Inilah Perawatan Rumahan untuk Atasi Granuloma Annulare

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Inilah Perawatan Rumahan untuk Atasi Granuloma Annulare

Halodoc, Jakarta – Kulit yang sehat dapat membuat kamu merasa nyaman. Jika terjadi gangguan kesehatan, seperti bengkak kemerahan, ternyata dapat menjadi tanda penyakit tertentu. Bengkak kemerahan pada kulit yang disertai rasa gatal bisa menjadi tanda gangguan kesehatan pada kulit, salah satunya adalah granuloma annulare. Kondisi ini adalah salah satu gangguan kulit yang cukup kronis dan bisa ditangani dengan perawatan ala rumahan.

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Granuloma Annulare

Jangan Anggap Sepele Granuloma Annulare

Granuloma annulare adalah penyakit kulit yang dapat terjadi pada siapa saja dan usia berapa saja. Seseorang yang mengalami kondisi ini dapat mengalami beberapa gejala, namun yang paling khas dari gejala granuloma annulare adalah munculnya bintik merah yang membentuk cincin pada salah satu bagian kulit tubuh.

Tidak hanya itu, ketahui gejala lain yang disebabkan oleh granuloma annulare agar dapat melakukan pengobatan untuk segera mengatasi masalah gangguan kulit yang terjadi.

Bintik merah biasanya lebih sering muncul pada bagian kaki, tangan, lengan, dan persendian. Bintik merah bisa mengalami pembengkakan hingga akhirnya menjadi benjolan. Benjolan yang menjadi tanda granuloma annulare umumnya berbentuk cekung dan dapat menyebabkan rasa gatal yang cukup mengganggu. 

Tidak ada salahnya untuk segera periksakan kondisi kesehatan kulit kamu pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami.

Penyebab granuloma annulare belum diketahui pasti, namun faktor yang diduga menyebabkan seseorang alami kondisi granuloma annulare, seperti riwayat penyakit diabetes dan penyakit tiroid.

Baca juga: Bisakah Granuloma Annulare Disembuhkan?

Selain itu, seseorang dengan kondisi kelebihan berat badan berisiko mengalami kondisi granuloma annulare. Paparan sinar matahari yang berlebihan dan gigitan serangga juga dapat menyebabkan seseorang mengalami granuloma annulare.

Penyakit granuloma annulare adalah salah satu penyakit kulit yang dapat disembuhkan. Namun, sebaiknya jangan sepelekan penyakit ini, karena granuloma annulare dapat kembali kambuh kapan saja ketika kamu pernah mengalami gangguan kulit ini.

Ketahui Pengobatan Rumahan untuk Atasi Granuloma Annulare

Meskipun penyakit ini tidak dianggap terlalu parah, namun pengobatan yang tepat membuat gejala penyakit granuloma annulare berkurang dan tidak mengganggu pengidap. Selain itu, kemungkinan penyakit ini muncul lebih kecil ketika pengobatan yang dilakukan tepat.

Sebaiknya ketika granuloma annulare menyebar dan semakin buruk, terapi cahaya ultraviolet bisa digunakan untuk mengurangi gejala yang muncul.

Pengobatan bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan beberapa cara, seperti:

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung pada kulit. Gunakan pakaian yang tertutup atau pelindung tubuh lainnya agar kulitmu tidak langsung terpapar sinar matahari.

  2. Menjaga kebersihan pada area kulit yang mengalami granuloma annulare bisa menjadi cara pengobatan di rumah.

  3. Penyakit diabetes berkaitan dengan penyakit granuloma annulare, tidak ada salahnya untuk hindari faktor pemicu penyakit diabetes seperti konsumsi makanan yang terlalu manis.

Baca juga: Ketahui 4 Gaya Hidup untuk Cegah Granuloma Annulare

Gejala granuloma annulare juga dapat dikurangi dengan pemberian krim steroid atau petroleum jelly yang dioleskan pada permukaan kulit yang mengalami kondisi granuloma annulare. Selain itu, steroid bisa digunakan dalam bentuk obat suntik. 

Referensi:
MayoClinic (2019). Granuloma Annulare
MedlinePlus (2019). Granuloma Annulare