• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Tanda Janin Sehat pada Ibu Hamil Trimester Pertama

Inilah Tanda Janin Sehat pada Ibu Hamil Trimester Pertama

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan pada trimester pertama kehamilan sangat penting, baik kesehatan ibu maupun calon janin. Nyatanya, kesehatan ibu hamil yang terjaga bisa membantu memastikan pertumbuhan dan perkembangan organ janin berjalan dengan sempurna. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan pada kehamilan? Apa saja tanda janin sehat pada ibu hamil trimester pertama? 

Memasuki masa awal kehamilan, calon ibu tentu akan mulai mengalami sejumlah perubahan, mulai dari perubahan fisik, suasana hati, hingga kebiasaan sehari-hari. Meski begitu, ibu perlu mengetahui apa saja perubahan yang normal dan apa saja yang tidak. Dengan begitu, ibu bisa senantiasa menjaga kesehatan janin dan mencegah terjadinya gangguan selama kehamilan trimester pertama. 

Baca juga: 5 Tips Jaga Kehamilan di Trimester Pertama

Mengenal Perubahan Trimester Pertama

Pada masa awal kehamilan, mungkin belum banyak perubahan yang terjadi, terutama pada janin. Kendati begitu, calon ibu harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Perubahan juga harus ditangani dengan tepat demi menjaga kehamilan tetap sehat. Menjaga kehamilan pada masa awal artinya mendukung bayi tumbuh dan berkembang dengan normal dan sehat.

Ada beberapa tanda janin sehat pada ibu hamil trimester pertama yang bisa dikenali, di antaranya: 

1.Perkembangan Awal Janin

Memasuki bulan pertama kehamilan, janin sudah mulai mengalami perkembangan, termasuk perkembangan fisik. Janin yang sehat akan mulai memperlihatkan lingkaran hitam di bagian wajah. Nantinya, lingkaran itu akan berkembang menjadi mata dan bagian wajah lain. Tak hanya itu, pada bulan pertama juga sudah mulai terjadi perkembangan fisik meliputi rahang bawah dan mulut, serta tenggorokan yang tumbuh di bagian dalam. 

Pada trimester awal juga sudah terbentuk plasenta, yaitu bagian yang berfungsi untuk menyalurkan nutrisi dari makanan ibu kepada janin yang ada di dalam kandungan. Selain menyalurkan makanan, plasenta juga berfungsi untuk menyalurkan kotoran dari janin ke luar. Terbentuknya plasenta menjadi tanda bahwa janin sehat dan mulai berkembang. 

Baca juga: 5 Tips Jaga Kehamilan di Trimester Pertama

2.Gerakan Janin 

Mengenali tanda janin sehat juga bisa dilakukan dengan mengamati pergerakan janin. Selama di dalam kandungan, sesekali janin akan memberi tendangan kecil yang bisa ibu rasakan. Tendangan tersebut bisa menjadi tanda bahwa bayi tumbuh dan berkebang sehat. Pergerakan janin bisa dirasakan mulai di awal kehamilan.

Seiring berjalannya waktu, tendangan mungkin akan terasa lebih sering, terutama mendekati akhir trimester kedua kehamilan. Pergerakan janin juga akan terlihat dalam pemeriksaan USG kehamilan. Ibu disarankan untuk mewaspadai perubahan pada pergerakan janin, misalnya saat pergerakan janin berkurang. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

3.Peningkatan Berat Badan 

Sangat wajar bagi calon ibu jika mengalami kenaikan berat badan, bahkan hal ini bisa menjadi tanda kehamilan normal. Biasanya, berat badan ibu hamil akan naik secara bertahap dan merupakan hasil dari berkembangnya janin di dalam rahim. Selama hamil, peningkatan berat badan yang normal dan sehat adalah sekitar 1–2 kg di trimester pertama kehamilan dan 2–2,5 kg di trimester selanjutnya.

Baca juga: 5 Alasan Ibu Hamil Enggak Boleh Kelelahan di Trimester Pertama

Menjaga kesehatan janin pada trimester satu kehamilan juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Ibu juga bisa selalu terhubung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan yang dialami pada dokter kandungan melalui Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. The First Trimester.
WebMD. Diakses pada 2020. Feeling Your Baby Kick.
Parents. Diakses pada 2020. What's Normal During Early Pregnancy?