• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Januari 2022

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan ternyata meliputi kesehatan rambut dan kulit kepala. Penggunaan bahan alami ini secara rutin bisa membantu mengatasi beragam masalah rambut, seperti produksi minyak berlebih, rambut rontok, serta gatal pada kulit kepala.

Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

Halodoc, Jakarta – Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Tidak hanya bagi tubuh, tanaman yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ada sejumlah permasalahan pada rambut dan kulit kepala yang bisa ditangani dengan memanfaatkan lidah buaya. Hal itu berkat kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman ini. 

Lidah buaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, yaitu vitamin A, B12, C, dan E. Kamu bisa mendapatkan khasiat dari tanaman ini dengan menjadikannya masker rambut. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit kepala? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini!

Beragam Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Namun faktanya, tanaman yang juga disebut aloe vera ini menyimpan khasiat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Ada beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut, antara lain:

  1. Mengatasi Gatal 
mengatasi gatal

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada kulit kepala. Selain mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, penting juga untuk mencari tahu cara meredakan gatal. Mengoleskan lidah buaya pada kulit kepala bisa menjadi salah satu caranya.  

  1. Mengontrol Minyak 
mengontrol minyak

Salah satu permasalahan pada rambut adalah mudah terlihat lepek dan tidak sehat. Kondisi tersebut bisa muncul akibat produksi minyak yang berlebihan dan penggunaan gel atau bagian daging dari tanaman lidah buaya secara rutin bisa mengontrol hal tersebut. 

  1. Mengatasi Rontok dan Rambut Bercabang 
mengatasi rontok

Rambut rontok dan bercabang juga bisa ditangani dengan lidah buaya. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang mahal dan sulit. Kamu hanya perlu mencuci bersih lidah buaya, kemudian ambil bagian gel atau dagingnya untuk dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Kandungan dalam tanaman ini bisa menguatkan akar rambut, sehingga mengurangi rontok. 

  1. Rambut yang Lebih Sehat 
rambut lebih sehat

Manfaat lidah buaya pada rambut akan terlihat jika perawatan dilakukan secara rutin dan konsisten. Setelah beberapa saat, penggunaan tanaman ini bisa membuat rambut terlihat lebih sehat, indah, dan kuat. Pastikan juga untuk melengkapinya dengan menggunakan produk yang sesuai dengan rambut dan menghindari hal-hal yang bisa memicu kerusakan. 

Mengalami gejala penyakit dan perlu segera pergi ke rumah sakit? Pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkannya. Kamu bisa mencari daftar rumah sakit terdekat untuk dikunjungi dan membuat janji temu dengan dokter. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Aloe Vera for Your Hair: What Are the Benefits?
WebMD. Diakses pada 2022. Benefits of Aloe Vera for Your Hair.