal ini disebabkan pernikahan bukan hanya rasa romantisme semata. Dalam pernikahan banyak tanggung jawab yang harus kamu jalankan, selain itu, rasa cinta dan sayang merupakan emosi yang mudah berubah. Untuk itu, lakukan beberapa cara ini untuk membuat pernikahan menjadi lebih bahagia.

1.Jangan Bandingkan Pernikahan Kamu dengan Orang Lain

Sebaiknya hindari membandingkan pernikahan yang sedang kamu jalani dengan pernikahan orang lain. Kebahagiaan dalam pernikahan tidak memiliki aturan khusus. Kebahagiaan dalam pernikahan akan ditentukan oleh kamu dan pasangan. Menjadikan kebahagiaan pasangan lain sebagai motivasi dalam memupuk rasa cinta boleh saja, tetapi hindari membuat kompetisi dalam menggambarkan kebahagiaan dalam sebuah pernikahan.

2.Selalu Berikan Apresiasi pada Pasangan

Siapapun akan merasa bahagia ketika dipuji atau dibanggakan. Tidak terkecuali pasangan kamu. Berikan pasangan apresiasi terhadap hal-hal kecil yang dilakukan setiap harinya. Melansir Huffpost, pasangan yang tidak mendapatkan apresiasi atau kurang dihargai oleh pasangannya lebih rentan memiliki hubungan dengan orang lain yang berisiko merusak kebahagiaan pernikahan.

3.Terbuka dan Jujur pada Pasangan

Jujur menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam berumah tangga. Kebiasaan jujur dapat membuat pasangan akan lebih mengerti dan lebih terbuka dalam setiap masalah yang dilalui.

Baca juga: Jurus Menjalin Ikatan Keluarga yang Harmonis

4.Jaga Penampilan Tetap Menarik

Kesibukan dalam mengurus rumah tangga, membuat banyak wanita dan pasangan kehilangan waktu untuk menjaga diri dan penampilannya. Menjaga penampilan menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat rumah tangga tetap bahagia.

5.Buatlah Komunikasi yang Baik dalam Rumah Tangga

Komunikasi menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat rumah tangga menjadi harmonis. Pastikan kamu selalu melakukan komunikasi yang baik dengan pasangan. Saat berkomunikasi, perhatikan kata-kata yang akan kamu gunakan. 

6.Belajar untuk Menerima Pasangan

Saat memasuki kehidupan baru pernikahan, tentunya kamu masih akan merasakan kebahagiaan. Namun, lama-kelamaan kamu merasa pasangan mulai berubah. Segera komunikasikan dengan pasangan hal-hal yang kamu suka maupun tidak dan buatlah kesepakatan bersama. Jangan lupa untuk belajar menerima pasangan.

7.Kelola Emosi dengan Baik

Kamu dan pasangan tentunya memerlukan kemampuan untuk mengelola emosi dengan baik. Hal ini agar emosi yang kamu rasakan dapat dikeluarkan secara positif dan tidak menimbulkan dampak negatif pada siapapun, termasuk pada pernikahan. Tidak ada salahnya mengambil waktu untuk menenangkan diri, baik seorang diri maupun bersama pasangan. 

8.Luangkan Waktu Bersama

Jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu bersama dengan pasangan berdua. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, mulai dari mencoba hobi baru, memulai kegiatan baru, atau pergi bersantai berdua. Kegiatan ini nyatanya dapat meningkatkan ikatan emosional antara kamu dan pasangan agar pernikahan semakin langgeng dan nyaman.

9.Frekuensi dan Kualitas Aktivitas Seksual

Ada satu hal yang tidak kalah penting dalam menjaga hubungan harmonis rumah tangga, yaitu frekuensi dan kualitas hubungan intim. Tidak hanya kondisi psikologis, nyatanya melakukan hubungan intim juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan fisik. Untuk itu, selalu terbuka dan komunikasikan masalah ini dengan pasangan agar kualitas hubungan kamu dan pasangan semakin meningkat.

Baca juga: Begini Cara Atasi Stres dalam Pernikahan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pernikahan yang kamu jalani semakin bahagia dan nyaman. Jika kamu dan pasangan menemukan masalah komunikasi, kelola emosi, atau masalah seks dalam rumah tangga, tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog mengenai penanganan yang tepat terhadap masalah yang kamu hadapi.

Referensi:
Huffpost. Diakses pada 2020. 11 Ways To Make Your Long Term Marriage Happier, Starting Today.
Huffpost. Diakses pada 2020. 6 Secrets to Staying Married Forever.
Health. Diakses pada 2020. 9 Smart Ways to Keep Your Marriage Healthy at Any Age.
Family Today. Diakses pada 2020. 15 Secrets That Will Make Your Marriage Last Forever.