• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Makanan Sehat dengan Kandungan Elektrolit Tinggi

Inilah Makanan Sehat dengan Kandungan Elektrolit Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Makanan Sehat dengan Kandungan Elektrolit Tinggi

“Ada satu komponen dalam tubuh yang berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan cairan, yaitu elektrolit. Tugasnya bukan hanya  membantu aktivitas otak saraf, tetapi juga membentuk jaringan baru dalam tubuh. Untuk menunjang fungsi kerjanya, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat berikut ini.”

Halodoc, Jakarta – Elektrolit adalah partikel yang berubah menjadi ion bermuatan negatif dan positif saat larut dalam air. Muatan tersebut membuat elektrolit menghasilkan reaksi listrik yang berperan penting dalam sistem tubuh manusia. Di dalam tubuh, elektrolit terkandung dalam urine, keringat, dan darah. Kandungannya sendiri didapatkan dari makanan-makanan tertentu. Berikut ini beberapa jenis makanan mengandung elektrolit tinggi.

Baca juga: 4 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Parkinson

Makanan Mengandung Elektrolit Tinggi 

Kebutuhan elektrolit tubuh harus dipenuhi dengan baik. Jika tubuh mengalami ketidakseimbangan elektrolit, maka kram otot, kedutan, aritmia jantung, kelumpuhan, bahkan serangan jantung bisa saja terjadi. Oleh karena itu, memperhatikan keseimbangan elektrolit merupakan hal yang wajib dilakukan. Untuk mencukupi asupannya, kamu bisa mengonsumsi makanan mengandung elektrolit tinggi berikut ini:

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, kalium, magnesium, dan seng. Buah ini menjadi salah satu makanan mengandung elektrolit tinggi yang dapat dikonsumsi untuk mengembalikan elektrolit yang hilang. Dalam satu alpukat berukuran sedang, mengandung 950 miligram potasium dan 58 miligram magnesium.

2. Bayam

Dalam secangkir atau porsi sedang bayam mengandung 250 miligram kalsium. Alih-alih mengonsumsi susu tinggi kalsium, bayam lebih mudah diserap oleh tubuh. Sayuran ini merupakan sumber terbaik magnesium untuk menunjang metabolisme energi guna mempertahankan fungsi saraf dan otot. 

3. Pisang

Dalam satu pisang berukuran besar, mengandung 480 miligram, atau 10 persen dari kebutuhan kalium harian tubuh. Bukan itu saja, pisang juga mengandung 36,7 miligram magnesium, atau 10 persen dari kebutuhan harian tubuh. Magnesium di dalamnya mampu menunjang fungsi saraf dan otot, serta mengurangi kram dan nyeri otot setelah berolahraga.

Baca juga: Asupan Makanan yang Bisa Atasi Batuk Berdahak

4. Semangka

Semangka terdiri dari 92 persen air, yang dapat membantu menghidrasi tubuh. Buah ini juga kaya akan kalium dan magnesium. Bukan itu saja, semangka juga mengandung L-citrulline, yaitu sejenis asam amino yang mampu meningkatkan kesehatan dan performa dalam berolahraga.

5. Keju

Keju bukan hanya menjadi sumber kalsium yang baik. Bahan makanan ini juga mengandung kalium, magnesium, sodium, dan fosfor yang merupakan pembangun elektrolit dalam tubuh. Sejumlah kandungan baik tersebut membuat keju mampu menjaga tekanan darah normal, mempercepat proses penyembuhan luka, serta menunjang kesehatan tulang dan gigi.

6. Biji labu

Sama seperti alpukat, biji labu mengandung lemak sehat. Selain itu, bahan makanan ini mengandung tinggi magnesium, dan serat yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa memakan mentah, atau dipanggang selama 15–20 menit. Untuk meningkatkan cita rasa, kamu bisa menambahkan sedikit garam atau lada.

7. Tahu

Kamu dapat memenuhi 40 persen kebutuhan kalsium harian tubuh dengan mengonsumsi seperempat blok tahu. Selain kalsium, tahu juga memberikan asupan zat besi, magnesium, dan seng. Kedelai yang digunakan sebagai bahan utama tahu memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda dan asam omega-3.

Baca juga: Kenali 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa jenis makanan mengandung elektrolit tinggi. Selain menerapkan pola hidup sehat yang dibarengi dengan konsumsi sejumlah makanan tersebut, kamu bisa menunjang kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc, ya. Selamat mencoba!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 25 Foods That Replenish Electrolytes.

WebMD. Diakses pada 2021. Healthy Foods High in Electrolytes.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Foods that are high in electrolytes.