• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Jenis Makanan yang Bisa Meredakan Stres

Inilah Jenis Makanan yang Bisa Meredakan Stres

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Jenis Makanan yang Bisa Meredakan Stres

“Stres tak hanya berdampak negatif pada psikis, masalah mental ini juga memicu berbagai masalah pada kesehatan fisik. Nah, cara meredakan stres sebenarnya tidak hanya melalui obat penenangan, meditasi, atau aktivitas yang menyenangkan saja. Terdapat beberapa makanan yang diduga membantu meredakan stres.”

Halodoc, Jakarta – Cara meredakan stres sebenarnya tidak hanya melalui pengonsumsian obat-obatan penenang atau melakukan aktivitas yang menyenangkan saja. Faktanya, terdapat beberapa makanan yang diduga dapat meredakan stres. Mau tahu apa saja makanan yang ampuh untuk meredakan stres? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Cara Cepat Meredakan Stres

1. Sayuran Hijau

Cara meredakan stres bisa dengan mengonsumsi sayuran hijau.  Sayuran berdaun hijau, seperti bayam mengandung asam folat yang menghasilkan dopamin, bahan kimia otak yang merangsang kesenangan dan membantu pikiran lebih tenang.

Studi di Journal of Affective Disorders dari 2.800 orang paruh baya dan orang tua menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi asam folat paling banyak, memiliki risiko gejala depresi yang lebih rendah daripada mereka yang sedikit mengonsumsinya.

Studi lain dari University of Otago di Selandia Baru menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bahagia, dan lebih energik pada hari-hari di mana mereka makan lebih banyak buah dan sayuran. 

2. Kerang

Selain sayuran hijau, kerang atau tiram juga dapat dikonsumsi sebagai cara meredakan stres. Makanan ini kaya asam amino seperti taurin, yang telah dipelajari karena potensinya untuk meningkatkan suasana hati.

Taurin dan asam amino lainnya diperlukan untuk menghasilkan neurotransmitter seperti dopamin, yang penting untuk mengatur respons stres. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa taurin mungkin memiliki efek antidepresan. 

Di samping itu, kerang juga mengandung vitamin B12, zinc, tembaga, mangan, dan selenium. Semua kandungan ini dapat membantu meningkatkan mood

Baca juga: Stres Bisa Picu Sakit Kepala, Ini Faktanya

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti makarel, herring, salmon, dan sarden juga dapat dikonsumsi untuk meredakan stres. Ikan berlemak kaya lemak omega-3 dan vitamin D. Nutrisi-nutrisi tersebut terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga membantu tubuh mengatasi stres. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi di negara Barat. 

4. Teh Chamomile

Cara meredakan stres juga bisa melalui asupan teh chamomile. Teh ini adalah ramuan obat yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai pereda stres alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi. 

5. Blueberry

Buah blueberry dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk peningkatan suasana hati. Buah beri ini kaya antioksidan flavonoid yang memiliki efek antiinflamasi dan neuroprotektif yang kuat. Nah, zat-zat ini membantu mengurangi peradangan terkait stres dan melindungi terhadap kerusakan sel terkait stres. 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan kaya flavonoid seperti blueberry mampu melindungi dari depresi dan meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Hati-Hati, Tertekan Deadline juga Bisa Bikin Stres

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam bisa dijadikan pilihan untuk meredakan stres. Menurut penelitian, asupan cokelat hitam mengurangi hormon stres, seperti kortisol di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan di dalam cokelat hitam membuat dinding pembuluh darah menjadi rileks, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi. 

Cokelat hitam juga mengandung zat alami unik yang menciptakan rasa euforia yang mirip dengan perasaan “jatuh cinta.”  Bagi kamu yang ingin mengonsumsi cokelat hitam untuk meredakan stres, pilihlah varietas yang mengandung setidaknya 70 persen kakao.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas untuk meredakan stres? Hati-hati stres kronis bisa berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental. Menurut studi stres kronis bisa  meningkatkan risiko kondisi seperti penyakit jantung dan depresi.

Nah, kamu bisa bertanya langsung pada dokter atau psikolog menggunakan aplikasi Halodoc mengenai cara mengatasi stres. Selain itu, kamu juga bisa membeli vitamin atau suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh menggunakan aplikasi Halodoc, sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 

Referensi:
Health. Diakses pada 2021. 20 Stress Relieving Foods to Try if You’re Feeling Anxious
Healthline. Diakses pada 2021. 18 Terrific Foods to Help Relieve Stress