• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Obat Alami untuk Atasi Sariawan pada Anak

Inilah Obat Alami untuk Atasi Sariawan pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Obat Alami untuk Atasi Sariawan pada Anak

“Kebanyakan sariawan pada anak bisa diatasi sendiri di rumah tanpa perlu penanganan medis. Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa menjadi obat untuk membantu mengatasi sariawan Si Kecil. Namun, sebelum menggunakan obat atau bahan alami apapun pada anak, ada baiknya bertanya dahulu ke dokter.”

Halodoc, Jakarta – Sariawan adalah masalah kesehatan umum yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan bayi sekalipun. Berbeda dengan orang dewasa, bayi dan anak-anak mungkin tidak bisa menahan dengan baik rasa nyeri yang disebabkan oleh sariawan. Akibatnya, anak-anak akan merasa sangat tidak nyaman, bahkan mungkin kesulitan untuk makan.

Namun, ibu tidak perlu khawatir. Sariawan pada anak biasanya bisa diobati dengan obat antijamur yang diresepkan oleh dokter. Bila sariawan pada anak tidak parah dan Si Kecil masih bisa menahannya, alih-alih menggunakan obat-obatan, ibu bisa mengobatinya dengan cara-cara yang alami. Ketahui obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan pada anak di sini.

Baca juga: Bukan Cuma Infeksi Virus, Ini 3 Penyebab Sariawan pada Bayi

Obat Alami untuk Sariawan Anak

Sariawan disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida albicans yang berlebihan. Sebenarnya setiap orang sudah memiliki jamur Candida albicans di mulut dan saluran pencernaan mereka. Namun, bila jamur tersebut bertumbuh terlalu banyak, hal itu bisa menyebabkan sariawan.

Bayi dan anak-anak rentan mengalami sariawan karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah yang membuat mereka lebih rentan mengalami pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Pada banyak kasus, sariawan pada anak dan bayi tidak memerlukan pengobatan medis, melainkan bisa diatasi sendiri dengan bahan-bahan alami di rumah. Namun, sebelum menggunakan obat apa pun pada anak, ada baiknya ibu membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter.

Pasalnya, anak-anak lebih sensitif daripada orang dewasa. Mereka bisa menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap obat-obatan yang biasa digunakan oleh orang dewasa.

Berikut pilihan obat alami yang bisa ibu coba gunakan untuk membantu mengatasi sariawan pada anak:

  1. Air Garam

Garam tidak hanya berfungsi sebagai antiseptik, tapi juga bisa meredakan gejala sariawan. Ibu bisa melarutkan satu setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu paparkan dengan lembut larutan asin ini menggunakan kapas pada sariawan anak. Atau bila Si Kecil sudah cukup besar, mintalah ia untuk berkumur dengan air garam.

  1. Baking Soda

Baking soda (natrium bikarbonat) juga bisa mengatasi gejala sariawan. Cara menggunakannya, ibu bisa melarutkan setengah sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat, lalu paparkan ke sariawan anak dengan kapas. 

Cara untuk mengobati sariawan pada bayi, ibu bisa mengoleskan pasta baking soda pada puting sebelum menyusui. Pada anak yang lebih besar, mintalah ia untuk berkumur dengan larutan baking soda untuk mengobati sariawan.

Namun, ada baiknya sebelum menggunakan cara alami ini, ibu bertanya kepada dokter mengenai keamanan dan efektivitasnya, ya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Es Batu Dapat Menjadi Obat Sariawan Anak?

  1. Minyak Kelapa

Berkat kandungan asam kaprilat di dalamnya, minyak kelapa membantu mengatasi sariawan pada anak dan bayi. Paparkan minyak kelapa ke lesi putih dalam mulut anak dengan kapas. Namun, ibu harus memastikan anak tidak memiliki alergi kelapa sebelumnya.

  1. Yoghurt

Yoghurt kaya ‘bakteri sehat’ yang disebut probiotik, yang bisa menciptakan keseimbangan jamur di mulut bayi. Hal ini secara efektif bisa menghentikan penyebaran sariawan. Pastikan ibu memberi anak makan yogurt tanpa perasa dan tanpa pemanis.

Sebab, jamur Candida albicans menyukai gula. Bila anak masih terlalu kecil untuk makan yogurt, coba oleskan ke area yang terkena dengan kapas. Ibu juga bisa mencari probiotik yang aman untuk bayi.

Baca juga: Sariawan pada Bayi, Kapan Harus ke Dokter?

Itulah pilihan obat alami untuk mengatasi sariawan pada anak. Ibu juga bisa beli obat sariawan yang diresepkan dokter untuk Si Kecil dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk membantu ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk keluarga.

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2021. How Can I Treat My Baby’s Thrush at Home?.
Parents. Diakses pada 2021. Home Remedies for Thrush in Babies.
Healthline. Diakses pada 2021. Oral Thrush: 10 Home Remedies to Manage Your Symptoms