• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Fakta Mengenai Aroma Khas Miss V
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Fakta Mengenai Aroma Khas Miss V

Inilah Fakta Mengenai Aroma Khas Miss V

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Juni 2022

“Setiap wanita memiliki aroma khas Miss V yang berbeda. Namun, waspada jika terdapat aroma amis yang sangat kuat dari Miss V, karena ini bisa jadi tanda bahaya.”

Inilah Fakta Mengenai Aroma Khas Miss V

Halodoc, Jakarta – Miss V memiliki aroma khasnya masing-masing. Biasanya, aroma yang muncul dari Miss V beraroma sedang hingga tidak berbau sama sekali. Sebaiknya waspada jika muncul aroma yang sangat kuat dari Miss V, seperti berbau amis. Hal ini menandakan adanya gangguan kesehatan yang sebaiknya tidak diabaikan.

Tidak ada salahnya ketahui berbagai fakta mengenai aroma khas Miss V agar kamu dapat mewasapadai segala perubahan yang terjadi. Yuk, simak ulasan lengkapnya mengenai hal-hal yang perlu diketahui mengenai aroma khas Miss V berikut ini!

Fakta Mengenai Aroma Khas Miss V

Memiliki Miss V yang sehat tentunya menjadi hal yang diinginkan oleh semua wanita. Selain meningkatkan rasa percaya diri, alat vital yang sehat juga menandakan kondisi organ reproduksi yang sehat. 

Pada setiap wanita, Miss V memiliki aroma khasnya masing-masing. Bahkan, beberapa wanita memiliki aroma Miss V yang cukup unik. Namun, sebaiknya simak fakta mengenai aroma khas Miss V agar kamu lebih waspada terhadap beberapa tanda bahaya yang mungkin perlu diperhatikan. 

1. Aroma Khas Miss V Biasanya Tidak Menyengat 

Uniknya, setiap wanita memiliki aroma Miss V yang berbeda. Namun, ada beberapa aroma yang sebaiknya tidak terlalu dikhawatirkan sebagai gangguan kesehatan, seperti beraroma ragi, metal atau besi, hingga sedikit beraroma manis. Kondisi ini menjadi hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Aroma ragi bisa disebabkan akibat bakteri baik pada vagina, sedangkan aroma metal atau besi bisa terjadi akibat siklus menstruasi. Aroma yang dikeluarkan pun tidak akan berbau menyengat dan beraroma sedang. 

Selain itu, jika Miss V dalam kondisi sehat, aroma yang muncul tidak akan disertai dengan gejala. Sementara jika dalam kondisi yang kurang sehat, maka kamu bisa merasakan gejala seperti gatal, iritasi, atau sensasi panas.

2. Aroma Amis Perlu Diwaspadai

Sebaiknya waspada terhadap aroma Miss V yang menyebabkan bau amis dan menyengat. Umumnya, Miss V yang beraroma amis disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada vagina. 

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan aroma Miss V berbau amis, seperti:

  • Vaginosis Bakterial. Infeksi yang terjadi akibat jumlah bakteri yang berlebihan pada vagina.
  • Trikomoniasis. Kondisi ini merupakan salah satu penyakit infeksi menular seksual.
  • Fistula Rektovaginal. Suatu kondisi langka dimana terdapat lubang antara rektum dan vagina. Hal ini membuat feses masuk ke dalam vagina.
  • Kanker. Penyakit kanker vagina atau serviks bisa menjadi salah satu alasan mengapa Miss V berbau amis sehingga perlu diwaspadai.

3. Lakukan Pemeriksaan saat Miss V Beraroma Kuat

Jika aroma Miss V yang kamu miliki sangat kuat dan mengganggu, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Apalagi jika aroma Miss V yang sangat kuat disertai dengan rasa gatal, sensasi panas, hingga iritasi pada area Miss V. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi yang kamu alami. Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan, seperti pemeriksaan fisik, riwayat kesehatan, tes urine, hingga pemeriksaan vagina atau rektum.

Itulah beberapa fakta mengenai aroma Miss V yang bisa dialami oleh setiap wanita. Untuk mencegah aroma Miss V memburuk, sebaiknya gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap, tidak terlalu sempit, dan menjaga kebersihan area Miss V. Selain itu, gunakan kondom saat berhubungan intim dan hindari penggunaan pewangi pada bagian Miss V.

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2022. What Is Vaginal Odor? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Vaginal Odor.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Vaginal Odor.
Self. Diakses pada 2022. 11 Reasons Your Vagina Smells a Little…Off.
Healthline. Diakses pada 2022. Molasses to Pennies: All the Smells a Healthy Vagina Can Be.