• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Bunga Saffron yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Bunga Saffron yang Perlu Diketahui

Inilah Manfaat Bunga Saffron yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Januari 2022

“Ada banyak manfaat bunga saffron yang bisa kamu dapatkan, meski sebenarnya suplemen ini punya harga yang cukup tinggi. Untuk mengonsumsinya, kamu hanya perlu mencampurkannya dengan segelas air putih. Jika dikonsumsi rutin, maka kamu akan mengalami peningkatan kesehatan yang signifikan sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.”

Inilah Manfaat Bunga Saffron yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Menurut berbagai penelitian, manfaat bunga saffron untuk kesehatan maupun untuk kecantikan ternyata cukup banyak. Berbagai toko online pun kini telah banyak yang menjualnya dengan harga yang cukup tinggi. Sebanyak 1 kilogram bunga saffron asli bahkan bisa dijual dengan  kisaran harga Rp52 hingga Rp240an juta.  

Bunga saffron atau Crocus sativus ini menjadi sangat mahal karena cara panen dan pemrosesannya yang cukup kompleks dan harus ditanam dan dipanen dengan tangan. Bunga ini mekar setiap tahun, dan setiap bunganya hanya menghasilkan tiga benang merah halus atau kepala putik yang kemudian akan dipanen dengan penjepit kemudian dikeringkan. Dari sisi medis, bunga saffron ini dikenal bisa bekerja sebagai tonik dan antidepresan.

Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bunga saffron yang perlu kamu ketahui:

  • Menjaga dan Meningkatkan Ketahanan Tubuh 
manfaat bunga saffron

Bunga saffron diyakini mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Ini karena rempah satu ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang akan bekerja sebagai  anti inflamasi atau melawan peradangan yang terjadi pada tubuh sehingga ia mampu mencegah kerusakan yang terjadi pada sel. Jika kamu rutin mengonsumsi bunga saffron, maka kamu akan selalu sehat meski aktivitas kamu cukup padat seharian, sehingga sangat cocok untuk dijadikan suplemen harian. 

  • Meringankan Nyeri Haid 
manfaat bunga saffron

Setiap wanita pasti merasakan gejala yang tidak nyaman menjelang haid dan kondisi ini kerap disebut dengan Pre Menstrual Syndrome atau PMS. Kamu bisa merasakan rasa pusing, dan yang paling mengganggu adalah sensasi kram di perut. 

Untungnya saffron ini bisa meringankan nyeri haid yang dirasakan selama periode PMS. Tak hanya itu, bunga saffron juga ampuh untuk mengurangi rasa cemas dan suasana hati yang naik turun selama haid. Kamu pun bisa mengonsumsinya dengan melarutkan bunga saffron ke dalam air putih.

  • Meningkatkan Gairah Seksual
manfaat bunga saffron

Jika kamu dan pasangan merasakan gairah seksual belakangan ini agak menurun, maka bunga saffron bisa menjadi solusinya. Ini karena bunga saffron dikenal ampuh untuk meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita. Jika pria yang mengonsumsinya, maka ini akan membantu mereka meningkatkan kemampuan ereksinya. Sementara jika dikonsumsi wanita, ini akan meningkatkan gairah seksual mereka dengan cara memperbanyak cairan lubrikasi yang dihasilkan.

  • Menjaga Kesehatan Mata 
manfaat bunga saffron

Safranal yang merupakan salah satu unsur dari bunga saffron diduga bisa memperlambat degenerasi retina pada tikus yang diuji. Meski masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, akan tetapi temuan ini cukup menjanjikan. Konsumsi saffron juga diduga mampu merangsang perbaikan yang signifikan jangka menengah pada fungsi retinal dalam kasus degenerasi makula terkait usia.

  • Mengatasi Insomnia
manfaat bunga saffron

Manfaat bunga saffron selanjutnya datang dari kandungan crocin yang diyakini dapat mengurangi gerakan mata yang terlalu cepat saat tidur. Crocetin, karotenoid lain dalam saffron, juga diyakini bisa meningkatkan total waktu tidur non-REM sebanyak 50 persen. 

Uji klinis lain dalam Journal of Integrative Medicine juga menunjukkan bahwa saffron mampu membantu memperbaiki gejala depresi pada orang dewasa yang mengalami gangguan depresi. Nah, salah satu gejalanya adalah insomnia.

  • Menjaga Kesehatan Otak
manfaat bunga saffron

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat dalam ekstrak saffron juga menunjukkan potensi terapeutiknya untuk berbagai masalah pada sistem saraf dan juga meningkatkan kesehatan otak. Manfaat saffron ini mungkin memiliki efek menguntungkan untuk para pengidap Alzheimer atau Parkinson. Selain itu, bunga satu ini juga diduga memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan memori, terutama yang terkait dengan cedera otak traumatis dan iskemia otak. 

Jika kamu merasa bunga saffron terlalu mahal untuk didapatkan, maka kamu bisa beralih ke suplemen lainnya. Kamu juga bisa tanya pada dokter di Halodoc mengenai suplemen apa yang paling tepat untuk masalah kesehatan yang kamu miliki. Dokter mungkin juga akan memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Impressive Health Benefits of Saffron.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Saffron: Health Benefits, Side Effects, and How to Use It.
WebMD. Diakses pada 2022. Saffron – Uses, Side Effects, and More.