• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Wortel untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Wortel untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Januari 2022

“Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh ada banyak, mulai dari menjaga kesehatan mata, mencegah kanker, serta memperkuat kekebalan tubuh. Seluruh manfaat sehat tersebut bisa didapat dari kandungan beragam nutrisi di dalamnya.“

Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Manfaat wortel untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Salah satu manfaat sehat dari makanan ini yang cukup populer adalah baik untuk kesehatan mata dan penglihatan. Selain baik untuk kesehatan mata, kandungan nutrisi dalam makanan ini juga bisa memberi manfaat sehat lainnya. Lantas, apa saja manfaat dari rutin mengonsumsi wortel?

Manfaat sehat wortel didapat dari kandungan beragam nutrisi yang ada di dalamnya, salah satunya beta-karoten yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, ada sederet nutrisi lain yang terkandung dalam wortel, seperti serat, vitamin K, Kalium, vitamin C, folat, fosfor, kalium, protein, dan kalsium. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara direbus, dijus, atau dibuat campuran sup. 

Manfaat Wortel yang Sayang Dilewatkan 

Ada beberapa manfaat wortel yang bisa didapat jika dikonsumsi secara rutin, antara lain: 

  1. Kesehatan Mata Terjaga 

Kandungan vitamin A, lutein, antioksidan, dan zeaxanthin dalam wortel baik untuk menjaga kesehatan mata. Rutin mengonsumsi makanan ini disebut bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit mata, seperti rabun senja, degenerasi makula, dan katarak. 

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Orang yang rutin mengonsumsi wortel disebut memiliki risiko lebih rendah mengalami kanker. Kandungan nutrisi dalam makanan ini bisa mencegah terbentuknya sel-sel kanker, termasuk risiko kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar. 

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Risiko penyakit jantung juga berkurang pada orang yang rutin mengonsumsi wortel. Manfaat wortel yang satu ini didapat dari kandungan kalium, antioksidan, dan serta di dalamnya. Selain itu, mengonsumsi makanan ini juga disebut bisa menjaga kadar gula darah tetap normal. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko berbagai penyakit.

  1. Pencernaan Lebih Sehat 

Wortel memiliki kandungan air dan serat. Jika dikonsumsi secara rutin, wortel bisa membantu menjaga pencernaan lebih sehat dan mencegah risiko konstipasi. Wortel juga disebut bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh. 

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin, folat, dan antioksidan dalam wortel bisa membantu menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh. Dengan begitu, imunitas lebih kuat dalam melawan virus penyebab penyakit. 

Jika membutuhkan vitamin dan suplemen lainnya untuk kesehatan, segera gunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa mendapatkan kebutuhan vitamin yang tepat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
NHS UK. Diakses pada 2022. Carrot chemical ‘may cut cancer risk’.
Health. Diakses pada 2022. 8 Health Benefits of Carrots.