• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Tradisi untuk Menyambut Tahun Baru Cina
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Tradisi untuk Menyambut Tahun Baru Cina

Inilah Tradisi untuk Menyambut Tahun Baru Cina

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Januari 2023

“Ada berbagai tradisi untuk menyambut Tahun Baru Cina. Beberapa di antaranya membersihkan rumah, berkumpul dengan keluarga, hingga makan malam bersama.”

Inilah Tradisi untuk Menyambut Tahun Baru CinaInilah Tradisi untuk Menyambut Tahun Baru Cina

Halodoc, Jakarta – Beberapa hari lagi masyarakat etnis Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan perayaan Tahun Baru Cina atau yang dikenal dengan Imlek. Hampir serupa dengan perayaan yang lainnya, perayaan Imlek juga dirayakan dengan berbagai tradisi yang melekat setiap tahunnya.

Mulai dari berkumpul keluarga hingga menikmati berbagai makanan khas Imlek menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya ketahui lebih banyak mengenai tradisi dan makna dari berbagai kegiatan yang dilakukan dalam perayaan Imlek berikut ini.

Berbagai Tradisi Menyambut Perayaan Imlek

Tahun Baru Cina biasanya jatuh pada setiap tanggal satu ketika bulan pertama muncul pada awal tahun datangnya musim semi. Secara tradisional, perayaan ini juga dilakukan untuk menghormati dewa dan leluhur. Selain itu, momen ini juga digunakan oleh masyarakat untuk berpesta serta mengunjungi kerabat hingga keluarga.

Nah, biasanya ada berbagai tradisi yang kerap dilakukan oleh masyarakat Tionghoa untuk menyambut perayaan Imlek. Berikut tradisi yang biasanya dilakukan, yaitu:

1. Membersihkan rumah dan mendekorasi dengan hiasan merah

Saat menyambut perayaan Imlek, biasanya kamu perlu membersihkan rumah dan beberapa perabotan agar kembali bersih. Selain agar terlihat lebih menarik, membersihkan rumah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Saat rumah bersih, risiko untuk terpapar penyakit akibat debu dan bakteri menurun. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi membuat tingkat stres seseorang menurun. Rumah yang bersih juga membuat kualitas tidur kamu semakin baik.

Bahkan, tamu yang berkunjung saat perayaan Imlek pun akan merasa nyaman ketika berada di rumah kamu. Apalagi ditambah dengan dekorasi khas Imlek berwarna merah yang sering dianggap membawa keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran bagi seluruh keluarga.

2. Berkumpul dengan keluarga besar

Merayakan Tahun Baru Cina juga menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga besar. Biasanya, masyarakat Tionghoa akan berkumpul pada malam tahun baru dan menikmati makan malam bersama. Momen ini menjadi bagian yang sangat penting dalam perayaan Imlek.

Selain tradisi, berkumpul dengan keluarga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental kamu, lho. Salah satunya menurunkan tingkat stres, meningkatkan rasa percaya diri, hingga membuat kamu merasa dihargai dan diperhatikan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kesepian atau sendiri.

3. Mengonsumsi makanan lezat dan khas Imlek

Kue keranjang, ikan, mi, hingga buah jeruk menjadi makanan yang pastinya tidak akan dilewatkan saat malam perayaan Imlek. Ada berbagai makna dari beberapa makanan tersebut, salah satunya harapan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Selain maknanya yang sangat baik, mengonsumsi beberapa makanan tersebut juga bisa membantu kamu untuk menambahkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Contohnya, buah jeruk, telur, daging, hingga ikan. Jangan lupa untuk membatasi asupan makanan yang mengandung pemanis tambahan agar tidak memicu gangguan kesehatan.

4. Membagikan amplop merah atau angpao

Wah, tradisi ini menjadi bagian yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Memberikan atau mendapatkan angpao menjadi tradisi yang paling terkenal dari perayaan Imlek. 

Serupa dengan pemilihan warna merah, memberikan atau mendapatkan angpao merah juga memiliki makna sebagai keberuntungan untuk tahun baru yang akan dilalui.

Itulah beberapa tradisi menyambut perayaan Tahun Baru Cina. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan selama merayakan perayaan ini. Jangan lupa memenuhi kebutuhan vitamin agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Cek kebutuhan vitamin yang kamu perlukan dan konsultasikan dengan dokter ahli gizi menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

China Highlight. Diakses pada 2023. Chinese New Year 2023: Traditions/Greetings/Food for a Lucky Rabbit Year.

Reader’s Digest. Diakses pada 2023. 8 Chinese New Year Traditions, Explained.

Homemakers. Diakses pada 2023. 7 Benefits of a Clean and Organized Home.