• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 4 Cara Tepat Atasi Iritasi Mata Ringan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 4 Cara Tepat Atasi Iritasi Mata Ringan

Intip 4 Cara Tepat Atasi Iritasi Mata Ringan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 April 2021
Intip 4 Cara Tepat Atasi Iritasi Mata Ringan

Halodoc, Jakarta - Iritasi mata menjadi masalah kesehatan mata yang paling umum terjadi, terutama pada orang-orang yang aktif bekerja di depan komputer atau di luar ruangan. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya penyebab iritasi mata dan bagaimana cara mengatasi iritasi mata ringan yang tepat.

Gejala dan Penyebab Iritasi Mata

Iritasi mata sering dikeluhkan dengan mata yang memerah, gatal, berair, muncul kotoran pada mata, dan kelopak mata membengkak. Meski begitu, apapun yang menyebabkan mata tidak nyaman atau terganggu bisa dikatakan sebagai iritasi. Penyebabnya bisa sangat beragam, seperti mata yang terlalu lelah karena interaksi berlebihan di depan komputer atau paparan debu ketika berkendara atau beraktivitas di luar ruangan.

Di saat pandemi ini, iritasi mata ringan juga kerap terjadi karena meningkatnya aktivitas menggunakan gawai. Dr. Riani Wicaksana, Spesialis Mata dari Halodoc menuturkan bahwa iritasi mata ringan yang terjadi karena interaksi mata dengan perangkat elektronik dalam waktu yang lama akan membuat mata kering.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Konjungtivitis Alergi

Tidak berbeda dengan mata yang mengalami kelilipan atau terkena debu dan kotoran. Sebagai respons untuk memberikan perlindungan, mata akan mengeluarkan air sehingga mencegah bola mata mengering. Sebaiknya jangan dikucek, gunakan cairan steril pembersih mata untuk mengeluarkan partikel kotoran tersebut.

Memilih Tetes Mata yang Tepat

Iritasi mata yang tergolong ringan biasanya akan membaik setelah diberikan tetes mata. Namun, kamu perlu tahu bagaimana memilih tetes mata yang tepat.

Tetes mata untuk iritasi ringan memiliki varian yang sangat beragam dan bisa dengan mudah kamu dapatkan di apotek. Sebelum memilih, pastikan dulu poin-poin berikut ini, ya: 

  1. Kamu bisa memilih tetes mata yang terjamin steril dan aman,
  2. Pilihlah tetes mata dengan indikasi yang sesuai dengan gejala iritasi mata ringan yang dialami, misalnya mata merah atau mata kering.
  3. Memilih tetes mata yang dijual bebas atau tidak memerlukan resep dokter sebagai langkah awal mengatasi gejala iritasi ringan.
  4. Tidak menggunakan tetes mata yang tergolong obat keras atau memerlukan resep dokter tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

Baca juga: Mata Terasa Sakit saat Berkedip, Ini Penyebabnya

Sebenarnya memilih tetes mata yang tepat tidak sulit, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu obat mata yang bisa membantu mengatasi iritasi ringan adalah Rohto. Sebagai salah satu tetes mata yang dipercaya, Produk Rohto dibuat dengan lisensi dari Rohto Pharmaceutical Japan yang mengutamakan kualitas dan teknologi yang modern sehingga semua produk dijamin steril. Botolnya transparan sehingga kamu bisa melihat cairan yang jernih. Selain itu bagian nosel pun dirancang sedemikian rupa untuk menjaga kesterilan cairan tetes mata.

Agar lebih nyaman saat digunakan, Rohto saat ini menggunakan konsep click and push bottle untuk memudahkan kamu membuka dan menutup kemasan. Tak ketinggalan, adanya mangkuk untuk cairan pencuci mata atau eye bath untuk Rohto EyeFlush yang didesain khusus sehingga memudahkan kamu saat mencuci mata.

Baca juga: Jangan Sepelekan Kondisi Mata Merah, Ini Dampak Buruknya

Sesuai dengan kebutuhannya, kamu bisa memilih obat mata Rohto sebagai berikut: 

● Rohto Cool mengandung Nafazolin HCI 0,012%  cocok untuk mengatasi mata merah karena iritasi ringan.

● Rohto Dryfresh mengandung Hypromellose 0,3% untuk mengatasi mata kering.

● Rohto V-Extra mengandung Tetrahydrozoline HCI 0,05% dan Macrogol 400 1.0% untuk mengatasi mata merah yang diikuti dengan gejala mata kering.

● Rohto EyeFlush mengandung Witch Hazel 13.0% untuk membersihkan mata sekaligus mengatasi iritasi mata ringan.

Semua tetes mata Rohto dipastikan aman digunakan asalkan sesuai dengan aturan pakai dan indikasinya. Jika masih ragu, kamu bisa menanyakan dulu pada dokter ahli mata di aplikasi Halodoc. Obat mata Rohto juga sudah tersedia di aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa membelinya kapan saja tanpa perlu keluar rumah dengan memilih fitur pharmacy delivery. Jadi, sudah punya aplikasinya? Kalau belum, segera download, ya!

Jangan lupa, rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh atau mengucek area mata jika tangan kotor. Lalu, pastikan kamu mencuci lensa kontak dan sering mengistirahatkan mata guna mencegah terjadinya iritasi ringan pada mata. Untuk menghindari iritasi mata dan menjaga mata tetap sehat, sebaiknya lakukan cuci mata menggunakan cairan steril pencuci mata 1 – 2 kali seminggu.

Referensi:
Instagram Live Halodoc. Diakses pada 2021. Kenali Iritasi Mata Ringan dan Penanganannya.