• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Gerakan Senam yang Aman Dilakukan Lansia

Inilah Gerakan Senam yang Aman Dilakukan Lansia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Gerakan Senam yang Aman Dilakukan Lansia

“Senam lansia adalah sekumpulan gerakan yang dilakukan untuk melatih tubuh. Jenis olahraga ini cukup disarankan bagi lansia, sebab seiring bertambahnya umur manusia mungkin akan kesulitan untuk melakukan aktivitas fisik. Hal yang perlu diingat, lebih baik berolahraga ringan daripada tidak berolahraga sama sekali.” 

Halodoc, Jakarta – Senam lansia terdengar asing di telinga kamu? Jangan salah, jenis olahraga yang satu ini sekarang cukup populer dan banyak dilakukan. Sebab tak dapat dimungkiri, olahraga merupakan hal yang penting dilakukan oleh semua orang. Namun, lansia alias orang yang sudah lanjut usia mungkin akan kesulitan melakukan jenis olahraga tertentu. 

Nah, senam bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk lansia. Senam adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan, kelincahan, kelenturan, keseimbangan, serta koordinasi tubuh. Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja. Lantas, apa saja gerakan senam yang aman untuk dilakukan lansia? 

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Lansia

Senam Lansia yang Bisa Dicoba  

Ada beberapa gerakan senam lansia yang bisa dicoba. Meski terdengar mudah, jenis olahraga ini nyatanya memiliki manfaat untuk tubuh, sama seperti olahraga lain. Berikut beberapa gerakan senam lansia yang bisa coba dilakukan di rumah: 

  1. Angkat Beban

Jangan bayangkan mengangkat beban yang berat seperti di pusat kebugaran. Pada lansia, gerakan senam yang bisa dilakukan adalah berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Kemudian genggam barbell ringat atau botol berisi air di kedua tangan. Tekuk kedua siku, kemudian gerakkan tangan ke arah dada.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit yang Rentan Dialami Lansia

  1. Angkat Kaki 

Gerakan ini dilakukan dengan bantuan kursi. Berdirilah di belakang kursi, pegang sandaran, kemudian angkat salah satu kaki ke belakang. Jangan menekuk lutut. Tahan posisi sebentar, turunkan, lalu lakukan pada kaki yang satu lagi.

  1. Berdiri Satu Kaki

Angkat satu kaki sejajar pinggul, kemudian tahan beberapa detik. Turunkan, dan lakukan gerakan yang sama untuk kaki yang lain. Gerakan senam lansia ini bisa membantu melatih keseimbangan. 

  1. Meregangkan Leher 

Peregangan tubuh bisa menjadi alternatif senam lansia, salah satunya peregangan leher. Lakukan gerakan ini dengan memutar kepala secara perlahan ke kanan, hingga terasa sedikit meregang. Tahan posisi ini, kemudian putar kepala ke arah sebaliknya dan tahan. Ulangi gerakan ini beberapa kali. 

Baca juga: Lansia Kerap Mengalami Depresi, Ini Penjelasannya

Senam lansia bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun ingat, jangan memaksakan diri. Jika lansia sakit atau butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat dan sampaikan gejala penyakit atau pertanyaan seputar kesehatan pada ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Exercises for older people.
National Institute on Aging NIA. Go4Life. Diakses pada 2021. Arm Curl.
National Institute on Aging NIA. Go4Life. Diakses pada 2021. Back Leg Raise.