• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Inilah Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Perlu kamu ketahui bahwa posisi tidur favoritmu belum tentu termasuk posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Beberapa kondisi kesehatan justru bisa saja menjadi lebih parah jika seseorang tidur dalam posisi yang tidak tepat. Secara umum, orang akan tidur dalam posisi tengkurap, miring ke kanan atau kiri, dan telentang.

Jika posisi tidur yang kamu lakukan mengakibatkan rasa tidak nyaman atau sakit di sekujur tubuh saat bangun, kamu disarankan untuk mengganti posisi tidur. Pasalnya, posisi tidur yang salah dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan di kemudian hari. Daripada menebak-nebak posisi tidur yang baik bagi kesehatan tubuh, ini penjelasan selengkapnya terkait hal tersebut!

Baca juga: Ini Posisi Tidur yang Disarankan saat Hamil

1.Posisi Tidur Telentang

Posisi ini dinilai sebagai posisi tidur yang baik bagi sebagian orang, karena kepala, tulang belakang, dan leher berada dalam posisi yang aman. Posisi tidur yang baik ini tidak memberikan tekanan ekstra, serta tidak menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Posisi tidur telentang juga mampu mencegah penyakit asam lambung. Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat tidur telentang, jangan lupa untuk memastikan bantal menyangga kepala dengan baik, ya!

Bukan itu saja, posisi tidur yang baik ini juga mampu mencegah kerutan di wajah, serta membuat wajah menjadi lebih segar saat bagun di pagi hari. Hal tersebut masuk akal, karena tidak ada yang menekan wajah saat tidur dalam posisi telentang. Meski memiliki banyak manfaat, tidur telentang tidak disarankan bagi mereka dengan keluhan mendengkur, dan pengidap sleep apnea, yaitu gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali.

Baca juga: Posisi Tidur Tepat Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

2.Posisi Tidur Miring

Tahukah kamu jika tidur dapat berpengaruh bagi kesehatan otak? Tidur merupakan momen ketika otak berproses secara optimal dalam menghilangkan limbah di dalamnya, ketimbang saat seseorang sedang bangun. Nah, posisi tidur yang baik untuk proses tersebut adalah posisi tidur miring. Bukan hanya mengoptimalkan proses pembuangan limbah dalam otak saja, posisi ini juga mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Posisi tidur miring juga dianggap baik untuk mengurangi mendengkur saat tidur. Posisi ini juga disarankan untuk ibu hamil, seseorang dengan penyakit asam lambung, serta pengidap gangguan sleep apnea. Meski memiliki banyak manfaat, posisi tidur yang satu ini tidak dianjurkan bagi mereka dengan sakit punggung dan sakit leher. Pada wanita, posisi tidur miring akan membuat payudara menjadi mengendur dan memunculkan kerutan pada wajah.

3.Posisi Tidur Tengkurap

Dalam memilih posisi tidur yang baik, sebaiknya kamu memperhatikan seberapa mudah kamu bisa bernapas. Posisi tidur yang satu ini cocok dilakukan oleh seseorang yang sering mendengkur saat tidur, serta tidak sedang mengidap nyeri leher atau nyeri punggung. Meski demikian, posisi ini dapat menambah tekanan pada sendi dan otot leher, juga saraf.

Saat terlalu sering tidur dalam posisi ini, kamu bisa saja mengalami nyeri, kebas, atau kesemutan, karena posisi leher hanya menghadap ke satu sisi selama berjam-jam. Posisi tidur ini juga tidak cocok bagi seseorang yang ingin menghindari keriput. Namun, jika kamu terbiasa tidur dalam posisi ini, jangan lupa untuk menyangga dahi dengan bantal, serta posisikan wajah menghadap ke bawah, bukan menghadap kiri atau kanan.

Baca juga: Posisi Tidur Cegah Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Untuk memilih posisi tidur yang baik sesuai dengan kondisi kesehatan yang kamu alami, kamu bisa mendiskusikannya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Jika posisi tidur favoritmu menimbulkan masalah kesehatan seperti yang telah dijelaskan di awal, hal tersebut menandakan kamu harus segera mengganti posisi tidurmu.

Referensi:
Sleep by National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. The Best Sleep Position for Your Body.
WebMD. Diakses pada 2020. What's the Best Position to Sleep In?
Health. Diakses pada 2020. Which Sleep Style Is Healthiest?