• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cedera yang Terjadi saat Berolahraga

Inilah Cedera yang Terjadi saat Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Cedera yang Terjadi saat Berolahraga

“Cedera paling sering terjadi saat berolahraga. Siapa saja bisa mengalami cedera olahraga, tapi anak-anak yang lebih berisiko. Ada berbagai jenis cedera yang bisa terjadi saat berolahraga. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.”

Halodoc, Jakarta – Saat berolahraga, cedera terkadang bisa terjadi. Biasanya, anak-anak lah yang lebih sering mengalami cedera olahraga, tapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. 

Kamu juga berisiko lebih tinggi mengalami cedera olahraga, bila sudah lama tidak berolahraga, atau tidak melakukan pemanasan yang benar sebelum berolahraga, atau melakukan olahraga kontak. Lantas, cedera apa saja yang bisa terjadi saat berolahraga? Simak ulasannya di sini.

Baca juga: Gerakan dan Alat Olahraga yang Memicu Cedera

Jenis-jenis Cedera Olahraga

Cedera olahraga yang berbeda bisa menimbulkan gejala dan komplikasi yang berbeda pula. Berikut adalah jenis yang paling umum terjadi:

  • Keseleo. Peregangan yang berlebihan atau robeknya ligamen bisa menyebabkan keseleo. Ligamen adalah potongan jaringan yang menghubungkan dua tulang satu sama lain dalam satu sendi.
keseleo
  • Strain. Cedera ini terjadi karena peregangan yang berlebihan atau robeknya otot atau tendon. Tendon adalah tali jaringan berserat tebal yang menghubungkan tulang ke otot. Strait sering disamakan dengan keseleo, tapi keduanya adalah kondisi yang berbeda.
strain
  • Cedera lutut. Jenis cedera olahraga ini termasuk semua cedera yang mengganggu pergerakan sendi lutut, yang berkisar dari peregangan berlebihan hingga robekan pada otot atau jaringan lutut.
cedera lutut

Baca juga: Begini Prosedur Penanganan Cedera Ligamen Sendi Lutut

  • Ruptur Tendon Achilles. Tendon Achilles adalah tendon tipis dan kuat yang ada di bagian belakang pergelangan kaki. Selama olahraga, tendon ini bisa rusak atau robek. Ketika itu terjadi, kamu mungkin akan mengalami rasa sakit yang parah secara tiba-tiba dan kesulitan berjalan.
Tendon Achilles
fraktur
  • Dislokasi. Cedera olahraga bisa menyebabkan terkilirnya tulang di tubuh kamu. Ketika itu terjadi, tulang dipaksa keluar dari soketnya. Hal itu bisa menyakitkan dan menyebabkan pembengkakan dan kelemahan.
dislokasi

Baca juga: 7 Cara Melindungi Anak dari Cedera Olahraga

Itulah jenis-jenis cedera yang bisa terjadi saat berolahraga. Bila kamu mengalami cedera olahraga yang parah dan menyakitkan, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bila kamu hanya mengalami keseleo ringan, kamu bisa menghubungi dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran kesehatan. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Sports Injuries and Rehab