• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Usia Ideal Anak untuk Belajar Bahasa Asing

Inilah Usia Ideal Anak untuk Belajar Bahasa Asing

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Memiliki anak cerdas mungkin impian setiap orangtua. Itulah sebabnya tak jarang orangtua yang berbondong-bondong menyekolahkan anak sedini mungkin atau mengikutkannya kursus bahasa asing. Tentunya dengan harapan anak bisa bersaing, unggul, dan berprestasi di kemudian hari. Namun, sebenarnya berapa sih usia ideal anak untuk belajar bahasa asing?

Sebenarnya, usia ideal anak belajar bahasa asing masih banyak diperdebatkan. Namun, para ahli dari Boston College, Amerika Serikat, menyarankan pengajaran bahasa asing harus dimulai sebelum anak berusia 10 tahun. Senada dengan hal tersebut, praktisi bahasa asal Inggris, Elizabeth Allen, menyarankan anak untuk belajar bahasa asing pada rentang usia 3-11 tahun. Sebab, di atas usia itu, anak akan lebih sulit menyerap kosakata bahasa asing yang diterimanya.

Baca juga: Mulai Aktif Lagi, Begini 5 Cara Atur Jam Produktif Anak

Manfaat Anak Belajar Bahasa Asing

Jika anak direkomendasikan belajar bahasa asing sebelum usia 10 tahun, sebenarnya apa manfaat yang bisa diperoleh, sih? Tentu saja, banyak. Anak yang belajar bahasa asing sejak usia dini akan terlatih untuk tidak takut membuat kesalahan dalam belajar. Tentunya ini butuh dukungan penuh dari orangtua, untuk tidak menghakimi kesalahan anak dalam proses belajarnya.

Selain itu, manfaat anak belajar bahasa asing sejak dini juga dapat berupa:

  • Kemampuan kognitif anak meningkat.
  • Anak mampu berpikir kritis.
  • Anak terlatih mendengarkan dengan baik.
  • Memori otak anak meningkat. 
  • Anak punya kemampuan konsentrasi dan multitasking.

Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki kecerdasan dan keistimewaan masing-masing. Termasuk dalam hal belajar bahasa. Jadi, jika memang ingin mengajarkan bahasa asing pada anak sejak dini, biasakanlah untuk bersabar dan jangan membanding-bandingkan kemampuan anak dengan yang lain. Jika butuh saran pengasuhan, ibu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan psikolog anak, kapan dan di mana saja. 

Baca juga: Cara Dampingi Anak Belajar Selama New Normal

Tips agar Anak Bisa Belajar Bahasa Asing Tanpa Kursus

Adalah anggapan yang keliru jika ingin anak belajar bahasa asing, kamu harus mendaftarkannya ke lembaga kursus tertentu. Sebab, pembelajaran ini bisa dilakukan di rumah dengan bantuan orangtua, kok. Berikut beberapa tipsnya:

1.Buat Jadwal Belajar

Agar lebih disiplin, cobalah buat jadwal belajar bahasa asing untuk anak. Misalnya, dengan menetapkan jam berapa anak harus diperdengarkan dengan lagu atau dibacakan buku berbahasa inggris. 

2.Belajar Lewat Lagu

Anak-anak di bawah usia 10 tahun biasanya masih sangat senang bernyanyi atau mendengarkan lagu. Nah, ini bisa dijadikan trik untuk sambil mengajarinya bahasa asing. Ajaklah anak mendengarkan dan bernyanyi lagu berbahasa asing bersama setiap harinya. Dengan begitu, anak jadi terbiasa dengan kosa kata bahasa asing yang ada di dalam lagu. 

3.Belajar Sambil Bermain

Buatlah kegiatan belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan, agar anak semangat. Misalnya, dengan menggunakan permainan sederhana seperti flash card, yaitu kartu yang bergambar atau bertuliskan kosa kata bahasa asing.

Baca juga: Kenali Disleksia, Penyebab Gangguan Belajar pada Anak

4.Beri Respon pada Anak

Selama proses belajarnya, pastikan untuk selalu antusias memberi respons positif pada anak. Misalnya, dengan menjawab kata-katanya dengan bahasa asing pula. Jangan lupa juga untuk memberi anak pujian jika ia berhasil atau berani mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa asing yang sudah kamu ajarkan. 

Referensi:
Kemdikbud. Diakses pada 2020. Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?.
British Council Foundation. Diakses pada 2020. Start Teaching Kids at Home.
Lead with Languages. Diakses pada 2020. Early Childhood Elementary.