• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Atasi Kulit yang Gatal

Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Atasi Kulit yang Gatal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Atasi Kulit yang Gatal

“Manfaat lidah buaya untuk pengobatan sudah diyakini sejak dulu. Tanaman ini bersifat antiinflamasi dan antimikroba yang mampu mengatasi gatal dan ruam kulit. Namun perlu diingat, lidah buaya tidak bisa dijadikan obat pengganti resep dokter. Jika masalah kulit tak kunjung mereda, sebaiknya hubungi dokter.”

Halodoc, Jakarta – Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang telah lama populer digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk berbagai masalah. Daun lidah buaya mengandung gel kental, bening, berair yang bisa dioleskan ke kulit. Manfaat lidah buaya yaitu menenangkan, menghidrasi, dan menyembuhkan. Salah satunya menenangkan kulit gatal

Lidah buaya bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Inilah kandungan yang menjadi alasan lidah buaya direkomendasikan untuk mengatasi beberapa masalah gatal dan ruam di kulit. Perlu diingat, pengobatan lidah buaya tidak bisa menggantikan perawatan yang diresepkan oleh dokter. 

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

Manfaat Lidah Buaya yang Bisa Dirasakan

Lidah buaya memberikan sejumlah manfaat yang efektif melawan kulit gatal. Selain itu, berikut ini manfaat lidah buaya yang bisa dirasakan, yaitu: 

  • Hidrasi. Salah satu efektivitas lidah buaya yaitu perawatan untuk kondisi kulit melalui hidrasi. Gel bening dari lidah buaya mengandung 99 persen air, yang terdiri dari banyak antioksidan seperti beta karoten, vitamin C dan E, yang menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi. 
  • Mendukung Penyembuhan. Menghilangkan rasa gatal dan sensasi terbakar adalah manfaat lidah buaya. Tanaman ini mengandung dua hormon, auksin dan giberelin yang memiliki sifat menyembuhkan luka dan antiinflamasi. Kedua hormon ini mempercepat penyembuhan dengan menstimulasi replika sel, membantu kulit yang terluka atau pecah-pecah lebih cepat sembuh. 
  • Anti Infeksi. Lidah buaya mampu mengurangi infeksi. Infeksi berkembang sebagai gatal terus menerus hingga membuka luka pada kulit. Kondisi ini bisa memperburuk dermatitis atopik. Sifat anti peradangan dalam gel lidah buaya yang mendinginkan secara alami, disertai kemampuannya menyembuhkan luka lebih cepat, akan mengurangi siklus iritasi gatal dan garukan yang biasa terjadi pada eksim. 

Baca juga: 7 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi gatal pun cukup sederhana. Oleskan gel lidah buaya secara bebas ke seluruh area gatal. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya murni yang dipetik sendiri. Atau kamu bisa menggunakan produk yang terbuat dari lidah buaya 100 persen untuk menghindari masuknya alergen atau bahan lain yang bisa mengiritasi kulit. 

Gel lidah buaya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengering. Biarkan kulit menyerap sepenuhnya sebelum kamu mengenakan pakaian di atas area yang diolesi. 

Kamu bisa mengoleskan kembali gel lidah buaya setiap beberapa jam untuk melihat apakah gejala gatal mereda. Namun biasanya dua kali sehari sudah cukup untuk merasakan hasilnya. 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika lidah buaya tidak mampu meredakan gatal yang kamu alami, maka segera kunjungi dokter jika kamu memiliki gejala berikut:

  • Gatal dan ruam muncul tiba-tiba dan menyebar dengan cepat.
  • Gatal dan ruam di hampir seluruh tubuh.
  • Terdapat gatal dan ruam yang berisi nanah kuning atau tampak terinfeksi. 
  • Kulit gatal disertai lepuh di atasnya.
  • Gatal disertai demam.

Baca juga: Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Lidah buaya bisa mengobati beberapa jenis gatal dan ruam. Itulah sebabnya, lidah buaya sering digunakan sebagai obat rumahan. Selain itu, lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Perlu diketahui, lidah buaya bukan pengganti obat yang diresepkan untuk mengobati kondisi kulit. 

Meskipun tidak perlu ragu untuk mencoba lidah buaya untuk mengatasi gatal, namun tidak perlu diteruskan jika kondisi gatal kian memburuk. Bagaimanapun obat perawatan kulit yang diresepkan dokter bekerja lebih baik dibandingkan lidah buaya. Jika gatal yang dialami tidak membaik, kamu bisa membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Is Aloe Vera an Effective Treatment for Rashes?
Everyday Health. Diakses pada 2021. Aloe Vera 101: What It’s Good for, Its Proposed Benefits, and Its Possible Side Effects