• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Jenis Golongan Darah Paling Langka di Dunia

Inilah Jenis Golongan Darah Paling Langka di Dunia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagai salah satu bagian penting dalam tubuh, darah ternyata menyimpan banyak keunikan. Salah satunya adalah terdapatnya sel dalam darah yang mengandung antigen (sejenis protein), yang membuatnya bisa dikelompokkan menjadi golongan-golongan berbeda, yang disebut golongan darah. Nah, tahukah kamu bahwa golongan darah itu ada yang umum dan bahkan yang paling langka di dunia? 

Ya, hal ini karena dari total 33 sistem golongan darah, hanya ada 2 yang digunakan secara luas, yaitu sistem ABO dan Rh-positif/Rh-negatif. Lalu, kedua sistem tersebut membentuk beberapa golongan darah dasar. Namun, penyebarannya tidak merata, sehingga beberapa di antaranya masuk ke dalam jenis golongan darah yang langka.

Baca juga: Golongan Darah Bisa Tentukan Jodoh?

Rh-null Jadi Jenis Golongan Darah Paling Langka di Dunia

Di antara semua jenis golongan darah, ada satu yang bisa dibilang paling langka. Jenis golongan darah paling langka di dunia itu adalah Rh-null, atau disebut juga “Golden Blood”. Saking langkanya, baru ada 43 orang di dunia yang dilaporkan memiliki golongan darah Rh-null. 

Lalu, bagaimana dengan golongan darah lainnya? Apakah ada yang juga termasuk langka selain golongan darah Rh-null? Berikut urutan jenis golongan darah dari yang paling umum, hingga yang paling langka:

1.Golongan Darah O+

Menurut data American Red Cross, golongan darah O+ adalah yang paling umum di dunia, dengan angka 38,67 persen populasi dunia. Orang yang memiliki jenis golongan darah ini dapat melakukan transfusi ke semua golongan darah dengan Rh positif lainnya, seperti A+, B+, dan AB+. Namun, hanya bisa menerima transfusi darah dari O+ dan O-.

2.Golongan Darah A+

Setelah O+, golongan darah A+ adalah jenis yang paling mudah ditemukan, dengan jumlah sekitar 27,42 persen dari populasi dunia. Jenis golongan darah ini hanya dapat memberi transfusi ke A+ dan AB+, serta menerima transfusi dari A+, A-, O+, dan O-.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah

3.Golongan Darah B+

Di urutan ketiga, ada golongan darah B+, dengan jumlah sekitar 22 persen dari populasi dunia. Jenis golongan darah ini hanya dapat melakukan transfusi ke golongan darah B+ dan AB+, serta menerima transfusi dari golongan darah B+,B-, O+, dan O-.

4.Golongan Darah AB+

Cukup langka dibanding B+, jenis golongan darah AB+ memiliki persentase sekitar 5,88 persen dari populasi seluruh dunia. Jenis golongan darah AB+ dapat menerima transfusi dari semua jenis golongan darah, tetapi hanya bisa melakukan transfusi ke pemilik golongan darah yang sama.

5.Golongan Darah O-

Golongan darah O- dimiliki sekitar 2,55 persen populasi manusia di seluruh dunia. Meski dapat melakukan transfusi ke semua jenis golongan darah, orang bergolongan darah O- hanya bisa menerima transfusi dari yang golongan darahnya sama. 

6.Golongan Darah A-

Golongan darah A- dapat melakukan transfusi ke golongan darah A-, A+, AB-, dan AB+. Namun, golongan darah yang tersebar sekitar 1,99 persen dari populasi manusia di seluruh dunia ini hanya bisa menerima transfusi dari golongan darah A- dan O-.

7.Golongan Darah B-

Masuk ke daftar tiga besar jenis golongan darah langka di dunia, ada golongan darah B-, dengan persentase 1,11 persen dari populasi manusia. Jenis golongan darah ini dapat menerima transfusi dari B- dan O-, serta melakukan transfusi ke B-, B+, AB-, dan AB+.

Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Hubungannya Infeksi dengan Golongan Darah

8.Golongan Darah AB-

Jika mengacu sistem golongan darah ABO, golongan darah AB- bisa dibilang yang paling langka. Sebab, jenis golongan darah ini hanya dimiliki oleh 0,36 persen orang di seluruh dunia. Dalam hal transfusi, golongan darah AB- dapat memberi ke AB- dan AB+, serta menerima transfusi dari AB-, A-, B-, dan O-.

9.Rh-null

Seperti dibahas di awal tadi, jenis golongan darah Rh-null adalah paling langka di dunia, karena hingga saat ini baru ada 43 orang yang dilaporkan memiliki golongan darah ini. Selain kelangkaannya, golongan darah yang juga dikenal dengan sebutan “Golden Blood” ini dapat ditransfusikan ke semua jenis golongan darah. Namun, orang dengan golongan darah Rh-null hanya bisa menerima transfusi darah dari jenis golongan darah yang sama. 

Itulah penjelasan tentang jenis golongan darah, dari yang paling umum hingga yang paling langka di dunia. Meski begitu, persentase yang disajikan tidak sepenuhnya akurat dan hanya sebagai referensi. Jenis golongan darah yang langka maupun umum di masing-masing daerah dapat berbeda satu sama lain, karena berkaitan dengan masalah genetik.

Jika masih ada yang ingin kamu ketahui soal golongan darah, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What’s the Rarest Blood Type?
Rarest.org. Diakses pada 2020. 9 Rarest Blood Types in the World.