Inilah Plus Minus Olahraga Tanpa Alat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
olahraga tanpa alat, kekurangan olahraga tanpa alat

Halodoc, Jakarta – Selain untuk menjaga berat badan ideal, rutin berolahraga juga dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun terkadang, masalah waktu sering dijadikan alasan untuk tidak pergi ke pusat kebugaran. Sayangnya, tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran alias gym sering dimaknai sebagai tidak berolahraga sama sekali.

Berita baiknya, saat ini sudah mulai dikenal berbagai jenis olahraga yang tidak perlu menggunakan alat bantu. Bahkan, jenis olahraga ini bisa dilakukan di rumah atau dilakukan pada malam hari setelah pulang kerja. Mulai dari lari, senam, yoga, hingga Zumba.

Baca juga: Olahraga Pagi VS Olahraga Malam, Kamu Pilih yang Mana?

Semua orang memiliki hak yang sama untuk menentukan jenis olahraga yang ingin dilakukan. Baik itu pergi ke pusat kebugaran dan berolahraga dengan alat-alat khusus, atau pun memanfaatkan waktu untuk berolahraga tanpa alat. Nyatanya, setiap jenis olahraga sama-sama memiliki manfaat bagi tubuh. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu, olahraga tanpa alat bisa jadi pilihan. Lantas, apa saja sih plus dan minus olahraga tanpa alat?

Olahraga tanpa alat memiliki kelebihan tersendiri, yaitu dapat meningkatkan mobilitas, stabilitas, dan ketahanan otot. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain yang bisa didapat jika kamu memilih untuk melakukan olahraga tanpa alat di rumah. Di antaranya:

 

  • Tidak Banyak Biaya

 

Salah satu kelebihan dari olahraga yang dilakukan di rumah tanpa alat adalah tidak mengeluarkan banyak biaya. Berbeda dengan olahraga yang dilakukan di gym, kamu mungkin harus merogoh kocek yang cukup besar untuk biaya keanggotaan dan iuran lainnya. Sementara, berolahraga di rumah biasanya tidak membutuhkan banyak biaya, bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun.

 

  • Lebih Santai dan Nyaman

 

Selain dari segi biaya, olahraga di rumah juga menawarkan suasana yang lebih santai dan nyaman. Sebagian besar orang mungkin tidak merasa nyaman saat harus berolahraga di tempat yang ramai. Nah, berolahraga di rumah bisa menjadi jawaban untuk masalah tersebut.

 

  • Pilihan Olahraga Lebih Fleksibel

 

Kamu bisa memilih jenis olahraga apapun yang ingin kamu lakukan, misalnya berlari, berenang, berjalan santai di taman, atau senam di kamar dengan bantuan video tutorial. Pastinya, ada banyak jenis olahraga tanpa alat yang bisa kamu pilih secara fleksibel.

Baca juga: Olahraga Tanpa Alat? Coba 4 Gerakan Bodyweight Berikut

Selain itu, olahraga di rumah tanpa bantuan alat khusus membuat kamu bisa menggabungkan beberapa jenis olahraga sekaligus dalam satu sesi. Misalnya, kamu bisa menggabungkan jenis olahraga yang berguna untuk memperkuat jantung dengan olahraga untuk ketahanan otot.

Kekurangan Olahraga Tanpa Alat

Selain kelebihan, ternyata olahraga yang dilakukan tanpa alat juga memiliki kekurangan. Terutama jika kamu memutuskan untuk melakukan olahraga sendiri di rumah. Apa saja kekurangan olahraga tanpa alat?

 

  • Tidak Fokus

 

Salah satu kelemahan dari jenis olahraga yang satu ini adalah kurang fokus pada tujuan dari olahraga. Selain itu, terlalu banyak alasan juga bisa membuat pilihan olahraga yang satu ini menjadi tidak efektif. Maka dari itu, jika kamu memutuskan untuk berolahraga tanpa alat di rumah, hal utama yang harus disiapkan adalah niat dan komitmen untuk melakukan olahraga secara rutin.

 

  • Olahraga Tanpa Pelatih

 

Nyatanya kehadiran seorang pelatih atau seorang profesional cukup membantu membuat olahraga menjadi lebih efektif. Terutama jika kamu memiliki tujuan tertentu seperti penurunan berat badan atau peningkatan massa otot.

Baca juga: Gerakan ala Kayla Itsines, Bikin Tubuh Kencang Tanpa Alat

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!