• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Autoimun

Inilah Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Autoimun

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Autoimun

“Penyakit autoimun terjadi saat sistem kekebalan tubuh yang bertugas melindungi tubuh, justru berbalik menyerangnya. Jika tidak ditangani dengan gaya hidup sehat pengidap autoimun, gangguan kesehatan tersebut akan sangat mengganggu aktivitas harian pengidapnya.”

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang yang terdiagnosis penyakit autoimun merasa patah semangat untuk mendapatkan kesembuhan. Alasannya adalah penyakit yang hingga kini belum dapat disembuhkan total, serta obat-obatan yang hanya bersifat meredakan gejala saja. Meski demikian, kamu tidak boleh menyerah begitu saja. Dengan penerapan gaya hidup sehat pengidap autoimun, risiko dapat diturunkan dan intensitas gejala yang muncul dapat berkurang.

Baca juga: 4 Kondisi yang Menyebabkan Munculnya Benjolan di Ketiak

Penerapan Gaya Hidup Sehat Pengidap Autoimun

Pengidap penyakit autoimun juga dapat menjalankan aktivitas normal selayaknya orang sehat lainnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan penerapan gaya hidup sehat. Berikut ini langkah penerapan gaya hidup sehat pengidap autoimun:

1. Mengatur Pola Makan

Jika sebelumnya sembarangan dalam mengonsumsi makanan, coba untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat secara perlahan. Makanan sehat sudah tentu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Makanan jenis ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga jika gejala penyakit autoimun muncul tidak terjadi dalam intensitas yang parah. Jenis makanan yang direkomendasikan, seperti:

  • Makanan dengan kandungan rendah lemak.
  • Makanan dengan tinggi serat.
  • Makanan yang tidak melalui proses penggorengan.

Usahakan makanan yang dikonsumsi dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisi harian tubuh. Kamu dapat melengkapi menu makanan dengan buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan makanan tinggi kalsium. Untuk lebih jelas apa saja asupan yang dibutuhkan tubuh sesuai dengan gangguan kesehatan yang dialami, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter  di aplikasi Halodoc, ya.

2. Mencukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur dapat memberikan pengaruh baik pada fisik dan mental secara menyeluruh. Jika waktunya kurang, maka kesehatan tubuh pun menjadi tidak stabil. Kurang tidur dapat meningkatkan stres, yang mampu memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh, salah satunya memicu munculnya gejala autoimun. Agar hal tersebut tidak terjadi, setidaknya penuhi waktu tidur selama 7–8 jam setiap malam.

Baca juga: Gejala Umum saat Seseorang Mengidap Penyakit Autoimun

3. Belajar Mengendalikan Stres

Selain mencukupi waktu tidur, mencegah stres dapat dilakukan dengan mengendalikannya. Jika dirasa suntuk dengan kegiatan tetap yang dilakukan sehari-hari, kamu bisa mengalihkan rasa suntuk tersebut dengan melakukan hal-hal menarik. Beberapa kegiatan yang direkomendasikan, seperti menonton drama, mendengarkan musik, berjoget, yoga, meditasi, ataupun melakukan hobi lainnya.

4. Membuat Jadwal Aktivitas

Rasa lelah berlebihan menjadi salah satu munculnya gejala autoimun. Saat badan terasa lebih bugar, banyak orang yang langsung melakukan pekerjaan sekaligus. Padahal, cara tersebut salah dilakukan karena justru akan memicu rasa lelah ekstrem. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya kamu membuat jadwal aktivitas. Membuat jadwal aktivitas dapat dilakukan dengan menentukan prioritas mana yang lebih penting untuk dikerjakan terlebih dulu.

5. Berolahraga secara Teratur

Sudah diketahui pasti jika olahraga mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk menunjang kesehatan tubuh pengidap penyakit autoimun, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Lakukan setidaknya 5–6 kali dalam seminggu.

Baca juga: Ini Gejala Fisik Penyakit Lupus yang Dapat Dikenali

Itulah beberapa langkah penerapan gaya hidup sehat pengidap autoimun. Selain itu, kamu dapat menunjang kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan. Dengan upaya yang maksimal, kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik sehingga kekambuhan gejala pun dapat dicegah. Untuk membelinya, kamu dapat menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. Living Well With an Autoimmune Disorder.
Health. Diakses pada 2021. The 4 Best Diets to Try If You Have an Autoimmune Disease.
Healthline. Diakses pada 2021. AIP (Autoimmune Protocol) Diet: Overview, Food List, and Guide.