• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Cumi-Cumi

Inilah Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Cumi-Cumi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Cumi-cumi menjadi salah satu makanan laut yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi cukup tinggi. Berbagai cara proses masak bisa kamu lakukan untuk menikmati cumi-cumi, mulai dari digoreng hingga dipanggang. Semuanya akan menambah kenikmatan rasa dari cumi-cumi. 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Makanan Laut untuk Kesehatan

Tidak hanya kandungan gizinya yang cukup tinggi. Nyatanya, cumi cumi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya simak di sini mengenai kandungan gizi dan manfaat cumi bagi kesehatan.

Inilah Kandungan Gizi Cumi-Cumi

Selain lezat dan mudah untuk diolah menjadi satu jenis makanan, cumi-cumi juga menjadi salah satu makanan laut yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Berikut ini kandungan gizi yang terdapat dalam cumi-cumi.

1.Kalori

Cumi-cumi mentah nyatanya memiliki kandungan 78 kalori yang terdiri dari 70 persen protein, 15 persen karbohidrat, dan 15 persen lemak. Jika cumi-cumi dimasak dengan cara digoreng, maka kalori akan bertambah menjadi dua kali lipat. Penambahan kalori berasal dari lemak sekitar 40 persen. Satu porsi cumi-cumi goreng akan memiliki 40 persen protein dan 20 persen karbohidrat.

2.Lemak

Satu porsi cumi mentah mengandung 1,2 gram lemak. Hampir sama dengan jenis makanan laut lainnya, cumi-cumi juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yaitu 198 miligram per porsi. Angka ini akan kembali berubah setelah cumi melalui proses masak. Cumi goreng akan memiliki lemak sebesar 6,4 gram perporsinya, 1,6 gram lemak jenuh, serta kolesterol sebesar 221 miligram. Bagi kamu yang memiliki penyakit jantung, sebaiknya membatasi pengonsumsian cumi-cumi apalagi yang dimasak dengan digoreng.

Baca juga: 6 Seafood yang Aman Dikonsumsi Saat Diet

3.Protein

Baik dalam cumi mentah maupun cumi yang sudah diolah sama-sama memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Bahkan, dalam satu porsi cumi mentah mengandung 13,2 gram protein yang dapat memenuhi 29 persen kebutuhan protein pada wanita dan 24 persen pada pria. Sedangkan pada cumi yang sudah diolah dapat memiliki kandungan protein sebanyak 15,3 gram yang dapat memenuhi 33 persen kebutuhan protein bagi wanita dan 27 persen bagi pria.

4.Mineral

Siapa sangka cumi-cumi mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh didalamnya? Kandungan mineral dalam cumi mentah maupun yang telah diolah nyatanya hampir serupa. Namun, untuk kandungan natrium, cumi yang sudah diolah akan memiliki kandungan natrium yang lebih tinggi sekitar 260 miligram. Selain natrium, ada berbagai mineral lainnya yang terkandung dalam cumi, seperti fosfor, zat besi, dan juga selenium. Satu porsi cumi-cumi mengandung 10 persen zat besi, 25 persen fosfor, dan juga 50 persen selenium.

5.Vitamin

Baik cumi mentah maupun cumi yang sudah diolah, keduanya memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Vitamin B12 menjadi salah satu jenis vitamin yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf. Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin, sehingga sangat baik jika kamu mengonsumsi cumi-cumi dengan porsi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Baca juga: Intip Berbagai Manfaat Kesehatan di Balik Cumi-Cumi

Itulah beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam cumi-cumi. Sebaiknya ketahui batasan yang tepat untuk mengonsumsi cumi-cumi mengingat makanan laut ini juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Gunakan aplikasi Halodoc dan tanya langsung dengan dokter mengenai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi cumi-cumi dalam jumlah yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2020. The Nutritional Content of Squid.
Healthline. Diakses pada 2020. Squid and Cholesterol: The Calamari Conundrum.