Inilah Rahasia Kegesitan Steph Curry di Lapangan Basket

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 basket,basket

Haodoc, Jakarta - Selain LeBron James, Stephen Curry merupakan pemain basket NBA yang kehebatannya tak perlu diragukan lagi. Pemain yang pernah mendapatkan dua kali NBA Most Valuable Player (MPV) ini terkenal dengan tembakan tiga angkanya (3 point) yang memukai. Enggak cuma itu, Curry juga telah berhasil membawa timnya, Golden State Warriors, menyabet gelar NBA Champion sebanyak tiga kali. Lalu, kira-kira apa sih rahasia di balik kegesitan dan kehebatan Steph Curry?

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga Basket Untuk Kesehatan Mental dan Fisik Kamu

Menu Sehat dari Koki dan Istri

Penting bagi tiap atlet basket profesional untuk tetap menjaga performanya ketika berada di puncak. Nah, memastikan asupan bergizi merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan atlet untuk tetap bugar dan tajam saat berlaga.

Untuk Curry sendiri, dirinya cukup beruntung karena memiliki koki pribadi yang punya berbagai macam menu sehat untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Enggak cuma itu, Ayesha Disa Curry, istri kesayangannya, juga cukup handal membuat dan memastikan makanan yang dikonsumsi Curry penuh gizi dan nutrisi.

Ayesha selalu menyajikan smoothie kental yang penuh dengan buah-buahan di pagi hari untuk Curry dan anaknya. Menariknya, Ayesha biasanya selalu menambahkan pisang dan berries ke dalam smoothie tersebut. Enggak cuma itu, Curry juga sering mengonsumsi roti panggang alpukat yang dibuat oleh istrinya.

Baca juga: Inilah Cedera yang Sering Menimpa Atlet Basket Profesional

Karena jadwalnya cukup padat, Curry juga selalu membawa camilan sehat untuk mengisi perutnya. Camilan itu biasanya dibawa menggunakan 10 wadah yang terdiri dari makanan kaya protein, sayuran, dan pati sehat.

Kapten Golden State Warriors ini menjauhkan gula dalam menu hariannya. Sebagai gantinya, sang istri membuat konsep baru berupa “makanan pelangi”, artinya menyajikan banyak buah dan sayur dengan beraneka macam warna untuk menu hariannya. Lewat sayur dan buah inilah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi.

Secara umum, makanan yang dikonsumsi Curry tiap harinya meliputi:

- Sarapan: Smoothie buah, roti panggang alpukat, telur, dan keju cheddar.

- Makan siang: Quinoa (biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa), ayam, sayuran, dan ubi jalar.

- Makan malam: Ikan panggang dengan sayuran serta kentang atau nasi.

Serangkaian Latihan Rumit

Pada dasarnya, latihan basket seharusnya menggunakan bola basket. Namun, latihan yang diadopsi pemain bernomor 30 ini cukup unik. Dirinya juga memanfaatkan bola tenis untuk meningkatkan kegesitan saat menggiring bola dan melatih koordinasi matanya.

Baca juga: Relasi Antara Basket dan Tinggi Badan

Metodenya berupa dribles bola basket dengan satu tangan, dan tangan lainnya harus menangkap bola tenis yang dipantulkan ke arah dirinya, dan melemparkannya kembali ke arah pelatih. Katanya, latihan di atas hanyalah salah salah satu dari banyaknya menu latihan tipikal dan rumit yang mesti dilaluinya.

Menariknya, Curry juga memanfaatkan kacamata canggih saat berlatih. Kacamata ini biasa disebut dengan Eclipse Goggles, yang dirancang ahli untuk meningkatkan kerja otak sekaligus indra penglihatan. Latihan ini membantu dirinya untuk mengambil tindakan cepat (di atas rata-rata) saat berada di lapangan. Untuk latihan menembaknya, dirinya mesti memasukkan 100 kali ball catcher hoop (menangkap bola-menembak), wow!

Mau menerapkan diet sehat seperti Steph Curry? Kamu bisa kok berdiskusi dengan dokter untuk membahas menu sehat melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.