• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Obat untuk Mengatasi Eksim yang Kambuh

Inilah Obat untuk Mengatasi Eksim yang Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Obat untuk Mengatasi Eksim yang Kambuh

“Eksim adalah masalah kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal dan terbilang mudah untuk kambuh. Jika tidak segera diatasi, masalah yang lebih besar mungkin saja terjadi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa penanganan yang tepat, salah satunya adalah dengan penerapan krim kortikosteroid.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu mengalami gatal pada kulit yang tidak tertahankan dan akhirnya menyebabkan lecet dan kulit pecah-pecah? Mungkin saja kamu mengidap eksim. Hal yang perlu diketahui, eksim bukannya sebuah penyakit kulit yang dapat menular. Namun, seseorang yang mengidap masalah ini dapat kambuh secara tiba-tiba. Maka dari itu, perlu tahu obat untuk eksim yang efektif untuk digunakan.

Beberapa Obat untuk Eksim yang Ampuh untuk Digunakan saat Kambuh

Eksim, atau dermatitis atopik, adalah kondisi yang dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan gatal. Masalah ini umumnya terjadi pada anak-anak, meski dapat terjadi pada semua orang di usia berapa pun. Dermatitis atopik dapat terjadi secara kronis atau berlangsung dalam waktu yang lama dan cenderung bisa kambuh sewaktu-waktu. Saat kambuh, bisa saja anak mengidapnya bersamaan dengan asma atau demam.

Baca juga: Inilah Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Eksim

Tidak ada obat yang dapat digunakan untuk mengatasi eksim. Namun, perawatan dan tindakan pencegahan dapat meredakan rasa gatal dan menghindari timbulnya kekambuhan. Biasanya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari segala peralatan mandi atau kosmetik yang digunakan pada kulit.

Penyakit dermatitis atopik sendiri dapat menjadi gangguan yang persisten. Ibu mungkin perlu mencari tahu berbagai perawatan selama hitungan bulan atau tahun untuk mengendalikannya. Bahkan, jika pengobatan yang dilakukan terbilang berhasil, gejalanya mungkin saja kembali. 

Maka dari itu, ibu perlu tahu beberapa cara yang efektif sebagai obat untuk atasi eksim saat kambuh, antara lain:

1. Krim atau salep kortikosteroid

Cara pertama yang dapat dilakukan sebagai obat untuk mengatasi eksim saat kambuh adalah krim atau salep kortikosteroid. Obat ini dapat mengontrol rasa gatal dan membantu untuk memperbaiki kulit. Meski begitu, obat ini sebaiknya dengan resep dari dokter disertai dengan petunjuk untuk menggunakannya.

Obat ini bekerja sebagai antiinflamasi yang dapat meredakan gejala dari eksim selain gatal, yaitu peradangan. Penerapannya dapat dilakukan langsung ke kulit. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah obat ini dapat menimbulkan beberapa efek samping, terlebih lagi pada anak-anak. Maka dari itu, ada baiknya penggunaannya sesuai dengan resep dokter.

Baca juga: Pengobatan yang Efektif Meredakan Gejala Eksim Atopik

2. Kortikosteroid Sistemik

Jika obat untuk eksim menggunakan kortikosteroid topikal tidak efektif, dokter mungkin akan meresepkan kortikosteroid sistemik. Jenis obat ini tersedia dengan varian suntikan atau tablet oral. Namun, seseorang hanya boleh menggunakannya dalam waktu singkat. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah gejalanya dapat memburuk setelah menghentikan obat ini jika belum minum obat lainnya.

Jika ibu ingin mendapatkan pengobatan ini, prosesnya dapat dilakukan di beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Pemesanan dapat dilakukan dengan download aplikasi Halodoc, setelah itu bisa menentukan sendiri tempat dan waktu yang paling tepat. Unduh aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan ini!

3. Terapi Cahaya

Terapi cahaya juga salah satu obat untuk eksim yang dipercaya sangat efektif. Metode ini digunakan untuk seseorang yang tidak membaik setelah diberikan pengobatan topikal atau cepat kambuh setelah perawatan. Terapi ini menggunakan fototerapi guna mengekspos kulit ke sinar matahari alami dalam jumlah yang terkontrol.

Memang cara ini terbilang efektif, tetapi terapi cahaya yang dilakukan dalam jangka panjang memiliki efek berbahaya. Salah satunya adalah penuaan kulit dini dan peningkatan risiko kanker kulit. Maka dari itu, metode ini jarang digunakan pada anak kecil dan tidak dapat dilakukan pada bayi.

Baca juga: Jenis-Jenis Salep Eksim untuk Atasi Gangguan Kulit

Nah, itulah beberapa jenis obat untuk eksim yang perlu diketahui serta efek samping yang dapat timbul. Jika ibu atau anak ibu mengidap penyakit kulit ini, ada baiknya untuk memeriksakan kondisi kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan pengobatan yang dipilih. Dengan begitu, efek samping yang mungkin terjadi dapat dihindari.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Atopic dermatitis (eczema).
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to know about eczema.