• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

“Tentunya penyakit asam lambung yang muncul menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Untuk mengendalikan penyakit ini, sebaiknya konsumsilah makanan yang aman untuk pengidap asam lambung. Mulai dari sayuran hijau, jahe, oatmeal, dada ayam, hingga kentang menjadi beberapa pilihan makanan yang bisa dikonsumsi pengidap asam lambung.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan munculnya rasa terbakar pada bagian dada akibat asam lambung yang naik menuju kerongkongan. Bukan hanya orang dewasa, penyakit ini juga bisa dialami oleh anak-anak.

GERD merupakan penyakit yang bersifat kambuhan. Untuk itu, sebaiknya lakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan yang aman untuk pengidap asam lambung. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Baca juga: Buah-buahan Ini Aman Dikonsumsi Pengidap GERD

Makanan yang Aman untuk Pengidap Asam Lambung

Saat asam lambung naik, kondisi ini dapat menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan dan juga mulut. Biasanya, penyakit asam lambung akan ditandai dengan munculnya sensasi panas pada dada (heartburn) dan juga asam pada bagian mulut.

Jangan khawatir, nyatanya penyakit asam lambung dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup dan pola makan sehat. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan jenis makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Hal ini disebabkan sayuran hijau memiliki kandungan lemak yang sangat rendah. Kondisi ini dapat membantu kamu menurunkan risiko munculnya penyakit asam lambung.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki kandungan antiinflamasi sehingga aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Bukan hanya untuk asam lambung, jahe pun dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya.

Baca juga: Pola Makan yang Salah Bisa Memicu Penyakit GERD

  1. Oatmeal

Kamu bisa memilih sarapan menggunakan oatmeal untuk meringankan maupun mengatasi gejala asam lambung. Oatmeal menjadi makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi makanan serat tinggi dinilai efektif untuk menurunkan gejala asam lambung.

  1. Dada Ayam

Tanpa lemak dan memiliki kandungan protein membuat dada ayam menjadi pilihan makanan yang aman untuk pengidap asam lambung. Pastikan kamu mengonsumsi dada ayam tanpa kulit.

  1. Kentang

Kentang menjadi makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Hal ini disebabkan kentang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang mudah dicerna. Menurut jurnal Gastroenterology Research and Practice, menuliskan mengonsumsi kentang dapat menurunkan risiko asam lambung.

Baca juga: Tanpa Penanganan Tepat, Ini Alasan GERD Bisa Berakibat Fatal

Itulah beberapa makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Untuk semakin merasakan manfaat dari beberapa jenis makanan tersebut, sebaiknya pastikan kamu menjalani gaya hidup sehat. Seperti, berhenti merokok, menghindari mengonsumsi alkohol, dan juga rutin mengonsumsi obat yang disarankan oleh dokter.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter jika gejala asam lambung semakin memburuk. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Foods That Fight GERD.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Foods to Help Your Acid Reflux.
Gastroenterology Research and Practice. Diakses pada 2021. Dietary Intake and Risk for Reflux Esophagitis: A Case Control Study.