• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Glutathione untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Glutathione untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Manfaat Glutathione untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah mendengar glutathione yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh? Glutathione adalah antioksidan yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Antioksidan memiliki peran penting dalam tubuh, mulai dari memperbaiki sel dan jaringan tubuh rusak, hingga menunjang sistem imun tubuh. 

Glutathione ini diproduksi oleh hati dan sel-sel saraf di otak. Selain diproduksi secara alami, glutathione bisa didapatkan dalam bentuk suplemen atau dari makanan tertentu. Apa saja sih manfaat glutathione bagi tubuh? Penasaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Begini Cara Kerja Antioksidan Cegah Penyakit Berbahaya

1.Mengurangi Stres Oksidatif

Manfaat glutathione bagi tubuh salah satunya adalah mampu mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dan kemampuan tubuh untuk melawannya.

Tingkat stres oksidatif yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai penyakit. Contohnya diabetes, kanker, dan rheumatoid arthritis. Nah, glutathione ini membantu mencegah dampak stres oksidatif, yang dapat mengurangi penyakit.

Hati-hati, kekurangan glutathione dapat memicu beragam masalah pada tubuh, lo. Menurut Journal of Cancer Science and Therapy, kekurangan glutathione menyebabkan peningkatan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kanker.

2.Mengurangi Kerusakan Sel pada Hati

Manfaat glutathione lainnya adalah mampu mengurangi kerusakan sel pada penyakit hati berlemak pada kasus alkoholik dan non-alkohol. Hati-hati, kematian sel di hati dapat diperburuk oleh kekurangan antioksidan, termasuk glutathione.

Ujung-ujungnya kondisi ini hal ini dapat menyebabkan penyakit hati berlemak, baik pada mereka yang menyalahgunakan alkohol maupun yang tidak. 

Menurut studi yang berjudul “Glutathione in the treatment of chronic fatty liver diseases”, glutathione paling efektif bila diberikan kepada orang dengan penyakit hati berlemak secara intravena, dalam dosis tinggi. 

Baca juga: Fungsi Antioksidan untuk Kulit

3.Menyehatkan Jantung

Manfaat glutathione lainnya adalah mampu menyehatkan jantung. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, suplementasi glutathione sublingual membantu mengurangi kekakuan vaskular. 

Manfaat glutathione juga menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan penggunaan jangka panjang. Nah, hal ini yang dapat memberikan kontribusi pada kesehatan jantung. 

4.Meningkatkan Resistensi Insulin

Manfaat glutathione untuk kesehatan tubuh lainnya adalah mampu meningkatkan resistensi insulin pada orang tua. Seiring bertambahnya usia, tubuh lansia menghasilkan lebih sedikit glutathione. Nah, menurut sebuah studi, tingkat glutathione yang rendah dikaitkan dengan lebih sedikitnya pembakaran lemak, dan tingkat penyimpanan lemak yang lebih tinggi di dalam tubuh.

Namun, pemberian sistein dan glisin pada subjek penelitian dapat meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh. Pada kondisi ini, resistensi insulin dan pembakaran lemak pun semakin meningkat.

Baca juga: Cegah Radikal Bebas, Wajib Konsumsi 9 Buah Ini

5.Mengurangi Gejala Penyakit Parkinson

Manfaat glutathione juga berkaitan dengan penyakit penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson mempengaruhi sistem saraf yang salah satu gejala utamanya adalah tremor. Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. 

Namun, menurut sebuah studi, glutathione intravena membantu meringankan gejala seperti tremor dan kekakuan pada pengidap penyakit Parkinson. Singkat kata, glutathione meningkatkan kualitas hidup orang dengan penyakit ini.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat glutathione untuk kesehatan tubuh? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Glutathione Benefits
Very Well Health. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Glutathione
Web MD. Diakses pada 2020. Glutathione
US National Library of Medicine National Institutes of Health - PubMed. Diakses pada 2020. Glutathione in the treatment of chronic fatty liver diseases