• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Pentingnya Mengajak Anak Membaca Sejak Dini

Inilah Pentingnya Mengajak Anak Membaca Sejak Dini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Pentingnya Mengajak Anak Membaca Sejak Dini

Halodoc, Jakarta – Artis tanah air, Sandra Dewi, mengaku bahwa ia selalu membacakan buku kepada kedua anaknya, Raphael dan Mikhael. Selama masa pandemi berlangsung, Sandra Dewi mengatakan membaca buku adalah kegiatan harian yang memang dilakukan kedua anaknya selama berada di rumah. 

Baca juga: Membaca Buku Malam Hari Baik untuk Otak

Banyak manfaat yang dirasakan oleh Sandra Dewi dengan mengajak anak membaca sejak dini. Salah satunya meningkatkan bonding dengan anak. Dengan begitu, ia akan memiliki waktu yang berkualitas bersama anak-anaknya. Nah, ingin tahu pentingnya mengajak anak membaca sejak dini seperti yang diterapkan oleh Sandra Dewi? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Inilah Manfaat Membaca Sejak Dini

Tahukah ibu, meskipun masih berusia bayi dan anak-anak, nyatanya mereka mampu menyerap yang dipelajari dari lingkungan di sekitarnya. Bahkan, sewaktu ibu membacakan cerita atau memperlihatkan sebuah gambar yang menarik, anak dapat menyerap kata-kata maupun gambar yang dilihat.

Banyak manfaat yang bisa ibu rasakan ketika mengajak anak membaca sejak dini. Tidak ada salahnya cari tahu manfaat membaca sejak dini, di sini!

1.Menambah Kualitas Hubungan Orangtua dan Anak

Melansir sebuah jurnal Reading Aloud to Children: The Evidence, mengajak anak membaca sejak dini dapat meningkatkan bonding atau kualitas hubungan orangtua dan anak. Kegiatan ini akan membuat ibu dan anak terus terkoneksi dengan baik dalam menghabiskan waktu di rumah. Tidak hanya ibu, ayah juga bisa bergantian membacakan buku untuk anak.

2.Meningkatkan Kemampuan Anak untuk Mendengarkan

Saat membacakan buku, sebaiknya lakukan secara tegas dengan artikulasi yang baik. Saat anak mengerti jalan cerita yang ibu baca, artinya anak mampu mendengarkan cerita dengan baik. Jangan dianggap sepele, hal ini menunjukkan keterampilan mendengarkan anak berjalan optimal.

Keterampilan mendengarkan adalah salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh anak sebelum ia mampu membaca. Untuk meningkatkan keterampilan ini, ibu bisa membeli buku bacaan anak yang memiliki fitur suara atau musik.

Baca juga: Baca Buku Bisa Meredam Stres, Ini Penjelasannya

3.Meningkatkan Kreativitas Anak

Buku bacaan bergambar akan menjadi suatu hal yang baru bagi anak-anak. Hal ini akan membuat kreativitas anak semakin meningkat saat membaca buku. Saat membaca, tentunya anak akan membayangkan tokoh yang ia lihat dalam buku. Untuk itu, pilihlah jenis buku bacaan yang sesuai dengan usia anak. Semakin tepat buku yang dibaca anak, maka anak akan semakin menyukai kegiatan membaca buku.

4.Menambah Kosakata pada Anak

Mengenalkan kegiatan membaca buku sejak dini pada anak tentunya dapat membantu anak untuk mengenal kosakata baru. Mereka dapat menyerap informasi mengenai cara penggunaan kata dan menyusun kata dengan tepat. Dengan begitu, kemampuan berbahasa mereka akan jauh lebih baik.

5.Meningkatkan Daya Ingat

Membaca buku dapat menjadi salah satu rangsangan bagi otak agar dapat bekerja lebih baik. Jadi, jangan ragu mengajak anak membaca sejak dini karena dapat meningkatkan daya ingat anak.

Itulah beberapa manfaat membaca buku sejak dini. Pilihlah buku yang sesuai dengan usia anak. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk belajar dan memahami cerita yang terdapat dalam buku. Ibu juga bisa memilih tokoh favorit anak sebagai buku bacaan. 

Baca juga: Tips Untuk Membiasakan Anak Rajin Membaca

Lakukan kegiatan membaca dengan menyenangkan. Gunakan gaya bercerita yang menarik. Serta jangan memaksa anak untuk membaca saat anak terlihat kurang nyaman atau sakit. Ibu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan anak. Saat anak sudah kembali sehat dan ceria, ibu bisa kembali mengajak anak untuk membaca buku.

Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. Reading to Children: Why It’s So Important and How to Start.
ResearchGate. Diakses pada 2020. Reading Aloud to Children: To Evidence.
Cam Everlands Primary School. Diakses pada 2020. 10 Benefits of Reading.
Bustle. Diakses pada 2020. How Reading Improves Your Memory.