• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Ciri-Ciri Gejala Tipes yang Menyerang Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Ciri-Ciri Gejala Tipes yang Menyerang Anak

Inilah Ciri-Ciri Gejala Tipes yang Menyerang Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Desember 2021
Inilah Ciri-Ciri Gejala Tipes yang Menyerang Anak

“Anak yang memiliki kebiasaan jajan sembarangan rentan terkena masalah kesehatan, seperti obesitas atau kerusakan gigi. Dampaknya tidak sampai di situ saja, jajan sembarangan juga bisa memicu tipes pada anak.” 

Halodoc, Jakarta – Tipes menjadi salah satu gangguan kesehatan yang tidak bisa disepelekan, apalagi jika terjadi pada anak. Ibu perlu mengetahui ciri-ciri gejala tipes, agar langkah penanganan tepat dilakukan.

Jika tidak, kematian menjadi komplikasi paling parah yang bisa saja terjadi. Berikut ini ciri-ciri gejala tipes yang dialami oleh anak:

1. Demam Tinggi

Demam tinggi hingga 40 derajat Celsius menjadi salah satu ciri-ciri gejala tipes pada anak. Kondisi tersebut umumnya dialami selama 7 hari, dan biasanya terjadi pada sore hingga malam hari.

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan yang menjadi ciri-ciri gejala tipes pada anak adalah sembelit atau diare. Seperti pada penjelasan di awal, gejala biasanya muncul ketika anak sering kali jajan sembarangan atau memasukkan tangan ke mulut.

3. Sakit Kepala

Sakit kepala yang disertai dengan mual dan muntah menjadi ciri-ciri gejala tipes selanjutnya. Kondisi tersebut biasanya tertular setelah anak berinteraksi dengan pengidap yang sudah terinfeksi.

4. Muncul Bintik di Kulit

Setelah demam, bintik di kulit muncul 5-6 hari kemudian. Bintik tersebut bisa saja menyebar ke seluruh tubuh, kecuali pada area telapak tangan dan kaki, serta wajah. Kondisi tersebut bisa bertahan hingga 1 bulan atau lebih.

5. Penurunan Nafsu Makan

Ciri-ciri gejala tipes yang terakhir adalah penurunan nafsu makan. Hal tersebut terjadi akibat sejumlah gejala lain yang telah disebutkan sebelumnya. Sejumlah gejala memicu rasa tidak nyaman dan kebas pada lidah saat merasakan makanan.

Intensitas gejala yang muncul tergantung pada usia, kondisi kesehatan, dan status kelengkapan imunisasi Si Kecil. Jika muncul ciri-ciri gejala tipes seperti yang telah disebutkan, segera diskusikan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc, ya. 

Ingat, langkah penanganan perlu segera dilakukan, mengingat kematian menjadi salah satu komplikasi yang bisa saja terjadi. Untuk informasi menarik seputar kesehatan lainnya, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Kids Health. Diakses pada 2021. Typhoid Fever.