• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Obat Non Resep untuk Mengatasi Tukak Lambung

Inilah Obat Non Resep untuk Mengatasi Tukak Lambung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Obat Non Resep untuk Mengatasi Tukak Lambung

“Tukak lambung adalah luka pada dinding lambung yang muncul akibat terkikisnya dinding lambung. Untuk mengatasinya, kamu bisa membeli obat non resep di apotik terdekat. Ini jenis obat yang disarankan untuk dikonsumsi.”

Halodoc, Jakarta – Luka, alias tukak bisa muncul di organ tubuh mana saja, tidak terkecuali lambung. Kondisi ini terjadi saat dinding lambung tidak dapat berfungsi secara normal. Normalnya, dinding lambung dilapisi lendir tebal yang berfungsi melindungi jaringan dinding dari asam lambung.

Jika lapisan ini rusak dan menimbulkan luka, nah kondisi tersebut yang dikenal dengan istilah tukak lambung. Gangguan kesehatan yang satu ini bisa diatasi dengan obat non resep. Ini berbagai jenis obat tersebut, beserta ramuan herbal yang dapat mengatasi tukak lambung.

Baca juga: Ciri Tukak Lambung yang Membedakannya dengan Maag

Obat Non Resep untuk Mengatasi Tukak Lambung

Obat yang dikonsumsi untuk mengatasi tukak lambung mampu mengatasi gejala, seperti mulas dan sakit pada lambung. Obat jenis ini dapat dibeli bebas di apotik tanpa resep dokter. Salah satu obat yang direkomendasikan adalah antasida. Antasida merupakan obat yang mampu menetralisir asam lambung.

Beberapa obat antasida memiliki kandungan simetikon, yaitu bahan yang dapat membantu menyingkirkan gas berlebih dalam lambung. Obat ini tidak boleh dikonsumsi jangka panjang karena dapat menimbulkan sejumlah efek samping berupa:

  • Sembelit;
  • Diare;
  • Kram perut;
  • Masalah pada ginjal.

Baca juga: Benarkah Kunyit dapat Atasi Masalah Tukak Lambung?

Obat Alami untuk Mengatasi Tukak Lambung

Selain menggunakan obat non resep, mengatasi tukak lambung dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah lambung:

1. Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya dapat membantu meredakan gejala tukak lambung. Kurkumin dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi dinding lambung terhadap iritasi cairan asam. Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apa saja efek samping yang muncul setelah dikonsumsi.

2. Bawang Putih

Bahan alami untuk mengatasi tukak lambung selanjutnya adalah bawang putih. Bahan alami ini bersifat antimikroba dan antibakteri. Hasil dari penelitian yang dilakukan, konsumsi bawang putih mentah dapat membantu mempercepat penyembuhan infeksi bakteri H. pylori pada sistem pencernaan. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Lidah Buaya

Di samping sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut, lidah buaya juga dapat membantu meredakan gejala tukak lambung, lho. Caranya dengan menurunkan produksi dan menetralkan asam pada lambung. Sama seperti penjelasan dua poin sebelumnya, penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait efektivitas lidah buaya pada penyakit tukak lambung.

4. Madu

Madu yang dikenal sebagai pemanis alami memiliki kandungan antioksidan. Salah satu manfaatnya adalah mencegah terbentuknya tukak atau ulkus, serta mempercepat proses pemulihan penyakit. Madu juga bersifat antibakteri, yang diyakini mampu membunuh bakteri H. pylori, yang menjadi pemicu tukak lambung.

Baca juga: Nyeri Lambung Tandai Munculnya Ulkus

Itulah tips mengatasi tukak lambung dengan obat non resep dan tanaman herbal. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya. Bagi kamu pengidap alergi obat dan bahan makanan tertentu, sebaiknya urungkan niat untuk mengonsumsi tanpa resep dari dokter.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2021. Over-the-Counter (OTC) Therapies.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Ten ways to relieve stomach ulcers at home.