• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Langkah-Langkah Menghilangkan Milia di Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Langkah-Langkah Menghilangkan Milia di Wajah

Inilah Langkah-Langkah Menghilangkan Milia di Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Desember 2021
Inilah Langkah-Langkah Menghilangkan Milia di Wajah

“Cara menghilangkan milia di kulit wajah sebenarnya cukup mudah. Hal terpenting adalah hindari memencetnya dan selalu jaga kebersihan kulit wajah. Selain itu, memakai krim retinoid dan tabir surya secara teratur juga perlu.”

Halodoc, Jakarta – Milia adalah benjolan putih kecil yang muncul di kulit. Biasanya muncul “berkelompok” di hidung, pipi, dan dagu. Bagaimana cara menghilangkan milia di wajah? Yuk, simak langkah-langkahnya!

Cara Menghilangkan Milia di Wajah

Ada beberapa cara hal yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah lebih banyak milia terbentuk, yaitu:

  1. Jangan Memencetnya

Memencet-mencet milia hanya akan membuat benjolan jadi berdarah, keropeng, dan muncul bekas luka. Menggaruk kulit juga bisa membawa kuman ke area tersebut dan memicu infeksi. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara menghilangkan milia adalah dengan tidak menyentuh atau memencetnya.

  1. Bersihkan Wajah

Cucilah wajah dengan sabun lembut bebas paraben setiap hari. Setelah dicuci, tepuk-tepuk kulit hingga kering. Ini akan membantu mencegah kulit dari gesekan atau kekeringan.

  1. Buka Pori-Pori dengan Uap

Setelah membersihkan wajah, bukalah pori-pori kulit dengan uap untuk menghilangkan iritasi lebih lanjut. Caranya adalah dengan dekatkan wajah ke wadah berisi air panas. Biarkan uap membuka pori-pori selama beberapa menit. Lalu, keringkan wajah.

  1. Lakukan Eksfoliasi dengan Lembut

Eksfoliasi dapat membantu menjaga kulit bebas dari iritasi yang menyebabkan milia. Carilah produk pembersih eksfoliasi yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat.

Namun, jangan setiap hari melakukan cara ini, ya. Sebab, eksfoliasi terlalu sering dapat membuat kulit iritasi. Lakukan cara menghilangkan milia ini satu kali saja dalam seminggu.

  1. Gunakan Krim Retinoid

Krim retinoid mengandung vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Gunakan produk apa pun yang mengandung retinoid cukup sekali sehari. Pakailah saat wajah sudah dicuci dan dikeringkan.

  1. Pakai Tabir Surya

Kamu harus memakai tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit di wajah dari sinar ultraviolet. Tabir surya juga bisa menurunkan risiko iritasi kulit yang menyebabkan milia.

  1. Temui Dokter Kulit

Sebagian besar benjolan milia akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu, terutama pada bayi. Namun, jika tidak berhasil setelah mencoba cara menghilangkan milia tadi, cobalah untuk menemui dokter kulit.

Terkadang dokter kulit akan menggunakan jarum kecil untuk menghilangkan milia secara manual. Ini akan dengan cepat menyembuhkan daerah yang terkena.

Itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan milia di kulit wajah. Selain pergi ke dokter kulit langsung, kamu juga bisa download Halodoc untuk bicara pada dokter kulit lewat chat.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Milia: 7 Ways.
Medical News Today. Diakses pada 2021. How Can I Get Rid Of Milia?