• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Teh Sereh yang Perlu Diketahui

Inilah Manfaat Teh Sereh yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Manfaat Teh Sereh yang Perlu Diketahui

“Teh sereh memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Hal itu berkat kandungan beragam nutrisi dalam tanaman ini, seperti vitamin B, magnesium, hingga kalium. Rutin mengonsumsi minuman ini disebut bisa menjaga tekanan darah tetap stabil, melawan radikal bebas, hingga meringankan gejala PMS.

Halodoc, Jakarta – Teh sereh yang dikonsumsi secara rutin disebut bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Sereh sering digunakan sebagai bahan masakan dan untuk menambah kelezatan. Namun, rebusan air sereh bisa dijadikan teh untuk dikonsumsi setiap hari. 

Sederet manfaat dari teh sereh didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin B, magnesium, zat besi, dan kalium. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi rempah-rempah yang satu ini? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Baca juga: Benarkah Sereh Ampuh Turunkan Kolesterol?

Manfaat Rutin Mengonsumsi Teh Sereh 

Sereh dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan dan memberi manfaat untuk tubuh. Dengan semua kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, berikut ini beberapa manfaat rutin mengonsumsi teh sereh: 

  1. Melawan Radikal Bebas 

Sereh disebut memiliki kandungan antioksidan. Karena itu, rutin mengonsumsi teh sereh disebut bisa membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

  1. Tekanan Darah Terkontrol 

Memiliki riwayat tekanan darah tinggi? Cobalah untuk mengonsumsi sereh. Pasalnya, sereh disebut bisa membantu mengontrol tekanan darah, berkat kandungan kalium di dalamnya. 

  1. Gigi dan Mulut Lebih Sehat 

Manfaat lain dari mengonsumsi minuman sereh adalah kesehatan gigi dan mulut yang lebih terjaga. Teh sereh disebut bisa membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Katanya, zat antimikroba dalam sereh bisa melawan serangan bakteri berbahaya seperti Streptococcus mutans yang menjadi penyebab kerusakan gigi.

Baca juga: Inilah Obat Radang Gusi Alami yang Ada di Rumah

  1. Meringankan PMS 

Teh sereh bisa dikonsumsi menjelang periode menstruasi, sebab salah satu manfaatnya adalah untuk meringankan gejala premenstruation syndrome (PMS). Kondisi ini sering memicu gejala berupa kram dan kembung pada perut. 

  1. Menurunkan Berat Badan 

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi sereh disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, sebaiknya hindari mengonsumsi sereh secara berlebihan karena bisa memicu efek samping. 

Tips Aman Mengonsumsi Minuman Sereh 

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus dalam mengonsumsi teh sereh. Namun, penting untuk selalu memperhatikan faktor keamanan, terutama bagi kondisi kesehatan tubuh. Hindari berlebihan dalam mengonsumsi minuman sereh, sebab segala sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah baik. Selain itu, dikhawatirkan akan muncul efek samping yang berbahaya. 

Biar aman, disarankan untuk mengonsumsi satu cangkir teh sereh setiap hari. Atau jika ragu, kamu bisa menanyakan hal ini pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tanyakan seputar khasiat sereh dan takaran aman mengonsumsinya melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menanyakan masalah kesehatan lain pada ahlinya. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Jika teh sereh dikonsumsi secara berlebihan, dikhawatirkan bisa memicu efek samping berupa mulut kering, pusing, mudah lelah, serta sering merasa lapar. Maka dari itu, tetap harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi sereh. Pada kondisi kesehatan tertentu, misalnya saat hamil atau menyusui, teh sereh mungkin sebaiknya tidak dikonsumsi terlebih dahulu. Namun biar lebih aman, pastikan selalu bicara terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Reasons to Drink Lemongrass Tea.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the health benefits of lemongrass tea?
Better Health Channel. Diakses pada 2021. Lemongrass.