• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Orang Dewasa

Inilah Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Orang Dewasa

“Terdapat beberapa penyakit kulit yang lebih rentan menyerang orang dewasa. Penyakit-penyakit ini bisa berkisar ringan hingga berat. Pada kasus yang ringan, masalah kulit mungkin bisa diatasi dengan perawatan sederhana atau tidak perlu sama sekali. Maka dari itu, seseorang perlu mengetahui penyakit kulit apa saja yang rentan menyerang orang dewasa supaya bisa memilih perawatan yang tepat.”

Halodoc, Jakarta – Kulit adalah bagian terluar tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan pertama dari serangan virus dan bakteri. Alhasil, bagian tubuh yang cukup penting ini rentan mengalami masalah. Ada berbagai penyakit kulit yang berkisar ringan hingga berat dan bisa bersifat sementara maupun permanen.

Kendati demikian, ada beberapa penyakit kulit yang lebih umum dialami oleh orang dewasa. Supaya kamu lebih waspada, sebaiknya ketahui berbagai penyakit kulit yang rentan menyerang orang dewasa agar kamu bisa mencegahnya. 

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Masalah Kulit yang Rentan Menyerang Orang Dewasa

Berikut berbagai penyakit kulit yang rentan dialami oleh orang dewasa:

1. Gatal-Gatal

Gatal-gatal merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi, gigitan serangga, paparan bahan kimia dan penyakit kulit tertentu. Gejalanya pun berbeda-beda tergantung penyebabnya. 

2. Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami oleh remaja hingga orang dewasa. Masalah kulit yang satu ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri akibat terperangkapnya kotoran di pori-pori kulit. Jerawat bisa muncul di mana saja, tetapi lebih sering muncul pada wajah, leher, bahu, dada, dan punggung atas.

3. Herpes Simpleks

Herpes simpleks sebenarnya termasuk penyakit menular seksual yang sering kali memengaruhi kulit. Gejalanya bisa berupa lepuh merah berisi cairan yang terasa nyeri. Biasanya, herpes simpleks muncul di sekitar mulut dan bibir. Area yang terkena ini pun sering kali menimbulkan sensasi terbakar. 

4. Bisul

Bisul terjadi ketika bakteri Staphylococcus aureus menginfeksi folikel rambut. Akibatnya, kulit mengalami iritasi dan timbul benjolan merah yang disertai nyeri. Benjolan ini bisa menjadi keras atau mengeluarkan cairan. Tak hanya itu, sering kali menyebabkan demam, nyeri tubuh, dan kelelahan.

5. Eksim

Eksim termasuk penyakit kulit yang kerap dialami orang dewasa. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh reaksi alergi pada kulit yang ditandai dengan timbulnya warna kemerahan dan rasa gatal. Terkadang eksim juga menyebabkan kulit tampak bersisik dan mengelupas.

Baca juga: 4 Penyakit Langka yang Menyerang Kulit

6. Psoriasis

Jika kamu melihat gejala kulit bersisik, keperakan, dan berbatas tegas bisa jadi itu adalah tanda psoriasis. Psoriasis biasanya muncul di area kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bawah. Terkadang psoriasis tidak menimbulkan sensasi tertentu, tetapi umumnya kondisi ini menimbulkan gatal-gatal. 

7. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak dapat muncul berjam-jam hingga berhari-hari setelah kontak dengan alergen. Kondisi ini ditandai dengan munculnya ruam yang berbatas tegas dan timbul. Gejala lainnya bisa meliputi kulit gatal, merah, dan berisik. 

8. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik ditandai dengan munculnya bercak bersisik kuning atau putih yang mengelupas. Area yang terkena mungkin terlihat  merah, gatal dan berminyak. Rambut rontok dapat terjadi di area munculnya ruam.

9. Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris ditandai dengan bercak yang paling sering terlihat pada lengan dan kaki, tetapi mungkin juga terjadi pada wajah, bokong, dan badan. Bercak-bercak ini tampak bergelombang, agak merah, dan terasa kasar Gejala mungkin bertambah buruk saat cuaca terasa kering.

10. Kurap

Ciri khas kurap adalah munculnya ruam bersisik yang berbentuk lingkaran yang timbul di setiap sisinya. Kulit di tengah lingkaran biasanya tampak bersih dan sehat. Namun, tepi lingkaran bisa menyebar dan bertambah lebar. Gejala yang ditimbulkan adalah gatal luar biasa. 

Baca juga: 3 Penyakit Kulit Ini Bisa Muncul Tanpa Disadari

Kalau kamu mengalami salah satu kondisi di atas, jangan tunda untuk memeriksakan diri supaya mendapat perawatan yang tepat dari dokter. Sebelum ke rumah sakit, buat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. All About Common Skin Disorders.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Common skin diseases and conditions.