• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Diet yang Cocok Dilakukan Pengidap Maag

Inilah Diet yang Cocok Dilakukan Pengidap Maag

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Diet yang Cocok Dilakukan Pengidap Maag

“Mengonsumsi makanan berserat dapat membantu mengurangi jumlah asam berlebih yang diproduksi, sehingga membantu proses penyembuhan. Buat sebagian orang, maag dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pengidap maag yang cukup parah perlu melakukan perawatan signifikan termasuk menjaga pola makan. Diet adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.”

Halodoc, Jakarta – Pola makan yang sehat sangat berpengaruh pada orang dengan penyakit maag. Diet tinggi serat larut dapat membantu mencegah maag tidak kambuhan. Mengapa demikian? 

Umumnya kondisi maag disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penyebab umum lainnya adalah penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk asam asetilsalisilat, juga dikenal sebagai ASA. Mengonsumsi makanan berserat dapat membantu mengurangi jumlah asam berlebih yang diproduksi sehingga membantu proses penyembuhan. Lantas, bisakah pengidap maag menjalani diet?

Makanan Kaya Serat dan Non Berlemak

Buat sebagian orang, maag dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pengidap maag yang cukup parah perlu melakukan perawatan signifikan, termasuk menjaga pola makan. Diet adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. 

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Pola makan tepat dapat membantu pengidap maag mengelola gejala sakitnya. Berikut adalah diet yang cocok untuk pengidap maag, yaitu:

1. Makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi rendah lemak, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan sayuran.

3. Makan makanan dengan tingkat keasaman rendah, termasuk sayuran dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi minuman non-karbonasi.

5. Konsumsi minuman bebas kafein.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa probiotik dapat membantu masalah perut yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan yang dapat menyebabkan gastritis atau sakit maag.

Oleh karena itu, makanan probiotik yang sehat dapat membantu mengatasi penyakit maag, ini termasuk kombucha, yogurt, kimchi, dan asinan kubis. Makan dalam porsi kecil dan lebih sering juga dapat membantu meringankan gejala.

Beberapa jenis maag dapat mempersulit tubuh untuk menyerap zat besi atau vitamin B-12, yang menyebabkan pengidap maag mengalami defisit vitamin ini. Itu tadi adalah daftar makanan yang bisa dikonsumsi oleh pengidap maag untuk mengelola sakitnya.

Baca juga: 6 Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan

Ada makanan yang direkomendasikan untuk dimakan, ada juga makanan yang jadi pantangan. Makanan yang tinggi lemak dapat memperburuk peradangan pada lapisan lambung. Bagi sebagian orang, alergi makanan bisa memicu penyakit maag. Mengidentifikasi dan menghindari makanan yang dapat memicu gejala sakit maag dapat mengobati dan mencegahnya. 

Minum alkohol terlalu sering atau minum terlalu banyak dalam waktu singkat juga bisa memicu sakit maag. Kalau kamu mengalami kondisi ini, ada baiknya kamu menghindarinya. Makanan yang dapat mengiritasi lambung, sehingga memperburuk penyakit maag meliputi:

1. Alkohol.

2. Kopi.

3. Makanan asam, seperti tomat dan beberapa buah-buahan.

4. Jus buah.

5. Makanan berlemak.

6. Gorengan.

7. Minuman berkarbonasi.

8. Makanan pedas.

Selain yang disebutkan di atas, bisa jadi ada jenis makanan lain yang memicu kondisi maag. Jika kamu memang mengidap penyakit maag cobalah untuk memperhatikan jenis makanan yang bisa memperburuk gejala dan hindari. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan selain Diet Olahraga

Itulah informasi mengenai diet yang cocok dilakukan untuk pengidap maag serta makanan yang bisa memperburuk gejalanya. Kalau kamu butuh informasi lebih detail mengenai penyakit maag bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter terbaik akan membantu kamu menemukan jawaban dan solusi dari masalah kesehatanmu. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Gastritis Diet: What to Eat and What to Avoid.
HealthLinkBC. Diakses pada 2021. Healthy Eating Guidelines For People with Peptic Ulcers.
Healthline. Diakses pada 2021. Stomach Ulcer Diet.