• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Inilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Juli 2022

“Berhubungan intim saat masa subur nyatanya bisa meningkatkan peluang hamil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita.”

Inilah Cara Menghitung Masa Subur WanitaInilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Halodoc, Jakarta – Bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan, mengetahui masa subur wanita menjadi hal yang perlu dilakukan. Saat berhubungan intim di masa subur, kamu dapat memiliki kesempatan lebih besar untuk mengalami proses pembuahan sehingga kehamilan dapat terjadi.

Bukan hanya mengetahui masa subur dari fisik wanita saja, kamu juga bisa melakukan penghitungan masa subur wanita menggunakan metode kalendar masa subur. Yuk, simak lebih banyak mengenai ulasan cara menghitung masa subur wanita yang perlu diketahui berikut ini!

Cara Menghitung Masa Subur dengan Tepat

Mengetahui masa subur yang kamu alami adalah salah satu kunci untuk bisa hamil. Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan melakukan metode kalender masa subur.

Meskipun caranya mudah, kamu memerlukan catatan masa menstruasi selama beberapa bulan terakhir. Hal ini untuk memastikan masa menstruasi dan siklus menstruasi yang dialami teratur.

Berikut ini cara menghitung masa subur melalui metode kalender kesuburan:

  1. Pilih siklus menstruasi terpendek kamu dan kurangi dengan 18. Seperti misalnya kamu memiliki siklus menstruasi terpendek selama 27 hari, kemudian kurangi 27 dengan 18. Hasilnya adalah 9. Angka ini menandakan kamu berpotensi berada dalam masa subur.
  2. Kemudian, pastikan siklus menstruasi terpanjang yang kamu miliki. Selanjutnya, kurangi dengan angka 11. Seperti misalnya, kamu memiliki siklus terpanjang selama 30 hari, lalu kurangi dengan 11. Hasilnya adalah 19.
  3. Jadi, kemungkin masa subur kamu berada di antara 9 sampai 19 dari siklus menstruasi kamu.

Tanda Lain untuk Memastikan Masa Subur

Setelah kamu mendapatkan hasil dari penghitungan masa subur yang dilakukan, tidak ada salahnya juga memastikan masa subur melalui berbagai perubahan fisik yang terjadi. 

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda fisik yang perlu diperhatikan:

  • Muncul Keputihan

Saat kamu mendekati masa ovulasi, kamu akan mengalami peningkatan jumlah lendir serviks di masa subur. Biasanya, lendir serviks akan memiliki warna dan konsistensi seperti putih telur. 

Lendir serviks berfungsi untuk membantu sperma mencapai organ reproduksi wanita, sehingga proses pembuahan akan terbantu. 

  • Peningkatan Gairah Seksual

Biasanya, saat memasuki masa subur pun wanita akan mengalami peningkatan gairah seksual. Bukan itu saja, memasuki masa subur, wanita juga akan lebih bersemangat dan sering memiliki suasana hati yang baik.

  • Peningkatan Suhu Basal Tubuh

Saat masa subur, wanita akan mengalami peningkatan suhu basal tubuh. Kamu bisa gunakan termometer khusus mengecek suhu basal tubuh untuk memastikan suhu basal mengalami peningkatan.

  • Perubahan pada Payudara

Tanda lain dari masa subur adalah perubahan yang terjadi pada payudara. Payudara bisa jadi lebih membesar dan terasa lebih lembut. Beberapa wanita juga mengalami nyeri pada payudara saat memasuki masa subur.

  • Nyeri Panggul atau Perut Bagian Bawah

Masa subur juga bisa membuat wanita mengalami nyeri panggul dan nyeri perut di bagian bawah. Biasanya, nyeri akan dialami berbeda-beda. Mulai dari kondisi yang ringan hingga parah.

Itulah beberapa tanda masa subur seorang wanita. Jika kamu mengalami gangguan siklus menstruasi selama beberapa bulan terakhir, sebaiknya segera tanyakan langsung pada dokter untuk memastikan penyebab gangguan menstruasi yang kamu alami. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Parenting. Diakses pada 2022. How To Calculate Your Fertile Window Using Your Menstrual Cycle.
Very Well Family. Diakses pada 2022. 8 Signs of Ovulation That Help Detect Your Most Fertile Time.
The Bump. Diakses pada 2022. Ovulation Symptoms: 9 Signs of Ovulation.