• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui

Inilah Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Inilah Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui

Halodoc, Jakarta - Menyusui merupakan tugas utama seorang ibu yang baru saja melahirkan. Oleh karena itu, seorang ibu menyusui diharuskan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi seimbang, agar Si Kecil mendapatkan ASI yang berkualitas. Beberapa makanan terbaik yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, antara lain:

Baca juga: Mitos dan Fakta tentang Menyusui yang Perlu Diketahui Ibu

1. Kalsium

Ibu menyusui bisa mengonsumsi susu, serta produk olahan susu lainnya, seperti yoghurt dan keju. Untuk mendapatkan sumber kalsium yang baik, ibu bisa mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau. Selain itu, beberapa makan yang mengandung tinggi kalsium lainnya yaitu susu kedelai, tempe, sereal, dan jus.

2. Lemak

Sehat Ibu menyusui diharuskan untuk menghindari lemak jahat yang terdapat dalam mentega, daging, susu berlemak, serta minyak kelapa sawit. Sebaiknya ibu menyusui menggantinya dengan lemak sehat yang banyak mengandung omega-3 yang dapat ditemui pada ikan laut, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian, serta alpukat. Ikan laut banyak mengandung protein tinggi omega-3 yang baik untuk perkembangan mata dan otak Si Kecil.

3. Protein

Protein dibutuhkan bagi Si Kecil untuk membentuk jaringan saraf dan otak. Asupan protein yang terdapat dalam ASI berperan penting dalam pertumbuhan otak Si Kecil, sehingga mendukung kecerdasannya saat pertumbuhan. Dalam hal ini, ibu bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, telur, produk olahan susu, biji-bijian, kacang-kacangan, serta gandum utuh.

Baca juga: Ibu Menyusui Alami Konstipasi, Ini 6 Hal yang Jadi Penyebabnya

4. Zat Besi

Zat besi memegang peranan penting dalam proses perkembangan otak Si Kecil. Ibu dapat memperoleh kandungan zat besi dari kacang-kacangan, daging, gandung utuh, serta sayuran hijau. Sedangkan untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, ibu dapat mengonsumsi banyak banyakan yang mengandung vitamin C, seperti buah dan sayur.

5. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat komplek yang dikonsumsi ibu saat menyusui akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan energi selama menyusui. Dalam hal ini, ibu bisa mengonsumsi kacang-kacangan, gandum, buah-buahan, serta sayuran. Karbohidrat kompleks yang dikonsumsi akan dicerna lebih lambat, sehingga pasokan energi akan lebih lama, dan gula darah menjadi lebih stabil.

6. Vitamin E

Vitamin E yang dikonsumsi dapat mencegah anemia setelah ibu melahirkan. Selain itu, vitamin E juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi mata dan paru-paru Si Kecil dari berbagai masalah karena kekurangan oksigen. Vitamin E juga berperan dalam menjaga kesehatan otot, sistem saraf, serta sistem kardiovaskular. Ibu dapat menemukan vitamin E di dalam kacang almond, asparagus, mangga, selai kacang, sayur bayam, serta alpukat.

7. Vitamin C

Vitamin C lebih banyak dibutuhkan saat ibu sedang menyusui. Vitamin ini akan berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan ibu dan Si Kecil. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pertumbuhan tulang, kolagen, serta gigi. Ibu bisa mendapatkan banyak kandungan vitamin C dengan mengonsumsi brokoli, jeruk, kentang, kiwi, tomat, mangga, serta jambu biji.

Baca juga: 6 Hal yang Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui

Kunci dari makanan sehat untuk ibu menyusui pada dasarnya adalah konsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Ibu bisa diskusikan langsung dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc jika memiliki masalah seputar menyusui atau masalah kesehatan lainnya pada Si Kecil. Jangan sampai Si Kecil terlambat untuk didiagnosa, karena akan berbahaya bagi kesehatannya.