• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Makanan yang Aman untuk Pengidap Maag Kronis

Inilah Makanan yang Aman untuk Pengidap Maag Kronis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Makanan yang Aman untuk Pengidap Maag Kronis

Halodoc, Jakarta - Sudah tak asing dengan penyakit maag? Atau mungkin dirimu mengidap kondisi ini? Ketika maag menyerang, penyakit ini bisa menyebabkan perut terasa melilit, mual, kembung, hingga membuat pengidapnya meringis kesakitan. 

Sakit maag bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Contohnya luka terbuka pada lapisan dalam lambung (tukak lambung), efek samping penggunaan obat-obatan, infeksi bakteri Helicobacter pylori, hingga stres.

Nah, ada satu hal yang tak boleh diabaikan oleh pengidap maag, apalagi mereka yang mengidap maag kronis. Mereka yang berada di kondisi ini tak boleh asal-asalan saat mengosumsi makanan atau minuman. Pasalnya, terdapat beragam makanan dan minuman yang memicu maag semakin menjadi-jadi.

Baca juga: Agar Maag Tak Lagi Kambuh, Begini Tips Atur Pola Makannya

Lantas, apa saja sih makanan untuk pengidap maag kronis yang aman dikonsumsi?

1.Pilih Makanan Lunak

Pengidap maag sebaiknya mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak dan lembut. Tujuannya untuk mempermudah lambung mencerna makanan, sehingga tidak terlalu memperlambat kerja sistem pencernaan. Makanan lunak di sini contohnya bubur, nasi tim, sayuran yang dimasak lembut, kentang rebus, dan ikan. 

2.Peppermint

Peppermint diduga membantu untuk mengatasi gangguan pencernaan. Contohnya seperti sakit perut, mual, atau maag dengan cara merelaksasi otot-otot perut, dan meningkatkan aliran empedu. Peppermint dalam bentuk minyak juga mampu mengurangi ketegangan perut dan perasaan penuh pada perut. 

3.Buah-Buahan

Makanan untuk pengidap maag lainnya adalah buah-buahan, tapi bukan sembarang buah, melainkan buah yang memiliki tingkat keasaman rendah. Contohnya pisang, apel, pir, semangka, atau melon. Buah-buahan seperti ini baik dikonsumsi karena dapat mencegah iritasi lambung. 

Baca juga: Pemeriksaan Endoskopi untuk Pengidap Sakit Maag

4.Oatmeal

Oatmeal adalah makanan untuk pengidap maag yang aman untuk dikonsumsi. Makanan ini bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan untuk pengidap maag. Oatmeal atau gandum mampu menyerap asam lambung dan mengurangi gejala naiknya asam lambung. Menariknya lagi, oatmeal juga kaya serat yang baik bagi sistem pencernaan.

5.Hindari Makanan Pedas

Bila maag sedang kambuh, jangan sekali-kali memilih makanan pedas. Apalagi bila disertai mual, muntah, dan diare. Makanan seperti memang menggoda selera.

Namun, makanan pedas bisa mengiritasi kerongkongan dan usus besar, sehingga memperparah gejala maag kronis. Di samping itu, hindari mengonsumsi rempah-rempah, seperti bawang putih atau merah yang bisa membuat perut semakin sensitif. 

6.Makanan Berserat

Makanan untuk pengidap maag lainnya adalah makanan berserat. Contohnya seperti gandum, brokoli, wortel, apel, kacang-kacangan. Makanan seperti ini dapat membantu meredakan gejala maag kronis. Agar efeknya makin maksimal, kombinasikan makanan ini dengan makanan rendah lemak, seperti ikan atau ayam. 

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

7.Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang aman untuk pengidap maag. Kandungan bakteri baik yang ada di dalam usus terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan. Salah satunya, meringankan iritasi usus besar dan diare. Oleh sebab itu, konsumsilah yoghurt yang kaya akan probiotik. Agar hasilnya maksimal, yoghurt bisa dikonsumsi setiap hari ketika sakit maag kambuh, sampai empat minggu setelahnya. 

8.Yang Harus Dihindari

Dokter biasanya menyarankan pengidap maag agar menghindari makanan dan minuman tertentu, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau memperburuk gejala maag, contohnya: 

  • Minuman beralkohol.
  • Minuman berkarbonasi atau bersoda.
  • Makanan atau minuman yang mengandung kafein.
  • Makanan yang banyak mengandung asam, seperti tomat atau jeruk.
  • Makanan berlemak atau berminyak.

Nah, andaikan sakit maag tak kunjung membaik, kamu bisa kok membeli obat pereda maag atau obat-obatan lainnya melalui aplikasi Halodoc, sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Gastritis Diet: What to Eat and What to MedicineNet. Diakses pada 2021. Gastritis (Symptoms, Pain, Home Remedies, and Cure).
Web MD.Diakses pada 2021. Indigestion.
The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. 
Diakses pada 2021. Symptoms & Causes of Indigestion