• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Kutil

Inilah Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Kutil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 Inilah Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Kutil

Halodoc, Jakarta – Kutil berasal dari virus papiloma manusia (HPV). Ada lebih dari 100 jenis HPV, dan hanya sejumlah kecil virus yang menyebabkan kutil. Ada banyak teknik berbeda untuk menghilangkan kutil. 

Kutil juga bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apa pun. Namun, itu bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kutil pada anak-anak cenderung lebih mudah menghilang daripada kutil pada orang dewasa. 

Jika kamu memilih untuk membiarkan kutil sembuh dengan sendirinya, cobalah untuk tidak menyentuhnya. Ini dapat menyebarkan virus ke bagian lain dari tubuh atau ke orang lain. Metode pengobatan terbaik untuk menghilangkan kutil tergantung jenis kutil yang dimiliki. 

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Kutil

Berikut ini adalah beberapa perawatan rumahan untuk mengatasi kutil: 

1. Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan pengobatan penghilang kutil topikal yang paling efektif. Ini tersedia tanpa resep dalam beberapa bentuk, termasuk sebagai cairan pekat, gel, atau bantalan perekat. Sebelum menggunakannya, ada baiknya bicarakan dengan dokter tentang jenis dan kekuatan asam salisilat yang harus digunakan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Terciprat Darah Ayam Bisa Jadi Kutil

Informasi selengkapnya mengenai perawatan untuk mengatasi kutil bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Untuk hasil terbaik, rendam kutil dalam air hangat selama 10 sampai 15 menit terlebih dahulu untuk melembutkannya. Kemudian, kikir kulit mati di atasnya menggunakan kikir kuku atau batu apung. 

Pastikan untuk berhenti melakukannya jika kamu merasa tidak nyaman. Selanjutnya, oleskan asam salisilat sesuai petunjuk dokter, atau petunjuk pada kemasannya. Mungkin perlu beberapa minggu sampai kutil terlepas. Hentikan penggunaan asam salisilat jika kulit teriritasi, bengkak, atau nyeri.

Baca juga: Ketahui Cara Mudah Mengobati Kutil

2. Tempelan Lakban

Ini mungkin terdengar tidak biasa, tetapi lakban bisa efektif untuk menghilangkan kutil di tangan dan jari. Cara ini bekerja dengan menghilangkan kutil, lapis demi lapis, selama beberapa minggu. Tempelkan selotip kecil pada kutil dan biarkan selama tiga hingga enam hari. 

Lepaskan selotip dan kikis kutil dengan lembut menggunakan kikir kuku atau batu apung, biarkan terpapar udara selama sekitar dua belas jam. Pasang kembali lakban dan ulangi proses ini hingga kutil benar-benar hilang.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah asam ringan yang dapat membantu membakar kutil dan mematikan virus. Buat campuran dua bagian cuka sari apel dan satu bagian air. Rendam bola kapas ke dalam campuran dan oleskan ke kutil. Rekatkan atau perban di area semalaman. Ulangi setiap malam sampai kutil hilang.

4. Jus Lemon

Jus lemon harus selalu diencerkan sebelum digunakan. Caranya mirip dengan cuka sari apel dengan menghasilkan lebih sedikit efek samping.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Kutil pada Leher

5. Ekstrak Bawang Putih

Bawang putih mengandung khasiat antivirus, berkat senyawa yang dikandungnya yang disebut allium sativum. Tempatkan bawang putih yang sudah dihancurkan langsung di atas kutil, dan tutupi. Oleskan kembali setiap hari, sampai kutil hilang. Kamu juga bisa mengikir kutil dengan batu apung sebelum mengoleskannya dengan bawang putih setiap hari.

Infeksi virus kutil berbeda dari infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Infeksi kutil jauh lebih sulit diprediksi. Virus kutil berada di lapisan atas kulit dan bisa ada di sana selama bertahun-tahun. Kemudian, ia menjadi kutil karena alasan yang tidak dimengerti sepenuhnya. Bahkan ketika kutilnya hilang, virus masih dapat ditemukan di lapisan epidermis. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Ways to Remove a Wart on Your Finger.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. How to get rid of warts.
WebMD. Diakses pada 2020. Understanding Common Warts Treatment