• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara yang Tepat Menghadapi Stres

Inilah Cara yang Tepat Menghadapi Stres

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Stres adalah kondisi ketika seseorang mengalami tekanan emosional atau psikologis, frustrasi dan perasaan negatif lainnya yang mampu memengaruhi kesejahteraan emosional seseorang. Stres adalah bagian normal dari setiap kehidupan seseorang dan dipicu oleh pelajaran di sekolah, pekerjaan, masalah keluarga, hubungan, penyakit dan lain-lain. 

Stres juga bisa bersifat ringan atau berat. Ringan ataupun beratnya stres yang kamu alami, kondisi ini tidak boleh diabaikan dan perlu segera diatasi agar tidak berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, seperti depresi.

Baca juga: 4 Tanda yang Muncul di Tubuh Saat Mengalami Stres

Cara Tepat Menghadapi Stres

Beberapa orang mungkin sudah punya kunci atau siasat tertentu dalam menangani stres. Namun, sebagian lainnya mungkin masih kesulitan mencari cara yang tepat untuk mengatasi stres. Kalau kamu salah satunya, ini beberapa tips yang bisa kamu coba saat mengalami stres:

1. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga bisa sangat membantu kamu melewati masa-masa stres. Satu studi menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama teman dan anak-anak membantu melepaskan oksitosin, yakni zat pereda stres alami. 

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat memberikan efek yang sangat menenangkan pada tubuh. Musik instrumental yang bertempo lambat dapat memicu respons relaksasi dengan membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta hormon stres.

Beberapa jenis musik klasik, Celtic, dan India bisa sangat menenangkan, tetapi cukup dengan mendengarkan musik yang kamu sukai juga sudah cukup efektif. Suara-suara alam, seperti kicauan burung, aliran air sungai dan deburan ombak juga bisa sangat menenangkan. 

3. Ambil Napas Dalam

Stres mental mengaktifkan sistem saraf simpatik sehingga memberi sinyal tubuh untuk beralih ke mode "lawan” atau ”lari". Selama reaksi ini, hormon stres dilepaskan dan kamu bisa mengalami gejala fisik seperti detak jantung lebih cepat, pernapasan lebih cepat, dan pembuluh darah menyempit.

Latihan pernapasan dalam dapat membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang berfungsi mengontrol respons relaksasi. Ada beberapa jenis latihan pernapasan dalam, di antaranya pernapasan diafragma, pernapasan perut, pernapasan perut, dan pernapasan cepat. Latihan ini membantu memperlambat detak jantung dan membuat kamu lebih tenang. 

Baca juga: Stres Berat, Tubuh akan Alami Hal Ini

4. Main Dengan Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Berinteraksi dengan hewan peliharaan juga dapat membantu melepaskan oksitosin, zat kimia otak yang meningkatkan suasana hati yang positif. Bermain dengan hewan dapat membantu kamu menghilangkan stres dengan cara mengisi waktu luang, membuat kamu tetap aktif dan menumbuhkan rasa kasih sayang. Semua ini dapat membantu mengurangi kecemasan akibat stres.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk memerangi stres. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung jarang mengalami kecemasan dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Ada beberapa alasan di balik ini:

  • Hormon stres: Olahraga menurunkan hormon stres tubuh seperti kortisol dalam jangka panjang. Ini juga membantu melepaskan endorfin, bahan kimia yang meningkatkan suasana hati dan bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami.
  • Tidur. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang dapat dipengaruhi secara negatif oleh stres dan kecemasan.
  • Lebih percaya diri. Ketika kamu berolahraga secara teratur, kamu mungkin merasa lebih kompeten dan percaya diri pada tubuh. Pada gilirannya, olahraga mampu meningkatkan kesejahteraan mental.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Mulai sekarang, coba cari aktivitas olahraga yang kamu sukai, seperti berjalan kaki, menari, panjat tebing, atau yoga. Jika kamu masih merasa kesulitan dalam menangani stres, kamu dapat menghubungi psikiater lewat aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi ini, kamu bisa berbincang-bincang sepuasnya dengan psikiater via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 16 Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety.
WebMD. Diakses pada 2020. Stress Management.