• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Obat Non Resep untuk Mengatasi Flu Perut

Inilah Obat Non Resep untuk Mengatasi Flu Perut

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Obat Non Resep untuk Mengatasi Flu Perut

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu jika peradangan juga dapat terjadi pada sistem pencernaan, terutama usus? Gangguan ini disebut juga dengan flu perut dengan istilah medisnya gastroenteritis, tetapi lebih sering dikenal masyarakat dengan muntaber. Seseorang yang mengalami penyakit ini perlu segera mendapatkan penanganan. Kamu dapat mengonsumsi obat non resep yang telah terbukti ampuh mengatasi flu perut. Ketahui jawabannya di sini!

Cara Mengatasi Flu Perut dengan Konsumsi Obat Non-Resep

Flu perut adalah gangguan yang menimbulkan peradangan pada lambung dan usus disebabkan oleh infeksi virus. Saat terjadi, pengidapnya dapat mengalami diare, mual, muntah, sakit perut, hingga kram perut. Ada beberapa virus berbeda yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini, tetapi yang paling umum adalah Norovirus. Meski bernama flu, virus Influenza tidak dapat membantu untuk mencegah penyakit ini saat menyerang.

Baca juga: Hati-Hati Virus Penyebab Flu Perut Ini

Memang sebagian besar kasus dari flu perut sembuh setelah beberapa hari tanpa masalah yang serius. Namun, jika tidak segera mendapatkan penanganan, gastroenteritis virus ini dapat menimbulkan infeksi serius bahkan mengancam jiwa pada anak-anak, manula, serta seseorang yang memiliki masalah terhadap sistem kekebalan.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu perut, terutama obat non-resep jika kamu merasa butuh obat, tetapi tidak ingin ke dokter. Berikut ini beberapa obat non-resep yang dapat dimanfaatkan:

1. Obat Anti-Diare

Salah satu obat non-resep yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi flu perut adalah obat anti-diare dengan kandungan Pedialyte dan bismut subsalisilat. Obat-obatan ini berguna untuk pencegahan dan pengobatan dehidrasi ringan hingga sedang yang disebabkan oleh diare & muntah. Untuk obat dengan kandungan bismut hidroklorida, pastikan tidak diberikan pada anak-anak dan remaja karena dapat menimbulkan sindrom Reye.

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari oleh Pengidap Flu Perut

2. Obat Pereda Sakit

Untuk meredakan nyeri dan demam, obat pereda nyeri, seperti acetaminophen, yang dipercaya dapat membantu untuk mengatasinya. Jika kamu mengonsumsi Acetaminophen, ada baiknya untuk berhati-hati apabila mempunyai kebiasaan mengonsumsi alkohol setiap hari. Pastikan untuk selalu membaca label obat untuk menghindari dampak yang buruk, jika perlu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Jika kamu membutuhkan obat tapi tidak dapat ke luar rumah, pembelian melalui aplikasi Halodoc bisa dilakukan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, obat dapat langsung diantarkan ke rumah dengan pembelian di apotek atau toko obat terdekat. Maka dari itu, pastikan aplikasi Halodoc ada di smartphone kamu agar terbantu dalam keadaan genting.

3. Obat Anti-Emetik

Obat jenis ini dapat membantu untuk menghentikan muntah yang terus terjadi. Jenis obat dengan kandungan dimenhidrinat adalah antihistamin yang ampuh untuk mengatasi mabuk perjalanan, tetapi juga dapat menanggulangi mual akibat masalah lainnya. Efek sampingnya, yaitu menimbulkan rasa kantuk sehingga mengganggu aktivitas. Lalu, kandungan meclizine juga termasuk obat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Jika kamu akan mengemudi, ada baiknya tidak mengonsumsi obat ini.

Baca juga: Ini Kaitan Flu Perut dengan Diare

Itulah beberapa obat non-resep yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi flu perut yang mengganggu aktivitas harian. Jika kamu mengalami gangguan ini, ada baiknya untuk segera mengonsumsi obat agar tubuh kembali normal. Jangan biarkan terjadi terlalu lama untuk menghindari komplikasi yang dapat menimbulkan bahaya bahkan kehilangan nyawa.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2021. How the Stomach Flu Is Treated.
Single Care. Diakses pada 2021. Stomach Flu Treatments and Medications.