Intip 5 Cara Untuk Cegah Berat Badan Naik Saat Liburan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Intip 5 Cara Untuk Cegah Berat Badan Naik Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Libur sebentar lagi akan datang. Di momen liburan ini ada banyak alasan yang membuat orang kehilangan kontrol diri untuk menjaga berat badan tetap stabil. Terbawa suasana kerap membuat orang-orang tidak bisa mengontrol konsumsi makanan enak.

Apalagi kalau masa liburanmu dihabiskan berkunjung ke tempat baru atau kumpul bersama keluarga, d mana momen-momen tersebut kerap dijadikan ajang untuk mencicipi makanan enak. Supaya nggak kebablasan, berikut adalah tips untuk cegah berat badan naik.

  1. Tetap Aktif

Kegiatan menetap, seperti duduk di sofa menonton adalah tradisi liburan umum bagi banyak keluarga. Ketidakaktifan dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, terutama ketika bersantai disekitar disertai dengan makan makanan dalam jumlah berlebihan.

Melakukan beberapa jenis aktivitas fisik saat berlibur bersama keluarga terbukti bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Kegiatan yang sesederhana, seperti jalan sore, dapat memberikan manfaat, karena itu akan mengalihkan pikiran dari makanan dan memungkinkanmu untuk tetap memiliki waktu bersama dengan keluarga. Alangkah baiknya untuk mendaftarkan diri di kompetisi atau acara kebugaran di suatu komunitas supaya tubuh tetap bergerak meski sedang libur.

  1. Cerdas saat Ngemil

Selama musim liburan, camilan yang tidak sehat, seperti kue dan makanan lainnya cenderung tersedia untuk diambil sesukamu. Masalah ini dapat diatasi dengan menjaga camilan tidak terlihat. Namun, strategi itu lebih sulit dihindari dalam situasi yang tidak dapat kamu kendalikan, seperti tempat kerja atau pesta makan malam keluarga.

Kamu dapat mengatasi situasi ini dengan memperhatikan kebiasaan ngemil. Jika kamu menemukan diri ngemil hanya karena ada makanan yang tersedia dan bukan karena saat lapar,  sebaiknya hindari ngemil sama sekali.

Namun, jika kamu lapar dan membutuhkan camilan, maka pilihlah makanan sehat. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang tidak mengandung tambahan gula atau lemak tidak sehat.

  1. Perhatikan Porsi Makanan

Ketika liburan tiba, sangat mudah untuk menambahkan porsi makanan melebihi porsimu biasanya. Makan dengan porsi lebih besar dari yang direkomendasikan cenderung menambah berat badan lebih mudah.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan menimbang dan mengukur makananmu atau makan dengan piring yang lebih kecil. Jika kamu berada dalam situasi yang membuatmu tidak dapat mengukur porsi, gunakan penilaian terbaik untuk mengisi piring dengan jumlah makanan yang masuk akal.

  1. Tidur yang Cukup

Kurang tidur cukup biasanya sering terjadi selama liburan dan itu dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ini dikarenakan mereka yang tidak cukup tidur cenderung lebih lapar, sehingga mengonsumsi lebih banyak kalori dan mendapatkan lebih sedikit aktivitas fisik. Selain itu, tidur yang tidak memadai telah dikaitkan dengan metabolisme yang lebih rendah. Hal ini dikaitkan dengan jam biologis yang mengatur banyak fungsi tubuh.

  1. Memasukkan Protein ke Dalam Menu

Penting untuk memasukkan menu protein setiap kali makan, karena meningkatkan kenyang dan mungkin berguna untuk pemeliharaan berat badan. Bahkan, mengonsumsi makanan yang mengandung protein secara otomatis dapat mengurangi asupan kalori dengan mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. Protein juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan karena meningkatkan metabolisme.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara menghindari kenaikan berat badan saat liburan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: